OUR NETWORK

McKenna, Pemberi Dampak Besar untuk Karier Kepelatihan Carrick di United

Dua staf pelatih Manchester United, Kieran McKenna dan Michael Carrick, telah menjalin persahabatan yang akrab sejak mereka bergabung dengan staf kepelatihan tim utama pasukan Setan Merah.

Di balik layar tim United, Kieran McKenna sendiri telah memberikan dampak besar bagi Michael Carrick di musim ini. Bagaimana tidak? Ia sudah memberikan banyak hal kepada mantan kapten United itu dengan berbagai pengalamannya, sejak ia dilantik menjadi staf kepelatihan The Red Devils.

Itu semua dimulai tepatnya setelah kepergian Rui Faria pada musim panas lalu, di mana Jose Mourinho langsung memutuskan untuk tidak membawa asisten manajer baru. Dan sebagai gantinya, ia kemudian langsung menunjuk Carrick, McKenna, dan Stefano Rapetti, sebagai staf pelatih di bawah pimpinannya.

Di sisi lain, McKenna juga sudah dikenal akrab oleh manajemen klub, setelah sebelumnya sempat membuat nama United terbang tinggi selama bertugas sebagai manajer tim U-18, dengan menampilkan ciri khas permainan sepakbola yang menarik untuk memenangkan gelar Premier League pada musim lalu.

Pria yang sudah mencintai United sejak kecil itu dengan cepat menjalin persahabatan dekat dengan Carrick. Ya, McKenna dan Carrick telah berhasil bersinergi penuh untuk staf kepelatihan United meski baru tujuh bulan bersama. Maka, sudah jelas bahwa inilah alasan mengapa sampai saat ini pasangan staf itu masih dipertahankan oleh manajer sementara Ole Gunnar Solskjaer meski Mourinho telah dipecat pada akhir tahun lalu.

Menyikapi hal ini, Carrick pun angkat bicara dengan mengatakan bahwa McKenna adalah sosok yang paling penting untuknya di staf kepelatihan United. Itu semua karena McKenna telah banyak membantunya selama ini.

Baca juga: Kieran McKenna, Pernah Berkarier di Spurs, Kini Melatih U-18 United

“Saya harus mengatakan bahwa Kieran sangat membantu saya selama ini. Dia sudah berpengalaman dalam dunia kepelatihan untuk waktu yang lama. Dia sangat mahir dibidang ini. Maka jelas sekali jika dia sangat membantu saya untuk bisa tumbuh dalam karier baru ini,” tutur Carrick kepada MUTV.

“Seperti yang banyak orang harapkan, bagi saya, pengalamannya sudah cukup baru, sehingga saya belajar sedikit tentang pekerjaannya, tetapi dia sangat fantastis. Dia pelatih yang hebat, dan dia menyampaikan banyak hal kepada saya Meskipun dia lebih muda dari saya, tapi dia jauh lebih berpengalaman dalam hal ini.”

Terlepas dari itu, United sendiri saat ini sedang berada di Dubai untuk melakukan pelatihan dengan cuaca hangat. Hal ini sedikit membuat Carrick merasakan perbedaan yang signifikan, karena satu tahun sebelumnya ia masih menjadi salah satu pemain United. Ia pun lalu mengungkapkan bagaimana perbedaan yang ia rasakan saat bermain dan melatih di cuaca hangat yang sama seperti tahun lalu.

Baca juga: Mengapa Manchester United Berlatih di Dubai?

“Jelas ini sangat berbeda. Tahun lalu, saya masih menjadi pemain dan sekarang terdapat perubahan besar pada saya. Jam kerja yang saya alami juga sangat berbeda sekarang. Anda mungkin menerima apa saja ketika Anda menjadi seorang pemain. Anda hanya muncul lalu berlatih, dan semuanya dilakukan untuk Anda. Tapu sekarang, saya ada di posisi berbeda,” ungkap Carrick.

“Saya sangat menikmati ini semua. Saya juga melakukan beberapa persiapan, sisi analisis, berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dari para pemain, dan metode-metode yang staf kepelatihan lakukan. Ini adalah hal baru bagi saya. Ya, semua ini juga merupakan tantangan yang berat, tapi saya benar-benar menikmatinya.”

 

Sumber: Manchester Evening News

Comments