Foto: Manchester Evening News

Marcus Rashford merupakan salah satu pemain Manchester United yang penampilannya paling disorot pada musim lalu. Jebolan akademi United tersebut hanya membuat lima gol dan dua assists pada musim lalu. Angka ini tentu menurun drastis jika dibandingkan dengan penampilan pada musim 2020/2021 dimana ia membuat 21 gol dan 15 assists.

Tak ayal, kritikan demi kritikan harus ia terima. Bahkan komitmennya sendiri dipertanyakan. Isu kepindahannya pun mencuat. Beberapa kali Rashford harus membuat klarifikasi kalau dia benar-benar mencintai United dan terus berkomitmen kepada mereka.

Tidak ada cara lain bagi Rashford untuk memperbaiki hubungannya dengan para Red Army selain tampil bagus pada musim 2022/2023. Pria berusia 24 tahun ini sudah mengunggah video tentang sesi latihannya selama liburan. Menunjukkan kalau dia sudah siap untuk mengisi ulang baterainya.

Selain itu, kehadiran Erik ten Hag juga diharapkan mampu mengubah situasi toxic yang terjadi musim lalu. Menurut Rashford hal ini sudah terasa sejak kedatangan sang manajer pada minggu-minggu pertamanya.

“Kami merasakan kegembiraan dan desas-desus di sekitar tempat latihan lagi dan itu merupakan hal positif memasuki pra-musim,” kata Rashford kepada situs resmi klub.

“Ada dua hal yang kami dapatkan. Pertama, mendapatkan prinsip yang benar tentang bagaimana Erik ingin kami bermain nanti dan beberapa detailnya. Lalu yang kedua adalah menikmatinya.”

“Kami sudah melakukan keduanya pada minggu pertama latihan dan semua orang menantikan untuk perjalanan tur dan melihat apa yang sudah kami lakukan dalam sesi latihan ke dalam pertandingan pertama,” tuturnya menambahkan.

Bagi Rashford, ini menjadi pra-musim pertamanya sejak 2019. Setelah itu, kesebelasan tidak bisa lagi melakukan perjalanan jauh karena pandemi virus Corona. Pada 2021, ia juga tidak mendapat kesempatan karena istirahat beberapa pekan setelah membela Inggris pada turnamen Euro 2020.

Pemilik 93 gol bersama Setan Merah ini mengaku sudah sangat termotivasi untuk memasuki musim baru. Sebuah bentuk kepercayaan diri yang tinggi mengingat apa yang sudah ia rasakan sepanjang musim lalu.

“Sangat aneh ketika merasa sayaa dapat banyak istirahat karena sebelumnya saya tidak mendapatkan itu. Saya pun harus menyesuaikan program saya sedikit lebih lama agar saya bisa masuk dengan suasana yang positif. Lihat sekarang apa yang terjadi, kami bersemangat untuk pergi dalam tur nanti. Anda merasa setiap hari Anda merasa lebih maju dan lebih bugar satu langkah untuk siap menghadapi musim baru.”

“Saya tidak banyak merasakan pra-musim sejak 2019 jadi ini sesuatu yang positif. Saya merasa siap dan fokus untuk datangnya pertandingan pertama. Ini akan menjadi hal yang sangat positif,” tuturnya menambahkan.

Rashford memang perlu untuk segera mengembalikan performanya. Mengingat ia bermain sebagai winger kiri, otomatis Rash akan bersaing ketat dengan Jadon Sancho yang juga bertekad untuk bisa memberi penampilan yang positif setelah tidak terlalu tampil baik pada musim pertama.

Ketimbang Anthony Martial atau bahkan Mason Greenwood, Rashford dapat dikatakan sebagai harapan tim untuk mencetak banyak gol musim depan. Ia bahkan bisa membuat gol ke-100 nya bersama klub seandainya konsisten. Rashford sudah menjadi maskot klub dan representasi dari keberhasilan United yang selalu menelurkan bakat-bakat hebat dari akademi.

Dia sudah menjadi legenda baru bagi klub ini dan semoga saja kita bisa melihat kembali performanya mengacak-ngacak lini belakang lawan melalui kecepatan dan skill individunya.