OUR NETWORK

Mencari Calon Pengganti Michael Carrick

Kontrak gelandang veteran Manchester United, Michael Carrick, akan kadaluarsa pada Juni 2017 nanti. Hingga menjelang akhir musim 2016/2017 ini, tiga bulan sebelum kontrak tersebut berakhir, belum ada kabar tawaran perpanjangan kontrak dari manajemen Setan Merah untuk bintang gaek itu. Carrick malah ditawari untuk membuat laga testimonial untuk dirinya.

Melihat kondisi ini, Carrick pun sudah mulai memikirkan rencana masa depannya, apalagi pelatih Jose Mourinho juga telah memberi isyarat untuk melepasnya di akhir musim. Manajer asal Portugal itu mengemukakan alasan usia sang gelandang yang akan genap 36 tahun pada Juli 2017 nanti.

ESPN sempat melansir kemungkinan Carrick untuk pindah ke Liga Super China, jika tidak mendapat perpanjangan kontrak dari The Red Devils. Namun, belakangan salah seorang pemain penting di lini tengah United sejak bergabung dari Tottenham Hotspur pada musim 2006/2007 itu berubah pikiran. Dia mengaku malah tidak tertarik bermain untuk tim lain, sehingga tak menutup kemungkinan untuk pensiun, seperti dilansir Goal Internasional. Jika benar Carrick akan meninggalkan Theatre of Dreams pada akhir musim ini, lalu siapakah pemain yang akan disiapkan Mourinho untuk menggantikannya?

Sejumlah nama bintang lini tengah klub-klub besar Eropa mencuat sebagai suksesor Carrick di The Red Devils. Salah seorang di antaranya adalah Toni Kroos, gelandang klub raksasa La Liga Spanyol Real Madrid. Don Balon menyebut Mourinho berharap bisa memperkuat skuat dengan memboyong mantan anak asuhnya itu.

Sebenarnya, Kroos sempat hampir mendarat di Old Trafford di era pelatih David Moyes, sebelum memutuskan hijrah ke Madrid. Kini, United dilaporkan kembali mencoba untuk merekrutnya dan telah menyiapkan tawaran baru untuk gelandang berkebangsaan Jerman itu.

Dua legenda United, Paul Scholes dan Gary Neville, pun menyebut Kroos sebagai pemain yang tepat untuk menggantikan peran Carrick. Bahkan, Scholes pernah dikabarkan sempat datang ke Jerman untuk merayu pemain berusia 27 tahun itu.

Namun, keinginan Mourinho, serta tim Setan Merah dan legenda mereka untuk mendapatkan Kroos jelas tidaklah mudah, meski dana sebesar 80 juta euro sudah disiapkan. Mengingat Madrid juga tengah memburu tanda tangan kiper United, David De Gea, bahkan sejak beberapa musim yang lalu, bisa saja mereka terpaksa harus kehilangan kiper utama itu.

Selain itu, Neville juga menyebut tiga pemain lainnya yang dianggap layak untuk menggantikan eks rekan setimnya itu. Ada nama gelandang Bayern Muenchen, Xabi Alonso, dan Sergio Busquets dari Barcelona, serta Luka Modric yang juga merupakan bintang lini tengah Madrid.

Sayangnya, nama pertama juga telah berusia sama dengan Carrick, bahkan sudah pensiun. Sementara Busquets yang masih berusia 28 tahun saat ini tak tergantikan di lini tengah Barcelona, sedang Modric, 31 tahun, baru saja menandatangani perpanjangan kontrak hingga 2020 mendatang.

Masih ada beberapa gelandang lain yang berpotensi untuk menggantikan Carrick dalam skuat The Red Devils, seperti dilansir Goal. Salah seorang di antaranya adalah pemain Muenchen lainnya, Arturo Vidal. Dia dianggap cocok, karena pernah berduet dengan Paul Pogba saat masih membela jawara Serie A Italia Juventus. United pun pernah mendekatinya pada 2015, sebelum dia memilih hijrah ke Bundesliga Jerman di musim panas tahun tersebut. Gelandang Juventus saat ini, Miralem Pjanic, juga dipandang pantas, karena gaya bermainnya yang elegan. United juga pernah meliriknya.

Kemudian, ada nama mantan anak asuh Mourinho di Chelsea, Cesc Fabregas. Moyes berniat untuk memboyongnya pada 2013, namun eks bintang Barcelona itu malah memilih The Blues. Mourinho sendiri saat ini sebenarnya sangat tertarik pada gelandang perkasa milik klub Ligue 1 Prancis AS Monaco, Tiemoue Bakayoko. Bahkan, pada bursa transfer musim dingin 2017, Daily Mail menyebut bahwa manajemen Setan Merah sudah menyiapkan dana sebesar 40 juta paun. Meski tipenya tak mirip dengan Carrick, namun kekuatan fisik dan dinamikanya bisa melengkapi Pogba saat bertahan.

Dua pemain lainnya berusia tak jauh berbeda dengan Bakayoko yang saat ini masih 22 tahun. Salah seorang di antaranya juga bermain di Prancis bersama Paris Saint-Germain, yakni Marco Verratti. Jika United menginginkan jasa gelandang 24 tahun asal Italia ini, mereka bisa memanfaatkan Zlatan Ibrahimovic yang merupakan sahabatnya. Kemudian, ada pula bintang muda Spanyol milik Atletico Madrid, Saul Niguez. Menariknya, pemain 22 tahun ini punya kemampuan jadi gelandang komplet yang fasih bermain dalam berbagai posisi di lini tengah. Jadi, siapa yang akan menggantikan Carrick?

Comments

Loading...