OUR NETWORK

Dilema Manchester United Menurut Gary Neville

Menurut Gary Neville, Manchester United akan merasa sangat sulit untuk mengabaikan klaim bahwa Ole Gunnar Solskjaer adalah calon terkuat manajer permanen mereka untuk musim depan. Bagaimana tidak? Solskjaer tidak terkalahkan dalam sembilan pertandingan pertamanya, dan delapan di antaranya berhasil ia menangkan.

Di sisi lain, sejak mengambil alih kursi jabatan Jose Mourinho di Old Trafford pada Desember lalu, pria asal Norwegia itu kerap menjadi berita utama di setiap pekannya. Bahkan tak dipungkiri lagi, bahwa semua pihak telah terhipnotis dengan perubahan yang ia buat di United. Manejemen United pun tampaknya harus berfikir dua kali, dan meninjau ulang keputusannya yang sengaja memilih Solskjaer sebagai manajer sementara hingga akhir musim ini.

Karena, sudah sewajarnya mereka harus memiliki sikap yang harus dipastikan untuk menentukan ‘siapa yang akan menjadi manajer tim utamanya itu secara permanen di musim depan’. Hal seperti inilah yang menurut Neville sedang menjadi sebuah dilema nyata bagi United saat ini.

“Akan sangat sulit untuk mengabaikan kinerjanya (Solskjaer). Tapi, mereka (manajemen United) tampak kurang yakin dengan itu. Karena, apa yang dilakukan mereka dalam enam minggu yang lalu justru menjelajahi Eropa untuk memilih salah satu manajer terbaik di dunia, yang akan mereka tentukan sebagai menjadi manajer permanen mereka di musim panas nanti,” tutur mantan kapten United dan Inggris itu kepada Sky Sports News.

“Dan mereka masih harus terus melakukan itu, karena mereka merasa tidak tahu apa yang akan terjadi dalam tiga atau empat bulan ke depan. Tetapi, jika Ole terus melakukan apa yang dia lakukan sekarang, maka akan ada dilema nyata pada bulan Maret atau April nanti.”

“Dalam menyusun rencana klub, dalam hal ini ‘siapa yang akan menjadi manajer permanen mereka’, mungkin masih terus terjadi. Tapi jika Ole memiliki dukungan penuh dari segala sisi, baik para pemain ataupun para suporter, dia mungkin akan mendapatkan kesepakatan baru. Yang jelas, saat ini masih sangat sulit bagi manajemen klub United untuk menentukan pilihan mereka ke depan.”

Jika memang manajemen United akan memilih mencari manajer terbaik dunia untuk mengisi kursi kepelatihan tim utama Setan Merah untuk musim depan, akan tetap ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan lebih dulu. Salah satu pertimbangan itu adalah persetujuan dari semua pihak United, termasuk para pemainnya.

“Namun, jika mereka memang memutuskan untuk memilih salah satu manajer terbaik di dunia untuk musim depan, maka akan tetap ada dilema mengenai hal ini. Salah satunya adalah, ‘apakah semua pihak, termasuk pemain Unted, akan setuju dengan itu?’ Karena, mereka telah mencoba beberapa kali hal seperti ini. Terakhir mereka melakukan itu dengan Louis van Gaal dan Jose Mourinho, dan itu tidak berhasil,” jelas Gary Neville.

“Jadi, saya berpikir bahwa Ole benar-benar adalah orang yang tepat untuk kursi jabatan itu, terutama dengan hasil yang begitu luar biasa. Dia berhasil memainkan sepakbola yang lebih baik, dan para suporter merasa jauh lebih senang melihat timnya bermain di Old Trafford. Itu adalah sebuah penilaian yang harus dibuat mereka pada Maret, April, atau Mei nanti.”

 

Sumber: Sky Sports

Comments