OUR NETWORK

Komentar Mou Soal Kemenangan United atas Burton Albion

Manchester United mengawali perjalanan mereka pada ajang Carabao Cup dengan sangat baik. Menghadapi klub Championship Burton Albion, mereka menang telak dengan skor 4-1. Gol-gol kemenangan United dicetak melalui Marcus Rashford (dua gol), serta masing-masing satu dari kaki Jesse Lingard dan Anthony Martial. Sementara gol Burton dibuat melalui sepakan Lloyd Dyer.

Dalam laga tersebut, Jose Mourinho memuji penampilan apik skuadnya. Menurunkan banyak pemain cadangan, Mou puas dengan komitmen para pemainnya yang langsung menekan sejak awal.

“Kami melakukan pekerjaan kami. Bukan performa yang fenomenal tapi performa yang solid. Sejak awal, kami bermain dengan cara yang serius. Banyak diantara mereka membutuhkan 90 menit untuk bermain karena sebagian besar dari mereka belum mendapat menit bermain yang cukup musim ini. Saya pikir mereka bekerja secara professional,” ujarnya kepada MUTV.

Ia menambahkan, “Yang paling membuat saya senang adalah komitmen mereka. Mereka menjawabnya dengan serius. Ketika hasil sudah terbuka, sampai skor menjadi 2-0 dan 3-0, mereka terus menekan dan membunuh permainan secepat mungkin. Mereka ingin melaju ke babak selanjutnya. Profesionalisme dan komitmen sangat penting untuk klub ini.

Dalam laga yang dipimpin wasit Graham Scott tersebut, Mou melakukan sembilan perubahan. Salah satunya adalah komposisi lini belakang yang berbeda dibanding laga menghadapi Everton sebelumnya. Kapten utama United, Michael Carrick mendapatkan kesempatan untuk turun pertama kalinya di musim ini ditemani Ander Herrera dan Juan Mata. Posisi kiper diisi oleh Sergio Romero

Selain itu, United menurunkan trio Jesse Lingard, Marcus Rashford, dan Anthony Martial di lini depan. Ini merupakan pertandingan ke-10 dimana Martial dan Rashford bermain bersama-sama. Kemenangan United bahkan diperoleh oleh keganasan trio tersebut.

Gol pertama Rashford berasal dari kombinasinya dengan Jesse Lingard. Sedangkan gol Lingard dikreasikan oleh Anthony Martial. Mantan pemain AS Monaco tersebut kemudian mencetak gol keempat menerima asis dari Rashford. Di akhir laga ia dinobatkan sebagai Man of The Match versi Sky Sports dan Manchester United.

Jose Mourinho tidak lupa memuji Anthony Martial. Pemain Nasional Prancis tersebut tampil sangat baik dengan beberapa kali membuat lini belakang Brewers kelabakan. Bagi Mou, pemain kelahiran Massy tersebut berhasil membalas kepercayaannya dengan permainan yang menawan.

“Martial ingin melakukan sesuatu. Beberapa kali dia melakukan pekerjaan yang luar biasa, yang lain mungkin tidak berhasil dengan baik tapi dia selalu berusaha dan berkomitmen. Selain itu penting bagi dia untuk berada di lapangan dengan perasaan bahagia.”

Setelah gol keempat tersebut, Mou kemudian sedikit mengendurkan permainan. Ia memasukkan Scott McTominay untuk memperkuat lini tengah. Bahkan pada 10 menit akhir pertandingan, ia mengganti Sergio Romero dengan Joel Castro Pereira. Sayangnya perubahan ini justru membuat gawang Iblis Merah kebobolan di akhir laga. Laga ini juga menjadi pertandingan pertama bagi Luke Shaw yang kembali dari cedera parah yang dialaminya sejak April lalu.

Meski puas dengan timnya, namun bukan Mou namanya jika tidak mengeluarkan komentar yang nyeleneh. Ia mengkritik ajang Carabao Cup yang dianggapnya mengganggu jadwal istirahat beberapa tim yang juga ambil bagian dalam kompetisi Eropa. Akan tetapi ia hanya bisa pasrah dan menghormati ajang yang sudah berlangsung sejak 1961 tersebut.

“Jika kompetisi ini adalah resmi maka bagi manajer dan Manchester United laga ini sangatlah penting. Namun jika Anda bertanya kepada saya apa sepak bola Inggris bisa lebih baik tanpa kompetisi ini? Mungkin. Kita bisa lebih segar untuk kompetisi Eropa misalnya. Tapi kita juga harus menghormati kompetisi ini dan melakukan yang terbaik.”

Pada babak keempat, Iblis Merah akan menghadapi Swansea. Laga akan dilangsungkan di Liberty Stadium pada 24 Oktober mendatang.

Comments

Loading...