in

Martin Atkinson Pimpin Manchester United vs Liverpool

Martin Atkinson ditunjuk sebagai pengadil dalam pertandingan Manchester United menghadapi Liverpool pada 14 Oktober mendatang. Penunjukan Atkinson ini sendiri ditanggapi beragam oleh penggemar United dan Liverpool.

Martin Atkinson sendiri sejatinya bukan wasit yang diidolai oleh penggemar kedua kesebelasan. Pasalnya wasit kelahiran 31 Maret 1971 ini pernah dianggap mengeluarkan keputusan kurang tepat bagi dua kesebelasan.

Penggemar Manchester United tentu tak akan lupa saat Atkinson hanya memberikan kartu kuning buat David Luiz yang kakinya mengenai lutut Marouane Fellaini. Dalam pertandingan yang dihelat musim lalu tersebut, United kalah 0-4 dari Chelsea.

Selain itu, pada 2011 Martin Atkinson juga pernah membikin kesal Sir Alex Ferguson di pertandingan yang lawannya lagi-lagi sama: Chelsea. Ini yang membuat Sir Alex ikut bereaksi saat Atkinson tak memberi kartu merah buat Luiz.

“Anda ingin wasit yang bagus di pertandingan seperti ini. Ini adalah pertandingan penting buat kedua kesebelasan dan harusnya dipimpin wasit yang adil. Aku tak tahu mengapa dia yang memimpin. Aku harus bilang bahwa saat aku tahu siapa yang akan memimpin, aku amat takut terjadi hal terburuk,” ungkap Fergie kala itu.

Namun, sejatinya United tak bisa dibilang sial saat dipimpin oleh Atkinson. Soalnya, Atkinson-lah yang memimpin laga saat United meraih dua kemenangan di Derby Manchester pada 2009/2010, dan kemenangan tipis di 2011/2012, yang keduanya diraih lewat gol di menit akhir.

Pada musim 2009/2010, United menang 4-3 atas Manchester City di Old Trafford lalu 1-0 di Etihad Stadium. Pada kemenangan di Old Trafford, Atkinson dikritik karena tak menghentikan waktu tambahan selama empat menit. Martin Atkinson baru meniup peluit saat waktu tambahan berjalan enam menit! Pada 2012, United kembali menang tipis 3-2 di kandang City yang dicetak lewat gol tendangan bebas Robin van Persie.

Di sisi lain, kini United memiliki tren mencetak gol di menit-menit akhir. Bahkan, kemenangan United seringkali ditentukan di 10 menit jelang wasit membunyikan peluit. Entah berpengaruh atau tidak, yang jelas rentetan kemenangan lewat gol di menit akhir, bukan tidak mungkin akan kembali terulang saat Atkinson memimpin pertandingan.

Atkinson bukan sekali ini saja memimpin pertandingan United menghadapi Liverpool. Pada 2015 di Anfield, tentu penggemar United tak akan lupa saat Atkinson dengan tepat mengganjar Steven Gerrard dengan kartu merah. Padahal, ia baru masuk selama 38 detik dan merupakan pertandingan terakhirnya menghadapi Manchester United.

Sejauh ini, Atkinson sudah tiga kali memimpin lawa United menghadapi Liverpool yang mana United selalu menang di semua pertandingan.

Pertandingan ini menjadi penting buat dua kesebelasan. Bukan cuma karena mengangkat rivalitas dan gengsi yang besar, tapi juga soal posisi di klasemen. Kemenangan akan menjauhkan skuat Jose Mourinho dari timnya Juergen Klopp. Kemenangan juga akan menempel ketat Manchester City yang saat ini hanya unggul selisih gol di puncak klasemen.

Menurut Anda, apakah penunjukkan Atkinson merupakan berkah atau musibah buat United?
Facebook Comments
Loading...