OUR NETWORK

Ini Alasan Mou Anggap Lukaku Tak Bisa Lampaui Rekor Gol Rooney

Jose Mourinho mengklaim bahwa Wayne Rooney memiliki periode yang relatif lebih mudah dibandingkan Romelu Lukaku. Bahkan manajer asal Portugal tersebut menilai rekor 253 gol Rooney di United tidak akan terpecahkan dalam waktu dekat, apalagi oleh Romelu Lukaku.

Rooney yang kini bermain untuk Everton FC, untuk pertama kalinya kembali ke Old Trafford pada lanjutan laga Premier League, hari Minggu (17/9) ini.

“Wayne tiba lebih dahulu daripada saat itu (berumur 18 tahun ketika diboyong oleh United),” jelas Mourinho ketika ditanya apakah Lukaku dapat melewati rekor Rooney meski lebih tua 6 tahun dibandingkan eks kapten Timnas Inggris tersebut.

Alasan Mourinho mengklaim hal tersebut adalah situasi yang berbeda saat ini di Premier League. Di mana manajer berusia 54 tahun tersebut mengatakan bahwa meski Rooney adalah salah satu legenda terbaik yang dimiliki United, rekor gol tersebut terbantu dengan fakta bahwa lini pertahanan klub-klub Premier League pada eranya memiliki catatan buruk.

“Menurut saya Wayne barangkali telah menghabiskan waktu 10 tahun di berbagai situasi Premier League. Di masa saat Premier League lebih mudah untuk mencetak gol, bukan karena perbedaan antara tim top dengan yang lain saja. Tetapi juga profil dan interpretasi taktik di kompetisi saat itu.”

“Saya pikir Premier League saat ini lebih bermental bertahan, dan lebih susah,” terang Mourinho.

Kemudian seperti dilansir dari media ternama Inggris, Telegraph.co.uk, pada zamannya Rooney didukung oleh pemain-pemain besar era Sir Alex Ferguson seperti; Cristiano Ronaldo, Ryan Giggs, Paul Scholes, dan Michael Carrick. Seperti kita tahu dengan tim tersebut, United berhasil menjuarai Liga Champions tahun 2008.

Namun, Mou tetap menganggap bahwa Rooney layak diberikan respek terhadap segala pencapaiannya di United. Oleh karena itu, Mou jua berharap para suporter United untuk memberikan kehangatannya terhadap eks kaptennya tersebut ketika menyambangi Old Trafford atau sebaliknya.

“Saya pikir dia akan mendapat sambutan yang seharusnya ia dapatkan. Di negara ini (Inggris) label ‘legenda’ tampaknya diberikan terlalu mudah. Namun untuk Rooney, menurut saya dia layak mendapatkanya.”

“Rooney adalah legenda klub ini, lihat saja jumlah penampilan, dan trofinya. Lihat dari pencapaian itu jelas bahwa dia adalah salah satu pemain penting sepanjang sejarah United,” kata Mourinho.

Kemudian ketika ditanya mengenai apakah keputusan pindah ke Everton adalah keputusan yang tepat, Mourinho enggan menjawab. Menurutnya sudah bukan haknya lagi untuk membicarakan karir seorang yang bukan anak asuhnya lagi.

Meski menilai rekor gol Rooney kemungkinan besar sulit untuk dilewati oleh Lukaku, namun Mou tak mau ambil pusing. Lantaran, saat ini ia puas dengan dampak cepat yang bisa diberikan oleh Lukaku untuk United. Di mana Mou menilai dampak tersebut didorong juga dengan usia Lukaku yang sudah matang untuk kebutuhan United.

“Saya pikir dia datang ke sini (United) di saat yang tepat. Usianya sudah matang, punya pengalaman yang tinggi di sejumlah klub Premier League. Kemudian jelas Lukaku sudah beradaptasi dengan baik di Premier League.”

“Ditambah Lukaku juga punya teman-teman yang sudah akrab di ruang ganti. Sehingga proses integrasinya cepat di United. Lalu cara tim bermain saat ini cocok dengan kualitas yang ia punya sebagai pemain. Jadi jelas bahwa ia datang di momen yang tepat di kariernya,” lanjut Mourinho.

Seakan tak ingin membuat Lukaku terbang tinggi dan juga mungkin untuk menghindari beban yang berat, Mou menyangkal bahwa kehadiran Lukaku membuat United menjadi favorit juara musim ini. Menurut Mou kehadiran striker hebat belum tentu membuat United akan juara pada musim ini.

“Bukan hanya soal striker. Menurut saya Romelu punya tim yang lebih baik dibandingkan Zlatan Ibrahimovic musim lalu. Gaya permainan tim saat ini juga berbeda dan kepercayaan diri tim lebih baik. Namun tetap saya menilai Lukaku berhak mendapatkan kredit dengan caranya bermain, komitmennya, pergerakan dengan bola ataupun tidak, dan juga tentu golnya. Jadi kami (United) tidak bisa lebih bahagia daripada saat ini,” tutup Mourinho

Bagaimana menurut Anda?

Sumber : Telegraph.co.uk

Comments

Loading...