in

Ini Alasan Mourinho Belum Terpikir untuk Perpanjang Kontrak

Manajer Manchester United, Jose Mourinho, bisa jadi membuat hati para fans United sedikit khawatir saat ini. Pasalnya, dilansir dari Daily Star, manajer dengan julukan The Special One ini mengatakan bahwa tidak ada dalam pikirannya untuk memperpanjang kontrak dengan United dalam waktu dekat ini.

Seperti kita tahu, pria asal Portugal ini mengambil alih takhta di Old Trafford pada 2016 silam dari pendahulunya Louis van Gaal. Ini menjadikan Mourinho sebagai manajer ketiga yang ditunjuk manajemen United setelah manajer legendaris, Sir Alex Ferguson, pensiun 4 tahun yang lalu.

Musim lalu, pasukan berjuluk The Red Devils ini mengakhiri performa di Premier League di posisi keenam. Dengan selisih 24 poin dari pemuncak sekaligus juara Premier League 2017/2017, Chelsea.

Meski begitu, tim asuhan Mourinho ini bisa dibilang cukup berhasil karena mengembalikan posisi United untuk berlaga di Champions League, setelah berhasil menjuarau Europa League dengan mengalahkan tim asuhan Peter Bosz, Ajax Amsterdam di final. Selain itu juga menjuarai Piala Liga, EFL Cup, yang musim ini berganti nama menjadi Carabao Cup.

Sejumlah piala dan pencapaian tersebut berujung pada spekulasi bahwa pria berusia 54 tahun tersebut akan diberikan perpanjangan kontrak yang akan mengikat Mou setidaknya lebih dari tahun 2019.

Namun ternyata dalam wawancara eksklusif dengan The Times, eks manajer Real Madrid ini mengatakan bahwa isu tersebut tidak ada dalam pikirannya. Tanpa memberitahukan secara jelas tak ada dalam pikirannya saat ini atau yang akan datang.

“Saya tidak memikirkan hal tersebut. Saya tidak butuh kontrak pekerjaan yang baru dengan batasan saya,” kata Mourinho.

Sebagai manajer yang bisa dibilang kenyang dengan pengalaman di level tertinggi sepakbola, Mou tampaknya percaya diri bahwa tawaran akan datang untuknya.

“Tidak menjadi masalah bagi saya jika sudah di akhir kontrak dan saya bebas memilih apa yang ingin saya lakukan. Kemudian klub bebas memutuskan apa yang mereka inginkan,” lanjut pria yang pernah meraih treble dengan Inter Milan ini.

Namun meski memberikan pernyataan yang sedikit membuat para fans dan manajemen United goyah atau sedih, Mou tetap mengatakan bahwa dirinya menikmati kehidupannya saat ini. Di mana saat ini dirinya menjabat sebagai salah satu orang terpenting di Manchester United.

“Di masa lalu saya selalu ingin menjadi pelatih di berbagai tempat. Ketika saya datang ke Chelsea di tahun 2004 silam, tak pernah ada dalam angan saya untuk bertahan di sana selama 20 tahun. Ketika saya ke Italia, di kepala saya selalu terngiang bahwa saya harus pergi ke Spanyol,” tutur Mourinho.

Memang benar apa yang dikatakan oleh Mourinho, dirinya adalah seorang manajer yang haus akan tantangan. Sejauh ini dirinya telah melatih di 4 negara, yaitu Portugal (FC Porto), Inggris (Chelsea dan Manchester United), Italia (Inter Milan), dan Spanyol (Real Madrid). Tersisa dua negara dengan liga yang diakui, belum disambangi oleh Mourinho.

“Jika kamu tanya saya pada detik ini, apakah ada kemungkinan saya melatih di Perancis atau Jerman, saya akan jawab, ‘mengapa tidak?'”. terang Mourinho.

Namun menurutnya, saat ini ia sedang menikmati iklim kompetisi di Premier League. Sehingga ia berharap bisa bertahan di Liga Inggris untuk beberapa tahun mendatang.

“Saat ini saya ada dalam tahap yang berbeda di karir saya. Saya selalu menganggap Spanyol dan Italia (sebagai tempat yang ia inginkan untuk melatih), tetapi saat ini Inggris adalah passion saya dan saat ini juga saya bisa mengatakan saya ingin ada di sini untuk beberapa tahun mendatang,” jelas Mourinho.

Mourinho juga tak lupa memberikan pernyataannya mengenai situasi di Manchester United. Di mana pria yang memiliki dua anak ini, mengatakan bahwa ia berada di posisi yang tepat untuk menjadi manajer United. Lantaran berada di periode transisi setelah Sir Alex pensiun pada tahun 2013 silam.

“Jadi bagi saya adalah bagaimana mendapatkan proyek yang penuh tantangan. Saat ini berada di United rasanya sungguh luar biasa dan dapat menjalani periode pasca Sir Alex pensiun. Beliau (Sir Alex Ferguson), lalu David Moyes, kemudian van Gaall, dan sekarang saya.”

“Proses mencari lagi kesuksesan kembali untuk klub ini adalah periode yang penuh tantangan dan itu adalah hal yang saya nikmati,” tutup Mourinho.

Berdasarkan pernyataan di atas tampaknya Mourinho memang belum bisa memberikan komitmennya terhadap United di masa depan. Namun satu hal yang pasti dari dirinya adalah ada atau tidaknya sebuah tantangan ketika menjadi manajer. Sehingga saat ini tampaknya United masih menjadi tantangan yang Mourinho nikmati.

Kemudian ada pernyataan bahwa Liga Inggris masih menjadi salah satu liga yang ia ingin jalani dalam beberapa tahun ke depan. Walau tak spesifik mengatakan bahwa dengan klub mana ia ingin habiskan beberapa tahun tersebut, tidak menutup kemungkinan bahwa Manchester United adalah salah satunya.

Bagaimana menurut Anda?
Sumber : Daily Star
Facebook Comments
Loading...