in

Catatan dari Kemenangan 3-0 Manchester United atas FC Basel

Jose Mourinho membuat enam perubahan dalam skuat yang ditahan imbang Stoke City di laga melawan FC Basel. Salah satu yang menarik adalah masuknya Ashley Young yang ditempatkan di sisi kanan pertahanan The Red Devils.

Young sendiri tampil untuk pertama kalinya di tim senior setelah hampir lima bulan beristirahat karena pemulihan cedera hamstring yang ia derita. Dalam pertandingan tersebut, Young tampil cukup bagus dengan memberikan satu asis buat Marouane Fellaini.

“Kemenangan ini amat penting, terutama kami bermain di kandang dan tahu seperti apa semestinya kami bermain di Liga Champions. Anda perlu mendapatkan poin di kandang dan kami melakukannya dengan gol cepat dan bisa melakukan itu,” kata Young.

“Sekali waktu kami merasa frustrasi dan kami terus memindahkan bola dan di babak kedua, gol demi gol mulai datang dan kami ada di atas angin.”

Soal asisnya pada Fellaini, Young berkomentar, “Anda tahu saat Fellaini masuk ke dalam kotak penalti, ia punya kesempatan yang bagus untuk mencetak angka. Aku hanya memastikan kalau aku mengirimkan umpan ke area yang tepat dan dia menanduknya menjadi gol.”

Dikritik Jose Mourinho

Meski menang 3-0 tapi kemenangan tersebut tetap dikritik oleh Jose Mourinho. Ia tak puas dengan para pemainnya yang menurunkan tempo setelah unggul dua gol. Hal ini bisa terlihat dari bagaimana Mourinho bergerak ke pinggir lapangan dengan memberikan instruksi langsung pada para pemainnya.

“Kami bermain cukup bagus sampai 2-0. Setelahnya kami seperti lupa cara bermain, lupa cara bernyanyi, kami berhenti bermain secara serius. Kami berhenti membuat keputusan yang benar di atas lapangan. Kami menempatkan diri kami dari masalah tapi (untungnya) mereka tak mencetak gol,” kata Mourinho.

Setelah gol tersebut, memang terlihat para pemain beberapa kali seperti kehilangan konsentrasi. Meski terus bermain menyerang, tapi United kerap kehilangan konsentrasi yang membuat Basel membuat beberapa peluang.

“Keputusan yang buruk, fantasy football, PlayStation football, trik, dan saat Anda berhenti bermain sebagai tim dan berhenti bermain secara serius, aku tak menyukainya dan Anda sedikit berjudi soal itu.

“Mungkin para pemain merasa pertandingan sudah berada di bawah kontrol mereka dengan menang 2-0, tapi sepakbola adalah sepakbola dan Anda harus menghormati lawan,” tegas Mourinho.

Saat ditanya apakah dirinya merasa tergganggu kalau timnya tak mencetak lebih banyak gol, Jose menjabarkan, “Aku tak tahu kalau selisih gol akan berpengaruh. Tiga poin adalah hal yang lebih penting. Aku hanya merasa kalau setelah unggul 2-0, ada keputusan yang salah. Kami salah penempatan posisi, kami kehilangan bentuk permainan, dan kehilangan terlalu banyak bola dalam situasi yang mudah. Aku pikir para pemain terlalu santai dan aku tak menyukainya.”

“Tapi, secara keseluruhan penampilan kami amat baik dan tiga poin amat penting buat kami.”

Selain soal hasil akhir, Mou juga mengomentari penampilan Romelu Lukaku yang mencetak gol kedua buat The Red Devils.

“Buat penyerang, gol itu amatlah penting. Penampilan seperti itu dianalisis dari mencetak gol atau tidak. Aku senang dengan penampilannya secara keseluruhan, mencetak gol maupun tidak, tapi kenyataannya itu bagus buat dia, bagus buat Rashford yang juga mencetak gol. Mencetak gol juga merupakan momen yang indah.”

Dengan kemenangan ini, United memuncaki klasemen sementara dengan tiga poin, unggul selish gol dari CSKA Moscow yang menang 2-1 atas tuan rumah Benfica.

Facebook Comments
Loading...