OUR NETWORK

Makna Kehadiran Orang-Orang Tua di Pertandingan United vs Watford

Ada hal yang lumayan mencolok dari pertandingan antara Manchester United melawan Watford. Terlihat bahwa pihak tuan rumah menukar maskot anak-anak sebelum pertandingan dimulai dengan “tamu kehormatan” yang berusia jauh lebih tua. Ketika United melangkah keluar dari lorong ruang ganti, terdapat 11 orang berusia di atas 60 tahun yang sengaja dihadirkan untuk sebuah kampanye sosial.

Mata para suporter di stadion pun tertuju pada kehadiran 11 orang tua tersebut. Perkiraan terdapat 75.000 kerumunan suporter yang juga diperlihatkan pesan tentang kesepian masa tua lewat sebuah video di layar Old Trafford. Termasuk soal alasan yang terkait dengan kehadiran 11 orang tua sebelum kick-off dimulai.

Ternyata, kehadiran ini memang adalah bagian dari gerakan sosial antara pihak Manchester United dan pihak perusahaan cokelat ternama Cadbury. Menurut The Guardian, mereka telah berkolaborasi untuk mengatasi krisis kesepian yang tumbuh di antara orang-orang tua di Inggris.

Kolaborasi ini menandai tahap selanjutnya dari kampanye Cadbury dan perusahaan induknya Mondelez bersama Age UK. Mereka bertujuan untuk menginspirasi orang banyak agar “menyumbangkan kata-kata” dan melakukan serangkaian percakapan dengan orang yang lebih tua.

Kampanye ini dilakukan atas dasar penelitian yang mengungkapkan bahwa dalam setiap minggunya, hampir 2,6 juta orang berusia 65 tahun kesepian. Karena mereka hanya mampu berbicara banyak dengan tiga atau lebih sedikit orang yang mereka kenal. Catatan ini lumayan memprihatinkan, mengingat masa tua merupakan masa akhir yang krusial bagi seorang manusia.

Pada saat yang sama, lebih dari 225.000 orang tua sering pergi seminggu tanpa berbicara dengan siapa pun. Survei juga menemukan bahwa ternyata gerakan kecil dan sederhana dapat berperan dalam membantu mengatasi kesepian. Orang yang lebih tua mengatakan bahwa mereka akan merasa lebih percaya diri ketika berada di luar rumah jika seseorang tersenyum.

Bahkan mereka bisa dengan mudah senang ketika ada yang menyapanya di halte bus, dalam antrian, atau jika seseorang bertanya bagaimana keadaan hari-hari mereka. Mungkin rasanya orang-orang tua di Inggris akan lebih merasa senang lagi jika mereka pindah ke Indonesia.

Di sisi lain, Cadbury adalah bagian dari mitra Premier League. Namun untuk program kampanyenya saat ini, untuk pertama kalinya Cadbury bekerja sama dengan salah satu klub Premier League. Manchester United sendiri akan mendukung kegiatan kampanye ini lebih lanjut. Bahkan mantan pemain timnas Inggris Bryan Robson juga turut ikut dalam kampanye sosial ini dan akan mengajak orang-orang tua untuk menonton pertandingan.

Sementara itu, para “tamu kehormatan” yang dibawa ke Old Trafford akhir pekan lalu merupakan penduduk setempat yang berusia 61 hingga 87 tahun. Mereka semua adalah suporter Manchester United yang telah menerima manfaat dari amal Age UK. Colin O’Toole, direktur asosiasi pemasaran di Cadbury, lalu mengatakan jika pihaknya merasa bangga bisa bekerja sama dengan United.

“Kami bangga mengumumkan kemitraan ini dengan Manchester United. Selain itu kami juga akan terus mendukung Age UK dengan program kampanyenya yaitu ‘donate your words’. Kesepian adalah masalah besar di antara generasi tua di Inggris, dan kami mendorong para suporter United dan semua orang pada umumnya untuk terlibat dalam masalah ini,” ujar Colin O’Toole dilansir dari The Guardian.

“Kami sangat yakin, dengan menyumbangkan kata-kata mereka di setiap kesempatan, orang-orang tua yang merasa kesepian di komunitas mereka pasti akan senang. Kami juga pasti senang. Pada intinya, sekali lagi, kami sangat senang bias melanjutkan bekerja sama dengan Manchester United untuk beberapa waktu ke depan.”

Selain itu Sean Jefferson, direktur kemitraan untuk Manchester United, juga mengatakan bahwa pihak Setan Merah sangat senang dengan kerja samanya bersama Cadbury. Pihak klub sendiri kedepannya akan mendorong semua suporternya untuk turut memberikan waktu mereka agar dapat berbicara atau berkomunikasi dengan orang-orang tua.

“Kami senang memulai kemitraan global kami dengan Cadbury, dan kami akan mendukung kampanye ‘donate your words‘. Pihak klub juga akan mendorong semua suporter untuk memberikan beberapa saat waktu mereka untuk berbicara dengan orang-orang tua di sekitar mereka. Setiap gerakan dan interaksi kecil dapat berperan dalam membantu mengatasi kesepian di antara generasi kita yang lebih tua,” tandas Jefferson.

Comments

Loading...