OUR NETWORK

Ketertarikan Oldham Athletic pada Paul Scholes

Rasa ketertarikan Oldham Athletic kepada mantan pemain Manchester United, Paul Scholes, tampaknya belum hilang. Dalam beberapa hari terakhir, klub yang memiliki logo burung hantu tersebut kembali diisukan ingin menggaet Scholes untuk menjadi manajer mereka pada musim ini. Scholes nantinya akan menggantikan posisi Frankie Bunn yang dipecat pada 27 Desember lalu.

Pemain yang sekarang aktif menjadi komentator ini sebenarnya sudah masuk dalam radar Oldham sejak 2017 lalu. Ia bahkan sempat mengaku kepada BBC Radio Manchester kalau ia sudah menjalani wawancara dengan pihak Oldham. Akan tetapi, tidak ada komunikasi lebih lanjut saat itu karena chairman mereka, Simon Corney, memilih untuk tetap bertahan dengan Richie Wellens yang saat itu tampil mengesankan sebagai caretaker. Saat kiprah Wellens berakhir pertengahan 2018, mereka justru menunjuk Frankie Bunn.

“Saya menginginkan pekerjaan itu dan obrolan antara kami berjalan dengan baik. Jelas tidak hanya saya yang diajak berbicara soal pekerjaan itu, tetapi mereka tidak bisa mengabaikan apa yang sudah dilakukan Richie dalam lima pertandingannya,” ujarnya pada Oktober 2017 lalu.

Kiprah Frankie Bunn sendiri sebenarnya tidak terlalu buruk. Ia bahkan sempat membawa Oldham berada pada peringkat keenam awal musim ini. Akan tetapi, serangkaian kekalahan membuat posisinya merosot ke urutan ke-12. Kekalahan 0-6 melawan Carlisle pada Boxing day menjadi akhir dari kiprah Frankie.

Saat ini, kursi pelatih Oldham dipegang oleh Peter Wild selaku manajer interim. Di tangan Wild, Oldham sudah meraih tiga kemenangan dalam lima pertandingan terakhir. Salah satu kemenangan sensasional mereka buat pada babak ketiga Piala FA awal tahun ini saat mengalahkan peserta Premier League, Fulham, di kandang lawan.

Meski mendapat banyak hasil positif bersama Wild, namun pihak Oldham tetap menginginkan Scholes sebagai manajer permanen mereka di sisa musim. Dilansir dari Telegraph, Scholes dikabarkan sudah menjalani diskusi lebih lanjut dan berpeluang untuk langsung memimpin tim saat menghadapi Doncaster Rovers pada babak keempat Piala FA Sabtu depan.

Oldham sendiri memang memiliki keterikatan kuat dengan pemain yang memenangi 11 gelar Premier League bersama Manchester United tersebut. Latics adalah klub favorit Scholes semasa kecil. Frankie Bunn bahkan salah satu pemain yang begitu ia kagumi semasa kecil. Tidak hanya itu, keponakan Scholes, Ryan Scholes-Beard, merupakan salah satu pilar untuk tim akademi Oldham.

Satu hal yang bisa mengganjal karier Scholes di Oldham adalah latar belakangnya yang juga sebagai pemilik saham di Salford City. Bersama dengan rekannya sesama Class of 92 (kecuali David Beckham), Scholes memegang 10 persen saham klub yang saat ini berada di National League atau satu tingkat di bawah League 2.

Seandainya Salford musim depan sukses promosi ke League 2, maka Scholes mau tidak mau harus melepas sahamnya tersebut sesuai dengan aturan EFL pasal 104 yang melarang satu orang memiliki keterkaitan dengan lebih dari satu klub di divisi yang sama kecuali adanya persetujuan dengan pihak-pihak tertentu. Saat ini, peluang Salford untuk promosi terbilang sangat besar. Mereka sementara berada di peringkat ketiga National League dan hanya tertinggal satu poin saja dari pemuncak klasemen Leyton Orient.

Sumber: BBC, Telegraph

Comments

Loading...