OUR NETWORK

Kata Ed Woodward Terkait Aktivitas Transfer Manchester United

Sosok Ed Woodward bukanlah orang yang pelit untuk berbicara kepada media. Akan tetapi, cukup jarang mendengar ia berceloteh tentang sepakbola. Yang paling fasih dibicarakan tentu saja soal bisnis dan keuangan klub yang menjadi keahliannya sejak masih berstatus sebagai direktur pemasaran Manchester United.

Menurut jurnalis Manchester Evening News, Samuel Luckhurst, terakhir kali Woodward berbicara soal sepakbola terjadi pada musim panas 2015. Ketika itu, Stewart Gardner, jurnalis MUTV, menemuinya saat klub sedang melakukan pra-musim di Amerika Serikat. Disanalah keduanya berbicara soal perekrutan pemain yang dilakukan Setan Merah. Ketika itu, klub baru saja menanda tangani kesepakatan dengan Matteo Darmian, Morgan Schneiderlin, dan Bastian Schweinsteiger.

Berikut adalah beberapa kutipan dari Ed Woodward dalam wawancara empat tahun lalu tersebut terkait aktivitas transfer klub yang kini mulai mendapat sorotan dalam beberapa tahun terakhir.

Peresmian Pemain

“Semakin cepat semakin bagus. Itu berarti Louis (Van Gaal) bisa dengan mudah memadukan mereka ke dalam tim dan membiasakan diri dengan pelatihan, membiasakan diri beradaptasi dengan rekan-rekan setimnya. Jendela transfer membuat orang penasaran apa yang akan terjadi. Siapa pemain yang kita sedang ajak bicara. Sejauh ini, kita sudah mendapat empat nama (Memphis, Darmian, Schneiderlin, Schweinsteiger). Selain nama-nama yang masuk, terserah Louis mau membeli siapa lagi. Kami akan terus meninjau siapa pemain yang ada di luar sana dan melihat skuad yang kami miliki dan memikirkan musim yang akan datang.”

Tantangan Mendatangkan Pemain

“Bagi saya tidak ada tantangan. Tantangan terbesar tentu saja memadukan mereka ke dalam tim agar bisa bekerja dengan baik. Louis dan staf pelatihya sedang melakukan itu untuk membuat tim ini padu satu sama lain.”

Strategi Transfer yang Dilakukan

“Kami tidak hanya membaca koran dan melihat siapa pemain yang dihubung-hubungkan dengan kami. Strategi transfer kami cukup mudah. Kami memiliki banyak jaringan global di beberapa negara. Para pemandu bakat kemudian menyaksikan pertandingan dan kami memiliki data besar terkait siapa pemain yang kami beli. Kemudian kami memberikan informasi kepada kepala pemandu bakat dan biarkan timnya yang menilai itu. Kami harus memastikan kalau pemain yang ingin dibeli sesuai dengan target kami demi menambah kuat tim ini.”

“Daftar itu kemudian didiskusikan dengan Louis dan stafnya yang kemudian melakukan peninjauan lebih lanjut. Dan begitu Louis menetapkan targetnya, usahakan memiliki lebih dari satu target alternatif dengan posisi yang serupa. Anda harus bisa menerima kadang-kadang incaran utama tidak bisa didapatkan karena suatu alasan, jadi mari kita liha target alternatif kedua, ketiga, dan seterusnya. Kemudian kami pergi untuk melakukan negosiasi dengan klub si pemain dan juga si pemain itu sendiri.”

Apakah Ada Daftar Transfer yang Diberikan?

“Pada dasarnya ada. Daftar itu perlu karena kita harus melacak semuanya. Itulah yang dilakukan pemandu bakat.”

Perasaan Ketika Berhasil Merekrut Pemain

“Bukannya gembira, tapi saya sebisa mungkin untuk fokus kepada pekerjaan saya selanjutnya. Usahakan apa yang saya lakukan ini bisa sejalan dengan para penggemar. Begitu penggemar mendengar kami sukses membeli salah satu pemain, maka mereka akan bahagia dan kemudian bertanya-tanya siapa pemain berikutnya.

Comments

Loading...