OUR NETWORK

Mengapa Antonio Valencia Diusir Wasit? Ini Penjelasan Jose Mourinho

Antonio Valencia diberi kartu merah oleh wasit setelah melanggar dengan keras gelandang Real Salt Lake, Sebastian Saucedo, pada menit ke-68 dalam laga kedua tur pramusim Manchester United. Ada kejadian unik di mana Valencia sempat berdiri di atas lapangan selama dua menit, sebelum wasit memberinya kartu merah. Lantas, mengapa Antonio Valencia diusir wasit?

Menurut komentator dari MUTV, kartu merah dikeluarkan setelah wasit melihat seberapa parah cedera Saucedo. Penilaian tersebut yang membuat wasit membutuhkan waktu untuk memutuskan hukuman apa yang akan ia berikan pada Valencia.

Faktanya, setelah pertandingan, manajer Manchester United, Jose Mourinho, membeberkan bahwa bukan itu yang membuat Valencia diberi kartu merah. Mou mengemukakan bahwa kartu merah itu terjadi setelah ia menolak permintaan wasit untuk mengganti Valencia.

Valencia sendiri dianggap melanggar Saucedo sebagai balasan atas aksi pemain kelahiran 22 Januari 1997 tersebut yang membuat Juan Mata cedera. Mata pun mesti meninggalkan lapangan lebih cepat dan diprediksi mesti beristirahat selama satu pekan. Di sisi lain, Saucedo pun mesti meninggalkan lapangan dengan kondisi ditandu.

Pemain timnas Ekuador tersebut kemudian melanggar Saucedo dengan menendang bagian belakang kaki pemain berkebangsaan Amerika Serikat tersebut. Saucedo pun terkapar, sementara Valencia melihat dari kejauhan. Sementara itu, wasit Allen Chapman sempat berdiskusi dengan Mourinho di pinggir lapangan. Tak lama, Chapman memberikan kartu kuning yang membuat Valencia harus mandi lebih cepat.

Selain Chapman, sebenarnya pelatih Real Salt Lake, Mike Petke, juga meminta Mourinho untuk mengganti Valencia sehingga pertandingan bisa dilanjutkan dengan 11 lawan 11. Namun, Mou menolak.

“Aku pikir penundaan itu terjadi karena wasit memintaku untuk mengganti pemain dan aku tidak melakukannya karena aku tak setuju dengan kartu karena Saucedo. Dia sangat agresif di babak kedua,” terang Jose Mourinho.

“Itulah yang terjadi. Sejumlah aksinya terbilang berbahaya. Dia adalah pemain muda dengan antusiasme besar saat berhadapan dengan Manchester United tapi ini adalah pertandingan uji coba dengan mentalitas yang berbeda pula.”

Soal bermain dengan 10 pemain, Mou pun tak begitu peduli. Karena menurutnya ini adalah fase pramusim yang memberinya dan para pemain pengalaman bagus untuk bermain dengan kurang satu pemain.

Soal Mata, Mou pun tak terlalu khawatir. “Mata punya ankle yang bagus dan aku pikir tak ada yang penting. Beberapa hari, seminggu mungkin,” kata Mou.

Sementara itu, pelatih Real Salt Lake, Petke, mengonfirmasi bahwa dirinya meminta Mourinho untuk mengganti Valencia sehingga wasit tak perlu mengartumerah yang membuat United bermain dengan 10 pemain.

“Aku berjalan ke arah bench Manchester United. Aku di sana untuk bilang kalau aku ingin mereka memasukkan orang lain. Aku tak ingin bermain dengan keunggulan satu orang. Aku ingin para pemainku mendapatkan pertandingan yang sesungguhnya melawan salah satu yang terbaik di dunia,” kata Petke.

“Aku pikir soal Mata itu tidak disengaja dan aku pikir mestinya kartu merah layak diberikan atas apa yang dilakukan Valencia, dengan segala rasa hormat pada mentor dan manajer favoritku, Jose Mourinho.”

“Aku akan bilang begini, Sebastian juga mendapatkan benturan keras beberapa kali, dan aku tak tahu dengan kondisi Mata sebelumnya. Aku ingin bilang padamu bahwa pendapatku adalah sebagai orang yang melatih dan tahu dirinya (Sebastian) pada level personal, aku yakin kalau ia tak sengaja. Dia hanya bermain keras,” tutup Petke.

Setelah mengetahui alasan Jose Mourinho, jadi sudah tahu kan mengapa Antonio Valencia diusir wasit?

 

Comments