OUR NETWORK

Kepercayaan Mourinho, Alasan di Balik Meningkatnya Performa Phil Jones

Bek Manchester United asal Inggris, Phil Jones, mengungkapkan salah satu faktor di balik performa baiknya akhir-akhir ini. Kepercayaan Jose Mourinho membuatnya termotivasi untuk memberikan kontribusi lebih bagi United. Ia juga bertekad untuk tampil konsisten dan bahkan terus meningkatkannya.

“Dia (Mourinho) menunjukkan rasa percaya yang besar pada saya, dan semoga saya bisa membayar itu. Selalu menyenangkan bisa mendapatkan komentar positif dari sang manajer dan orang lain terkait apa yang telah saya tunjukkan,” ujar Jones.

“Saya tidak sedang berilusi. Dalam permainan ini Anda bisa berada di atas satu menit dan berada di bawah pada menit berikutya, jadi saya harus terus berupaya meningkatkan performa,” tambahnya.

Bek berusia 23 tahun sempat tersingkirkan dari tim utama United musim ini. Ia pernah dirumorkan akan hengkang pada bursa transfer musim panas lalu sebelum kembali mengalami cedera yang memaksanya istirahat selama dua bulan.

Jones kembali bermain pada bulan November lalu dan tampil 10 kali dari 11 pertandingan liga terakhir sebagai starter sejak itu. Bersama Marcos Rojo, ia menjadi tembok kokoh United dan berperan penting bagi peningkatan performa Si Setan Merah.

Sejak kembali ke tim utama, Jones membuat United tidak pernah mengalami kekalahan dalam 16 laga terakhir di semua ajang. Ia juga sukses membantu timnya mencatatkan enam cleansheet. Pemain bernama lengkap Philip Anthony Jones itu mencatatkan 8,5 sapuan per laga di 10 pertandingan liga bersama United. Sebuah bukti bahwa Jones memang kokoh dalam mengantisipasi serangan-serangan lawan. Jones pernah mengungkapkan bahwa ia senang jika mampu menghalau serangan tim lawan. Karena menurutnya, itulah tugas utama pemain bertahan.

“Sebagai pemain belakang, kami tidak peduli. Saya hanya menyukai bertahan! Saya ingin menghentikan lawan mencetak gol. Saya ingin memberikan kenyamanan bagi (David) De Gea. Saya pikir kami telah melakukannya dengan baik,” imbuh Jones.

Sejak bergabung dengan United dari Blackburn Rovers pada musim panas 2011, ia masih kesulitan menembus tim utama mengingat masih ada pemain senior seperti Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. Cedera juga cukup sering menghambat perkembangannya. Musim lalu, ia masih belum mendapat tempat di skuat utama karena Louis van Gaal lebih memilih Daley Blind. Namun, meski posisinya terancam dengan kedatangan Eric Bailly musim ini, ia akhirnya mampu menunjukan kualitas dan mengunci tempat di tim utama United.

Potensi Jones memang sudah terlihat sejak beberapa tahun lalu. Sir Alex Ferguson saja berani menebusnya seharga 16 juta paun padahal ia baru menginjak usia 18. Legenda United, Sir Bobby Charlton juga pernah menyamakan Jones dengan Duncan Edwards, salah satu korban kecelakan pesawat di Munich yang memiliki fisik luar biasa. “Jika anda berbicara dengan Bobby Charlton. Phil Jones mengingatkan ia kepada Duncan Edwards karena kekuatan dan fisiknya yang kuat,” ujar Paddy Crerand, rekan Charlton pada periode 1960an.

Masalah pertahanan yang dialami United selama beberapa tahun terakhir juga nampaknya mulai menemui titik cerah dengan adanya Jones. Beberapa tahun terakhir, banyak yang mengungkapkan bahwa pertahanan United hanya mengandalkan De Gea. Namun, hadirnya Jones, lengkap dengan performa apiknya sepertinya  akan benar-benar menghapus pernyataan itu.

Comments

Loading...