OUR NETWORK

Daripada Main di China, Everton Ajak Wayne Rooney Pulang

Meski sudah menegaskan untuk bertahan bersama Manchester United, namun masa depan superstar mereka Wayne Rooney masih tanda tanya. Di saat berita kepindahannya ke Liga Super Tiongkok belum juga mereda, baru-baru ini Everton melalui manajer mereka Ronald Koeman mengaku bahwa ia tertarik untuk membawa kembali Wazza ke Goodison Park.

Manajer yang pernah menjadi bek andalan Barcelona ini tidak peduli terkait peran Rooney yang sedikit demi sedikit sudah terpinggirkan dari skuat Setan Merah. Bagi pria 53 tahun ini, Rooney tetaplah pemain yang dapat bermain di level yang lebih tinggi.

“Saya percaya bahwa Wayne Rooney masih dapat bermain di level lebih tinggi,” tutur Koeman seperti dikutip Sky Sports. Ia menambahkan, “Saya pikir dia membuat pilihan yang baik untuk tetap tinggal di Manchester United dan bertahan di Liga Primer karena ia masih memiliki dua atau tiga tahun ke depan untuk tetap bermain di level tinggi.”

Meski begitu Koeman mengaku bahwa klubnya masih belum terlalu membutuhkan kehadiran Rooney. Ia mengungkapkan bahwa untuk saat ini Rooney masih berada dalam proyek yang sedang dibangun oleh Manchester United. Namun ia yakin bahwa kehadiran Rooney di Everton dapat membuat juara piala FA 1995 ini menjadi lebih kuat.

“Ini semua tentang apa yang pemain suka, apa yang akan dilakukan oleh Manchester United kepadanya (Rooney). Dan kami tidak terlibat soal itu. Tapi semua pemain kami di Everton yakin siapapun yang dapat membuat Everton menjadi lebih kuat, akan kami terima dengan sangat terbuka,” tambahnya.

Komentar Koeman terkait ketertarikannya terhadap Rooney didukung oleh Steve Walsh selaku direktur Olahraga Everton. Bagi Walsh adalah sebuah kesalahan besar jika Everton tidak memiliki ketertarikan untuk membawa pulang kembali aset terbaiknya.

“Dia memulai karirnya disini (Everton) dan jika ada kesempatan maka kami dapat duduk dan mempertimbangkannya. Dia adalah pemain kelas dunia dan datang sebagai salah satu pemain terbaik Inggris, jadi mengapa kita tidak tertarik?” ungkap Walsh.

Bagi Walsh kehadiran Rooney tidak hanya dapat meningkatkan permainan Everton menjadi lebih baik. Jika pemain kelahiran tahun 1985 itu bisa kembali ke klub lamanya, bukan tidak mungkin dirinya dapat menambah pendapatan klub melalui penjualan jersey.

Walsh mengatakan, “Saya pikir semua orang akan gembira. Saya pikir kami bisa menjual banyak jersey, itu sudah pasti. Tapi kita juga harus melihat bahwa Wayne sudah memutuskan untuk bertahan di United. Jadi mari kita tunggu dan lihat apa yang akan terjadi di masa depan.”

Bisa dibilang bahwa Wayne Rooney adalah lulusan terbaik dari akademi sepakbola Everton. Selama berbaju The Toffees ayah dari Kai dan Klay ini membuat 17 gol dari 77 penampilan. Ia memulai perkenalannya terhadap sepakbola Inggris dengan mencetak gol indah ke gawang Arsenal di usia yang masih 16 tahun.

Bagi eks gelandang Arsenal Paul Merson apa yang dilakukan Rooney di masa lalu bisa menjadi contoh bagi para pemain muda yang sekarang berada di Everton salah satunya adalah Ross Barkley. “Saya rasa ia sempurna untuk Everton. Jika dia pulang kesanam dia akan mengangkat tim menjadi lebih baik. Pemain seperti Ross Barkley akan mendapat keuntungan dari bermain bersamanya.” tutur Merson.

Menarik untuk menantikan akan kemana akhir cerita dari saga transfer seorang Wayne Rooney. Ini bukanlah yang pertama kali kabar mengenai kepindahan Rooney mencuat di media. Dan jika ia memutuskan untuk mengakhiri karir di Old Trafford maka ia meninggalkan sebuah warisan yang sangat besar bagi para penggemarnya. Namun jika ia memutuskan untuk kembali ke klub lamanya maka ia bisa menggunakan pengalamannya untuk meningkatkan kepercayaan diri para youngster Everton macam Tyias Browning, Tom Davies, serta Ademola Lookman.

Comments

Loading...