OUR NETWORK

Ikuti Aturan Pemerintah, Laga United vs Sociedad Dipindah ke Turin

Pertandingan leg pertama babak 32 besar Europa League Manchester United dengan Real Sociedad telah resmi dipindahkan dari Spanyol ke Juventus Stadium di Italia. Pemindahan ini dilakukan untuk memenuhi protokol atau aturan khusus terkait penanganan virus corona dari pemerintah Spanyol.

Sebelumnya pasukan Ole Gunnar Solskjaer akan melakukan perjalanan ke Spanyol pada 18 Februari nanti. Akan tetapi kemudian UEFA mengkonfirmasi pada hari Selasa (9/1) lalu bahwa ada pembatasan yang dilakukan di negara tersebut. Maka terpaksa harus ada perubahan lokasi pertandingan.

Selain itu, dikutip dari The Guardian, Manchester United sempat mengatakan kalau perubahan lokasi pertandingan bukan hanya karena pembatasan yang dilakukan oleh pemerintah Spanyol. Namun lebih karena terdapat varian Covid-19 yang baru yang dikabarkan telah muncul di Spanyol.

Meskipun begitu, UEFA sendiri saat ini telah menyetujui perubahan lokasi pertandingan antara United vs Sociedad ke Turin. Dengan tanggal dan waktu kick-off yang tetap sama. Untuk pertandingan leg kedua, lokasinya pun akan tetap dilaksanakan di Old Trafford pada satu minggu berikutnya, yaitu pada 25 Februari.

“UEFA sudah mengonfirmasi bahwa ada perubahan lokasi pertandingan. Yaitu untuk leg pertama babak 32 besar UEFA Europa League antara Real Sociedad de Fútbol dan Manchester United FC. Sekarang pertandingannya akan berlangsung di Stadion Juventus di Turin. Tanggal pertandingan (18 Februari 2021) dan waktu kick-off (18:55 waktu setempat) akan tetap sama,” tulis pernyataan resmi UEFA.

“UEFA ingin berterima kasih kepada Real Sociedad dan Manchester United atas kerja sama dan bantuan mereka yang erat dalam menemukan solusi untuk masalah yang dihadapi ini. Serta kami berterima kasih kepada Federasi Sepakbola Italia dan Juventus atas dukungan mereka yang setuju untuk menjadi tuan rumah pertandingan tersebut.”

Manchester United sebenarnya sempat menyelesaikan kompetisi Europa League musim lalu di tempat netral, yaitu di Jerman. Tepatnya pada Agustus 2020, ketika mereka kalah 1-0 dari Sevilla di babak semifinal. Di musim ini mereka akan ke Turin, dan terakhir kali ke sana mereka menang 2-1 atas Juventus pada fase grup Liga Champions musim 2018/2019.

Tapi selain soal pertandingan United vs Sociedad ini, leg pertama pertandingan 32 besar antara Arsenal melawan Benfica juga telah resmi dipindah ke Italia. Salah satu sebab utama relokasi tersebut adalah berlakunya pembatasan di Inggris atas orang-orang yang datang atau kembali dari Portugal.

Inggris sekarang memang sedang menerapkan aturan karantina virus corona yang ketat. Terkhusus untuk orang-orang yang datang atau kembali dari Portugal. Karena Portugal sendiri saat ini berada dalam “red list“. Atau daftar negara yang dinilai berbahaya wilayahnya –akibat wabah virus corona– oleh pemerintah Inggris. Maka dari itu, pertandingan leg pertama Arsenal terpaksa harus dipindahkan dari Lisbon.

Tapi agaknya, situasi lokasi pertandingan antara Arsenal vs Benfica berbeda dengan situasi lokasi pertandingan antara United vs Sociedad. Karena kemungkinan besar lokasi leg kedua pertandingan antara Arsenal vs Benfica harus dipindah. Dengan kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah Inggris untuk orang-orang Portugal, itu akan membuat Benfica dilarang masuk ke Inggris.

Pengumuman relokasi beberapa pertandingan Europa League ini datang setelah kabar tentang dipindahnya lokasi pertandingan Liverpool dan Manchester City di Liga Champions. Di mana Liverpool akan menghadapi RB Leipzig dan City akan menghadapi Borussia Monchengladbach. Dikabarkan pertandingan leg pertama mereka akan dipindah dari Jerman pindah ke Budapest.

Comments

Loading...