OUR NETWORK

Diego Forlan: Tentang Pellistri, Solskjaer Minta Saran kepada Saya

Mantan striker Manchester United, Diego Forlan, sedikit angkat bicara dan memberi tahu bahwa ia sempat dimintai saran oleh Ole Gunnar Solskjaer. Saran tersebut terkait apa yang diharapkan dari rekrutan baru United itu sendiri, yaitu Facundo Pellistri. Ternyata Forlan lumayan tahu banyak tentang pemain sayap muda itu, dan tampaknya ia memang memainkan peran dalam transfer pemain itu ke Old Trafford.

Sebelum pengumuman Facundo Pellistri, tidak banyak suporter United yang menyadari terkait ketertarikan United kepada si pemain. Apalagi tentang Pellistri itu sendiri, infonya begitu terbatas. Para suporter pada dasarnya sering melakukan penelitian mereka untuk mengetahui seperti apa pemain yang didatangkan oleh klub kesayangannya.

Namun, untuk soal Pellistri tampak sedikit berbeda. Kebanyakan suporter United justru sangat tertarik kepada si pemain ketika ia datang ke Old Trafford. Ditambah lagi, remaja Uruguay itu datang saat transfer Jadon Sancho gagal terealisasi. Mungkin agak berlebihan jika Pellistri dianggap sebagai pengganti Sancho. Tapi pada kenyataanya ia memang bermain di posisi yang sama dengan Sancho.

Maka dari itu, Ole Gunnar Solskjaer agaknya perlu mempertimbangkan untuk memainkannya. Tapi yang mengejutkan dari semua ini adalah, menurut South China Morning Post, Solskjaer ternyata sempat meminta saran kepada Forlan terkait Facundo Pellistri.

“Dia (Solskjaer) sempat mengajukan banyak pertanyaan kepada saya tentang Facundo, dan saya memberinya banyak jawaban kepadanya. Ada banyak minat pada pemain muda itu, dan saya bisa mengerti mengapa. Dia (Pellistri) sangat cepat, dan dia sering melewati pemain dengan mudah. Dia melakukan itu bahkan ketika itu bukan momen yang baik untuk tim,” ujar Diego Forlan.

“Dia suka menerima bola di lini tengah, dan bergerak maju dengan pola semacam itu. Meskipun dia masih muda, saya menempatkan dia di tim saya setiap minggu. Dia bisa bermain di kanan, tapi dia juga bisa bermain di kiri. Dia memiliki dua kaki yang baik seperti saya, dan dia mencoba untuk menggiring bola seperti Ryan Giggs.”

Meskipun terlihat seperti menjanjikan, tapi para suporter Manchester United harus memberi Pellistri waktu untuk berkembang. Bahkan Solskjaer sudah memperingatkan kepada mereka bahwa Pellistri adalah salah satu aset untuk masa depan United. Mantan pemain Penarol itu memang masuk ke daftar tim, tetapi masih belum ada harapan baginya untuk memberi dampak langsung.

Namun, jika Pellistri akhirnya menjadi sesuatu seperti yang dikatakan Forlan, maka sudah pasti United akan mendapatkan “sebuah permata berharga”. Ya tapi sekali lagi, semuanya masih butuh waktu. Karena selain Pellistri, Solskjaer juga telah merekrut Amad Diallo untuk pengisi posisi sayap kanan. Ia akan datang ke Old Trafford pada jendela transfer Januari nanti. Itu berarti, jalan Pellistri tidak akan mudah.

Terlepas dari persoalan Facundo Pellistri ini, Diego Forlan sendiri juga sangat yakin dengan rekrutan United lainnya yang sama-sama berasal dari Uruguay, yaitu Edinson Cavani. Menurut Forlan, Cavani adalah rekrutan hebat karena ia tidak mengalami penurunan sama seperti Zlatan Ibrahimovic.

Sekarang usia Cavani sudah menginjak 33 tahun, dan ia bergabung ke United dengan status bebas transfer. Sama halnya dengan status Ibrahimovic yang juga pindah dari Paris ke Manchester empat tahun lalu. Bahkan di usia yang hampir sama dengan Cavani saat ini, Ibra berhasil mencetak 28 gol di semua kompetisi pada musim debutnya di bawah Jose Mourinho.

Di satu sisi, mantan pemain Napoli itu baru bisa melakukan debutnya ketika United melawan PSG di Liga Champions pada 20 Oktober mendatang. Itu dikarenakan sebelumnya ia absen dalam pertandingan melawan Newcastle lantaran harus mengisolasi diri dari COVID-19 setelah kedatangannya ke Inggris.

Diego Forlan, yang pernah bermain bersama Cavani untuk tim nasional Uruguay, sangat yakin bahwa mantan rekan setimnya itu bisa meniru Ibrahimovic. Alasannya sangat simpel, bagi Forlan, Cavani memiliki kemampuan yang tidak menurun seiring bertambahnya usia.

“Edinson masih berstatus sebagai pemain hebat. Edinson masih mampu menunjukkan yang terbaik. Saya belum melihat adanya penurunan dalam dirinya. Saya pikir dia adalah rekrutan terbaik untuk United, sama seperti Zlatan. Dia tipe pemain yang sama seperti itu,” ungkap Forlan.

“Dia akan memimpin tim United dengan memberi contoh, dengan cara dia berlatih, dan dengan cara dia bermain. Dia akan memberi pengaruh positif bagi para pemain muda. Dia adalah pemenang yang memenangkan banyak trofi, dan dia pencetak gol di mana pun dia berada. Dia kuat dan fisiknya akan baik-baik saja untuk sepakbola Inggris. Dia cepat, dan dia sangat termotivasi.”

Seperti Diego Forlan, banyak yang berharap Edinson Cavani akan meneruskan apa yang pernah ia pelajari selama kariernya kepada penyerang muda United. Terutama kepada pemain seperti Mason Greenwood.

Comments

Loading...