OUR NETWORK

Keane Sarankan Rooney Hijrah ke Serie A

Sang kapten, Wayne Rooney, tak lagi menjadi ‘pangeran’ Setan Merah sejak kedatangan manajer Jose Mourinho pada awal musim 2016/2017 ini. Buktinya, satu tempat di lini depan yang selama ini jadi miliknya sudah diserahkan kepada bomber anyar Zlatan Ibrahimovic. Alhasil Rooney hanya mencatat 14 penampilan sebagai starter dari 24 laga yang telah dijalaninya di Premier League Inggris musim ini. Total hanya 23 kali dia diturunkan dalam starting line-up di semua kompetisi oleh Mourinho, dari 37 penampilan yang telah dicatatkannya. Kondisi yang sangat berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

Tidak heran jika pada bursa transfer musim dingin Januari 2017 lalu, rumor soal kepergian Rooney dari Old Trafford berhembus dengan kencang. Bahkan, sejumlah media Inggris mengklaim bahwa penyerang berusia 31 tahun itu akan segera hijrah ke Liga China sebelum bursa transfer di kompetisi Negeri Tirai Bambu itu ditutup.

Namun, ternyata Rooney malah memilih untuk bertahan meski pun Mourinho masih tetap jarang memberikan kesempatan untuknya. Bahkan, meski di akhir musim ini manajer asal Portugal itu mulai sering memainkannya, itu karena Zlatan mengalami cedera parah.

Makanya, hingga saat ini rumor soal akan hengkangnya Rooney dari Theatre of Dreams masih terus terdengar. Seperti baru-baru ini, pandit top sepakbola Inggris Chris Waddle menyarankan kapten tim nasional Inggris itu meninggalkan liga Britania Raya dan mencoba peruntungan di kompetisi Serie A Italia.

Menurutnya, pemain yang akrab disapa Wazza bisa menemukan kembali performa terbaiknya untuk tim nasional Inggris dengan menjajal tantangan lain. “Rooney membutuhkan tantangan baru. Dia sudah tidak lagi masuk hitungan di United dan Inggris,” ungkap Waddle dilansir oleh Sky Sports.

“Padahal usianya baru 31 tahun. Dia seharusnya masih bisa ‘berbicara’ banyak. Saya pribadi ingin melihat Rooney pindah ke Italia dan bermain di sana selama empat atau lima tahun untuk belajar banyak. Dari sana bukan tidak mungkin dia kembali ke tim nasional Inggris. Ingat, usianya baru 31 tahun, bukan 36 atau 37 tahun. Saya tahu Rooney sudah sering bermain di masa lalu, tapi tidak dalam 18 bulan terakhir. Bagi saya, dia membutuhkan tantangan baru untuk membuktikan bahwa dia masih punya kemampuan yang dibutuhkan,” pungkas Waddle menambahkan komentarnya itu.

Kapten legendaris United, Roy Keane juga punya saran yang tidak jauh berbeda untuk Rooney. Dia pun mengimbau pemain bernomor punggung ‘10’ itu untuk segera hengkang dari Old Trafford jika masih terus-terusan hanya sebagai pemanas bangku cadangan.

Pemain tengah The Red Devils yang terkenal kontroversial di era manajer Sir Alex Ferguson itu menyampaikan saran tersebut demi kebaikan karir Rooney. Meski pun pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah United itu masih ingin bertahan, namun Keane menilai kepergiannya akan jauh lebih baik untuk masa depan karirnya.

“Wayne harus bermain reguler untuk menjaga kondisi dan terus dalam puncak performa. Jika Wayne bertahan di United untuk satu atau dua tahun ke depan dan bermain 10 atau 15 pertandingan per musim, itu tidak bagus. Jika dia ingin menjadi pemain pelapis di United, kemudian lupakan saja. Dia harus move on,” sebut Keane kepada ITV.

Komentar mantan kapten tim nasional Republik Irlandia itupun benar adanya. Pasalnya, masa depan karir Rooney sendiri memang masih cukup panjang mengingat usianya yang masih baru akan memasuki 32 tahun pada 24 Oktober 2017 mendatang.

Namun, menanggapi rumor soal kemungkinan dirinya akan meninggalkan United itu ditanggapi Rooney dengan tenang dan meyakinkan. Dengan tegas, mantan pemain Everton itu menyatakan bahwa dia belum pernah memikirkan untuk meninggalkan tim Setan Merah akhir musim ini, dan masih ingin menjadi bagian dari rencana klubnya pada musim depan. Bahkan, ketika sejumlah klub kaya China menawarkan gaji selangit dan termahal di dunia pada bursa transfer musim dingin lalu agar dia mau bergabung, Rooney dengan tegas menolak semua penawaran fantastis tersebut.

“Tentu saya ingin bermain di setiap laga. Saya telah berjuang memanfaatkan kesempatan ketika dipercaya. Saya akan melakukan yang terbaik untuk tim. Saya telah berada di klub ini selama 13 tahun, tentu saya ingin bermain sepakbola.

Di sini? tentu saja. Lebih banyak saya bermain, lebih baik bagi saya dan lebih banyak saya bisa membantu tim. Saya ingin bermain untuk membantu tim. Sepakbola berubah. Anda menghadapi tantangan yang berbeda dalam perjalanan karir. Saya ingin bermain lebih banyak tapi saya akan mencoba membantu tim di dalam maupun luar lapangan,” ungkapnya dilansir oleh Goal Internasional. Akankah kesetiaan Rooney berbuah simpati Mourinho?

Comments

Loading...