OUR NETWORK

Mou: Sangat Penting Kalah di Pramusim

Manchester United harus menelan kekalahan dalam laga terakhir pramusim di Amerika Serikat. Setan Merah takluk dengan skor tipis 0-1 dari klub raksasa La Liga Spanyol, Barcelona, dalam laga ketiga mereka pada turnamen International Champions Cup (ICC) 2017 di FedEx Field, Maryland, Kamis (27/7/2017) pagi WIB. Meskipun demikian, Mou menyebut bahwa sangat penting kalah di pramusim.

Dalam pertandingan tersebut, United sejatinya turun dengan kekuatan penuh, pun dengan Barcelona. Namun, sang lawan ternyata mampu unggul melalui gol tunggal bomber asal Brasil, Neymar, yang sukses menyontek bola umpan pendek dari Lionel Messi ke gawang David De Gea pada menit ke-31.

Kekalahan dari klub berjuluk Lau Blaugrana itu tentu saja sedikit menodai hasil tur pramusim United sejauh ini, yang tidak terkalahkan dalam empat pertandingan, termasuk pada dua laga AON Tour melawan dua klub lokal Negeri Paman Sam tersebut sejak pertengahan Juli 2017 lalu.

Bahkan, pada laga perdana ICC 2017 menghadapi klub rival sekota, Manchester City,anak-anak asuh pelatih Jose Mourinho mampu mencatatkan cleansheet alias tidak kebobolan, setelah berhasil menang telak dengan skor 2-0. Sedang di laga kedua, The Red Devils mengungguli Real Madrid melalui adu penalti.

Anehnya, satu-satunya noda yang muncul karena kekalahan dari Barcelona ini malah sama sekali tidak mendatangkan sedikit pun rasa penyesalan pada Mourinho. Dia malah menyebut sangat penting kalah di pramusim karena itu merupakan hal yang sempurna bagi timnya untuk mengakhiri tur pramusim di AS.

Bahkan, pelatih berjuluk The Special One itu pun meyakini bahwa kekalahan tersebut sangat penting bagi timnya ke depan. “Sangat penting kalah di pramusim,” ucap Mourinho dalam konferensi setelah pertandingan tersebut, seperti dilansir laman resmi klub, Manutd.com.

Rupanya, pernyataan manajer berkebangsaan Portugal itu bermaksud positif. Menurutnya, dengan kekalahan itu maka mereka bisa mengetahui kekurangan yang masih ada pada timnya, sehingga bisa memperbaikinya sebelum mengarungi laga sesungguhnya pada musim 2017/2018.

“Anda tidak suka kalah tapi saya pikir ini sangat penting. Saya pikir akan sangat buruk bagi kami untuk meninggalkan AS tanpa kekalahan, bermain melawan tim seperti Madrid, Barcelona, City, itu akan sangat buruk pulang ke rumah dengan hanya kemenangan. Jadi kekalahan ini bagus,” ujar Mourinho melanjutkan.

“Tapi saya pikir dalam pertandingan kami melakukan beberapa hal yang sangat bagus dan kami melakukan hal-hal buruk. Hal-hal yang sangat bagus untuk dipertahankan dan hal-hal buruknya untuk diperbaiki,” sambungnya.

Sebuah pemikiran sangat dewasa dan visioner yang ditunjukkan oleh Mourinho. Namun, apa yang dikatakan oleh pelatih berusia 54 tahun itu banyak benarnya juga. Pasalnya, gol Neymar dalam pertandingan itu tercipta memang setelah dia memanfaatkan kesalahan yang dilakukan Antonio Valencia. Makanya para penggawa United harus terus melakukan perbaikan.

Pendapat senada juga diungkapkan gelandang muda United berkebangsaan Brasil, Andreas Pereira. Dia pun berkomentar positif terhadap hasil pertandingan uji coba itu.

“Itu adalah ujian yang bagus, itu baik untuk masa persiapan kami dan pasti berguna bagi kami untuk mengarungi musim yang baru. Bermain melawan tim kuat membuat Anda semakin solid, Anda harus fokus pada permainan dan ini adalah ujian yang bagus buat kami,” ungkap pemain 21 tahun yang musim lalu ‘disekolahkan’ ke klub Spanyol, Granada itu.

Saat melawan Barcelona kemarin, Pereira masuk pada babak kedua. Bahkan menurutnya, dari pertandingan tersebut The Red Devils bisa mengetahui kekuatan Barcelona dan cara untuk bisa mengalahkan mereka di pertandingan kompetitif, jika seandainya berjumpa di Liga Champions nanti.

“Kami mendapakan ujian yang sangat baik. Ini pengalaman yang bisa kami bawa ke pentas Liga Champions untuk dimainkan musim ini. Sekarang kami tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi lawan seperti Barcelona,” pungkas Pereira menambahkan komentar. Musim lalu, dia memang juga sudah pernah menghadapi Barcelona saat masih bermain di Spanyol.

Bukan tak mungkin United akan bertemu klub tersebut di ajang Liga Champions nanti. Hasil evaluasi selama tur pramusim ini tentu bisa menjadi modal yang sangat penting bagi skuat Mourinho untuk menghadapi musim kompetitif.

Apalagi, mereka hanya menyisakan satu pertandingan uji coba lagi, yakni menjamu klub Italia, Sampdoria, di Old Trafford pada Rabu (2/8/2017). Selanjutnya, United pun akan memulai musim 2017/2018 ini dengan menghadapi Piala Super Eropa melawan Real Madrid pada Selasa (9/8/2017), sebelum menjalani laga perdana Premier League Inggris kontra West Ham United pada Minggu (13/8/2017) mendatang.

Comments

Loading...