OUR NETWORK

Cedera Marcus Rashford dan Pilihan Sulit yang Harus Dipilih Solskjaer

Kabar buruk tampaknya belum mau pergi dari Manchester United. Beberapa hari sebelumnya, mereka kemungkinan besar tidak akan merekrut Bruno Fernandes. Akhir pekan kemarin, mereka dikalahkan oleh rival abadinya, Liverpool, dengan skor 2-0. Satu hari setelahnya, kiper kedua mereka yaitu Sergio Romero mengalami kecelakaan saat menuju tempat latihan. Keadaan semakin mempersulit mereka ketika mengetahui kalau Marcus Rashford akan absen dalam waktu yang sangat panjang.

Dibandingkan berita yang lain, kehilangan Rashford menjadi berita yang membuat penggemar Manchester United di seluruh dunia terpukul. Soal Bruno bisa cepat dilupakan, begitu juga dengan hasil laga kemarin melawan Liverpool. Sedangkan Sergio Romero tampak tidak mengalami cedera apa pun. Namun kehilangan Rashford sudah pasti memberikan kerugian bagi perjalanan mereka pada musim ini.

Di tengah-tengah pertandingan Liverpool melawan United, Henry Winter, jurnalis Telegraph, melaporkan kalau Rashford berpotensi absen selama dua sampai tiga bulan karena cedera punggung yang ia derita. Menurut Henry, masalah di punggung Rashford ternyata jauh lebih serius. Tidak hanya itu, ditemukan juga masalah pada pergelangan kakinya yang membutuhkan penanganan sehingga durasi istirahatnya menjadi sangat lama.

Di sisi lain, Manchester Evening News melaporkan kalau Rashford kemungkinan absen beberapa bulan saja dan tidak mencantumkan durasi segamblang yang dilakukan Henry. Sementara itu, Solskjaer menyebut kalau si nomor 10 ini hanya absen selama enam minggu saja.

Entah mana yang benar, namun Rashford sudah dipastikan beristirahat untuk jangka waktu yang lama dan melewatkan banyak pertandingan. Seandainya ia absen enam pekan seperti yang dikatakan Ole, maka ia akan melewatkan delapan pertandingan hingga akhir Februari nanti. Jika ia absen hingga April sesuai kabar dari Henry, maka ada sekitar 15 pertandingan yang akan dilewatkan Rashford.

Hal ini sudah pasti merugikan Manchester United karena bulan Februari hingga April adalah fase krusial bagi nasib mereka yang mengincar posisi empat dan meraih setidaknya satu piala pada akhir musim nanti. Bahkan jika ia benar absen hingga April, maka tidak hanya United saja yang kecewa melainkan juga timnas Inggris. Disertai dengan beberapa sesi pemulihan, ia mungkin tidak akan bermain lagi hingga musim 2019/2020 berakhir.

“Selama menjalani pemulihan, saya akan tetap terlibat dalam tim. Saya akan kembali jauh lebih bugar dari sebelumnya. Sampai jumpa lagi,” tutur Rashford dalam akun Twitter pribadinya.

Peran Rashford di atas lapangan memang sangat besar. Bahkan ia adalah tumpuan klub sepanjang musim ini jika tidak ingin disebut sebagai ketergantungan. Ada 24 gol yang sudah diberikan Rashford (19 gol dan 5 asis) di semua kompetisi dan menjadikannya sebagai top skor dan runner-up pemberi asis di antara seluruh pemain United lainnya.

Beli, Pinjam, Atau Promosi Pemain Akademi

Orang yang paling pusing dari cederanya Rashford sudah pasti adalah manajer United sendiri yaitu Ole Gunnar Solskjaer. Hilangnya Rashford maka membuat pilihan di sektor lini depan semakin menipis. Mengandalkan pemain muda di lini depan memberikan bumerang ketika pemain yang tersedia untuk bermain di lini depan hanya tersisa dua yaitu Anthony Martial dan Mason Greenwood.

Akan tetapi, kedua pemain ini masih mempunyai banyak masalah. Martial kurang konsisten dan sering menghilang ketika dibutuhkan. Hal serupa juga dialami Greenwood. Namun yang membedakan adalah Greenwood masih berusia sangat muda dan pemain muda rentan akan yang namanya tidak konsisten.

Dua pilihan lain yang bisa bermain mengisi posisi Rashford adalah Tahith Chong dan Angel Gomes. Akan tetapi, dua pemain ini juga belum memberikan penampilan yang bagus setiap diberi kesempatan bermain bersama tim utama. United juga tidak bisa memanggil kembali Alexis Sanchez karena di klausulnya tidak ada pemanggilan kembali.

Satu cara cepat untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan mencari penyerang baru. Sedikit nama yang santer dikabarkan bisa dilego pada Januari ini adalah Edinson Cavani dan Krzysztof Piatek. Sayangnya, kedua pemain ini tidak tampil bagus sebelum Januari ini. Cavani sudah lima kali mengalami cedera yang berbeda dalam tempo lima bulan, sedangkan penampilan Piatek menurun drastis pada musim ini bersama AC Milan.

Keduanya juga sebelumnya tidak pernah diberitakan masuk dalam radar Setan Merah. Satu-satunya pemain yang pernah dikait-kaitkan dengan United dan kembali masuk ke pemberitaan pada Januari ini adalah striker Lyon, Moussa Dembele. Dibandingkan dengan Piatek dan Cavani, Dembele masih jauh lebih baik jika hanya mengacu kepada statistik. Namun Dembele diberitakan hanya bisa ditebus dengan harga 43 juta pounds. Apakah angka ini bisa diterima kubu United mengingat mereka kini mulai perhitungan dalam belanja pemain.

Sedikitnya pilihan yang dimiliki membuat Solskjaer mengindikasikan kalau ia kemungkinan hanya akan meminjam pemain alih-alih membeli. Inilah cara yang dipakai Sir Alex Ferguson ketika ia meminjam Henrik Larsson pada Januari setelah lini depannya krisis karena cedera. Sosok Paco Alcacer disebut-sebut siap dipinjamkan ke Manchester. Akan tetapi, sosok Paco tampak tidak masuk kriteria sebagai pemain yang “tepat”. Membeli dan meminjam juga tidak akan berhasil jika pemain yang tersedia tidak sesuai dengan harapan dan durasi waktu transfer yang sudah terlalu mepet yaitu sebelas hari.

“Ini situasi yang sangat disayangkan. Mungkin kami akan belanja, karena jendela transfer masih terbuka, dan kami mungkin melihat solusi jangka pendek yang bisa membawa kami hingga musim panas,” kata Ole.

Jurnalis Manchester Evening News, Samuel Luckhurst, menyebut kalau Solskjaer sudah menyiapkan Largie Ramazani sebagai alternatif pengganti Marcus Rashford. Namun Ramazani masih berusia 18 tahun dan berat rasanya memberikan beban tinggi kepada pemain yang bahkan sejak awal musim tidak dipersiapkan untuk bermain di tim utama.

Apa pun yang dipilih Solskjaer nantinya, yang pasti ia saat ini berada dalam kondisi yang sulit untuk membuat pilihan. Namun menimbang durasi bursa transfer yang terbilang sangat sempit, maka kemungkinan besar The Baby Faced Assasin hanya akan mengandalkan Martial dan Greenwood sampai Rashford bisa kembali bermain lagi.

Comments

Loading...