OUR NETWORK

Rahasia Tendangan Bebas Bruno Fernandes

Gelandang Manchester United, Bruno Fernandes, telah mengungkapkan bagaimana caranya ia melatih tendang bebas. Ia sedikit menjelaskan metode praktisnya yang ia lakukan di tempat latihan. Hasil dari latihan tersebut mungkin bisa terlihat jelas ketika United melawan Liverpool akhir pekan lalu.

Ya, itu karena pemain berusia 26 tahun itu sukses melepaskan tendangan bebas brilian pada menit ke-78. Meski masuk sebagai pemain pengganti, tapi tendangannya ini menjadi kunci kemenangan pasukan Setan Merah atas Liverpool di Piala FA. Mason Greenwood dan Marcus Rashford adalah pemain lain yang mencetak gol untuk United di pertandingan itu.

Kemenangan skor 3-2 di akhir pertandingan akhirnya memastikan tim Ole Gunnar Solskjaer mengamankan tempat di putaran kelima piala FA. Setelah sebelumnya mereka melewati situasi yang lumayan mendebarkan selama laga berlangsung.

Selain itu, kemenangan Manchester United atas kampiun Premier League musim lalu itu juga banyak diacungi jempol. Sebabnya karena mereka berhasil meraih kemenangan pertama atas tim enam besar di musim ini. Dan Bruno Fernandes, sekali lagi, menjadi sosok yang menjadi penentunya.

Maka menyikapi hal ini, Fernandes berbicara tentang teknik tendangan bebasnya. Ia mengungkap bagaimana ia mempersiapkan diri dan bagaimana manajer memutuskan siapa yang pantas mengambil situasi bola mati dalam pertandingan.

“Hampir setiap hari saya berlatih tendangan bebas. Terkadang dia (Solskjaer) harus mengeluarkan saya dari latihan untuk berhenti melakukan tendangan bebas. Saya selalu bekerja dalam situasi seperti itu. Saya suka menonton dan belajar dari Juan Mata. Dia spesialis tendangan bebas yang sangat baik. Saya dan Juan sering berlatih bersama, juga dengan Rashford, dan Alex Telles,” ungkap Fernandes dilansir dari MUTV.

“Biasanya tendangan bebas jarak jauh lebih baik dilakukan oleh Rashford. Karena bagi saya, jarak yang lebih dekat ke kotak penalti lebih baik. Itulah jenis kemampuan tendangan bebas yang saya miliki. Jika Juan atau Alex berada di lapangan, itu adalah peluang bila posisinya di sebelah kanan. Kami memiliki pengambil tendangan bebas yang bagus, tetapi itu tergantung pada momennya, dan saya merasa baik pada saat itu (melawan Liverpool).”

Bruno Fernandes memang lagi-lagi datang untuk memberikan pengaruh besarnya kepada Manchester United dalam meraih hasil positif. Namun kendati begitu, Fernandes tidak lupa terhadap semua jasa rekannya di atas lapangan. Ia bahkan merasakan bentuk performa solid di tim United pada laga melawan Liverpool.

Selain itu, mantan pemain Sporting Lispon tersebut juga sangat terkesan dengan pergerakan Van de Beek selama pertandingan melawan pasukan The Reds. Ia mengawasinya dengan cermat, sebelum akhrinya menggantikan pemain asal Belanda tersebut di babak kedua.

“Kami memiliki skuat yang sangat bagus dan kami memiliki opsi untuk melakukan serangkaian taktik. Jika Anda melihat dari bangku cadangan, Anda akan merasakan itu. Kami bermain di kandang kami sendiri, dan kami memiliki skuat yang solid. Maka tidak akan menjadi masalah jika setiap pemain utama diganti oleh pemain cadangan,” ujar Bruno Fernandes.

“Saya memperhatikan Donny (van de Beek). Dia melakukan permainan yang hebat. Dia bermain di posisi saya bermain, dan saya terus mengawasinya. Dia bergerak dengan sangat bagus, dan dia bermain sangat bagus di pertandingan besar ini. Penting bagi kami melihatnya bermain seperti itu. Jika saya berada di posisi Donny, saya mungkin tidak akan senang sama sekali. Tapi yang paling penting adalah, kami bermain cukup bagus.”

Manchester United sendiri akan melakoni pertandingan putaran kelima Piala FA dengan melawan West Ham di Old Trafford. Hanya saja sayangnya, Piala FA ini tidak terlalu dianggap sebagai prioritas untuk United. Tapi ketika ditanya tentang hal tersebut, Bruno Fernandes justru mengatakan yang sebaliknya. Ia mengakui bahwa meski Premier League adalah target utama di musim ini, namun ia ingin menang sebanyak mungkin bersama United.

“Piala FA adalah satu kompetisi yang kami lewati. Maka semuanya (kompetisi) adalah penting bagi kami. Kami harus berjalan dengan cara yang sama di mana pun kompetisinya. Kami akan bermain di semua kompetisi itu untuk menang. Semua orang tahu memenangkan liga itu lebih istimewa, tapi bagi kami para pemain, ini tentang memenangkan trofi. Dan ini (Piala FA) adalah trofi yang ingin kami menangkan,” tegas Fernandes.

Comments

Loading...