OUR NETWORK

Musim Depan, Piala Liga Inggris Kembali Berganti Nama

Jika menyebut Manchester United harus kembali mempertahankan trofi English Football League Cup (EFL Cup) musim depan, tampaknya kalimat itu tidak sepenuhnya benar. Bukan karena masalah United harus memprioritaskan kompetisi tersebut atau bukan, tapi nama EFL Cup tidak akan banyak didengar musim depan. EFL Cup atau Piala Liga Inggris itu akan kembali berganti nama, kali ini menjadi Carabao Cup.

Setelah kompetisi tersebut pertama kali diadakan pada musim 1960/1961 dan diberi nama Football League Cup, salah satu kompetisi sepakbola terbesar di Inggris itu terhitung memiliki sembilan nama dan Carabao Cup akan menjadi nama ke-10. Nama kompetisi tersebut sebagian besar diambil dari sponsor yang bekerja sama dengan penyelenggara kompetisi, EFL.

Pada musim 1981/1982, kompetisi tersebut mulai menggunakan nama sponsor sebagai nama kompetisi. Ada berbagai sponsor yang pernah ambil bagian hingga saat ini, yaitu Milk Marketing Board, Littlewoods, Coca-Cola, Worthington’s, Molson Coors, dan yang terakhir perusahaan kartu kredit asal Amerika, Capital One. Sementara itu, musim kemarin kompetisi tersebut tidak memiliki sponsor sehingga hanya bernama EFL Cup.

Carabao sendiri adalah perusahaan minuman berenergi asal Thailand. Mereka menandatangani kontrak bersama EFL selama tiga musim kedepan dengan bilai 18 juta paun. Dana tersebut kabarnya akan dialokasikan oleh EFL untuk pengembangan kualitas sepakbola usia muda. EFL berharap dengan adanya kerja sama tersebut, popularitas kompetisi itu semakin naik di mata dunia, khususnya di ASEAN sendiri. Kerja sama dengan EFL bukanlah kerja sama pertama yang dijalin Carabao dengan perusahaan sepakbola, nama Carabao sudah terpampang di kostum klub Championship, Reading.

Sebagai sponsor, Carabao akan medapat berbagai hak komersil. Di antaranya adalah warna perusahaan akan menjadi warna pita yang menghiasi trofi, bola untuk pertandingan, papan iklan, dan juga menjadi backdrops untuk setiap wawancara sebelum dan sesudah pertandingan.

Format kompetisi tersebut hanya sedikit berubah yaitu drawing babak pertama kompetisi tidak benar-benar mengacak, namun memperhatikan wilayah masing-masing klub sehingga fans yang akan datang ke pertandingan tandang tidak perlu bepergian terlalu jauh. Wilayahnya akan dibagi menjadi utara dan selatan.

Kompetisi ini akan diikuti oleh 92 klub yang bermain di Premier League, EFL Championship, EFL League One, dan EFL League Two. Babak pertama kompetisi akan diikuti oleh tim dari Championship, League One, dan League Two, termasuk Sunderland yang baru terdegradasi. Namun dua klub lain yang terdegradasi, Middlesbrough dan Hull City akan memulai kompetisi dari babak kedua bersama tim Premier League yang tidak berkompetisi di ajang Eropa.

Sementara itu, United dan enam klub lain yang berkompetisi di kancah Eropa baru akan memulai Carabao Cup dari babak ketiga. Babak pertama sendiri akan dimulai pada 7 Agustus mendatang dan drawing dilaksanakan pada Kamis (15/6) di Bangkok.

Comments

Loading...