OUR NETWORK

Foto Lionel Messi Demi Pengembangan Pemain Akademi MU yang Lebih Baik

Sosok Lionel Messi terlihat ada di sekitar tempat latihan para pemain akademi Manchester United. Kehadirannya beberapa kali mencuri perhatian para pemain akademi United yang berada di sana. Messi yang dimaksud memang benar adalah penggawa Argentina pemilik lima gelar Ballon d’Or dan peraih empat medali Piala Champions. Akan tetapi, Lionel Messi yang berada di akademi United bukan berwujud manusia melainkan hanya sebuah gambar.

Beberapa waktu lalu, Manchester United memutuskan untuk memasang salah satu foto bintang Argentina tersebut pada salah satu dinding di akademi mereka. Gambar tersebut menunjukkan pemain Barcelona tersebut sedang duduk sembari membersihkan sepatu yang akan ia gunakan menggunakan sebuah kain putih.

Dalam gambar tersebut Messi sedang bersiap untuk menghadapi laga persahabatan antara Argentina melawan Kroasia. Pertandingan saat itu digelar di bekas markas West Ham United, Upton Park pada November 2014.

Keputusan untuk memasang gambar Messi pun bukanlah tanpa alasan. Pesan tersebut seolah menunjukkan kepada seluruh pemain akademi agar bersikap rendah hati dan mencoba untuk dapat bersikap dewasa sebagai pesepakbola. Jika seorang Lionel Messi saja mau untuk membersihkan sepatunya sendiri maka Anda pun bisa melakukannya.

Pesan ini juga meminta kepada para siswa akademi agar mau berusaha keras di setiap latihan apabila ingin naik ke tim utama. Seandainya panggilan tim utama tidak datang maka mereka bisa mendapat panggilan dari klub-klub profesional lain di luar Manchester United. Hal ini ditegaskan oleh John Murtagh selaku kepala pengembangan pemain muda Manchester United.

“Kami punya nilai-nilai sepakbola di sini dan identitas sepakbola menyerang kami diawali dari akademi yaitu mengalir, bebas, dan menarik. Sebagai seoorang pemain, anda juga harus memiliki kerendahan hati, rasa jujur, dan sifat pekerja keras sehingga menjadi seseorang yang dihormati,” ujarnya dikutip dari The Times.

Akan tetapi, salah satu legenda United, Nicky Butt meminta agar para pemain tidak serta merta terpaku harus menjadi seorang Lionel Messi. Dilansir dari ESPN, salah satu bagian dari direktur pengembangan akademi United justru berharap beberapa akademi di Inggris memproduksi pemain yang karakternya begitu langka dicari dewasa ini macam Steven Gerrard dan Roy Keane.

“Semua orang ingin menjadi pemain layaknya Lionel Messi. Itu bagus tetapi mereka semua tidak boleh melupakan nama-nama bagus lainnya macam Roy Keane dan Steven Gerrard. Pemain-pemain yang berposisi seperti mereka sangat langka untuk akademi modern seperti sekarang.

Berbicara soal akademi, Manchester United adalah salah satu klub yang memiliki pengembangan pemain muda terbaik di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Sejauh ini, United masih memegang rekor sebagai klub yang selalu menyisipkan satu pemain akademi dalam skuadnya sejak Oktober 1937. Sebuah bukti bahwa Setan Merah begitu perhatian kepada para pemain akademinya.

Pada Premier League musim ini, terdapat 19 pemain lulusan akademi United yang tersebar diantara 20 klub peserta liga primer. Empat diantaranya yaitu Paul Pogba, Jesse Lingard, Marcus Rashford, dan Scott McTominay bahkan menjadi Tulang Punggung Setan Merah musim ini. Meski sudah menjadi bagian dari tim utama, mereka terbilang masih perhatian kepada akademi tempat mereka belajar.

Marcus Rashford dan Jesse Lingard masih sering kembali ke akademi hanya untuk berlatih menembak target. Sementara itu, Scott McTominay lebih memilih memarkirkan mobilnya di depan tempat ia berlatih semasa masih di akademi alih-alih menggunakan parkiran tim utama. Begitu juga Paul Pogba yang masih datang dan memeluk beberapa orang yang ia temui saat masih di akademi lalu. Sebuah contoh yang sangat baik untuk ditiru oleh beberapa junior mereka.

Para pemain Lulusan Akademi United di Premier League musim ini

Nama Klub
Joshua King AFC Bournemouth
Danny Welbeck Arsenal
Tom Heaton Burnley
Phil Bardsley Burnley
Robie Brady Burnley
Danny Drinkwater Chelsea
Timothy Fosu Mensah Crystal Palace
Michael Keane Everton
Danny Simpson Leicester City
Matty James Leicester City
Jesse Lingard Manchester United
Marcus Rashford Manchester United
Paul Pogba Manchester United
Scott McTominay Manchester United
Darren Fletcher Stoke City
Ryan Shawcross Stoke City
Craig Catchart Watford
Tom Cleverley Watford
Jonny Evans West Bromwich Albion

Pemain yang diambil adalah pemain yang sudah bermain di Premier League musim ini

Comments