OUR NETWORK

Alasan Gareth Southgate Tak Masukkan Chris Smalling ke Timnas Inggris

Bos Inggris, Gareth Southgate, bersikeras jika ia tidak punya alasan untuk mengubah pilihannya dalam memilih bek tengah untuk memperkuat skuad Inggris di Piala Dunia Rusia nanti, dan itu berarti ia tidak akan memasukkan Chris Smalling ke dalam timnya.

Di samping itu, Smalling sendiri sampai saat ini belum tampil untuk Inggris sejak hasil imbang 2-2 dengan Skotlandia pada Juni tahun lalu. Ia dianggap kurang mempuni untuk skuat Inggris versi Southgate. Smalling pun dianggap lambat, dan hal ini yang pula membuat Southgate menilai bahwa bek Manchester United tersebut kurang memiliki kemampuan yang cukup pada bola untuk memainkan skema tiga bek di atas lapangan.

Gareth Southgate sudah resmi memilih Harry Maguire, John Stones, Phil Jones, dan Gary Cahill sebagai bek tengah pilihannya, dengan Kyle Walker (yang secara alamiah berposisi sebagai fullback) yang juga dituntut untuk bermain di dalam posisi tersebut. Berbicara pada konferensi pers Kamis lalu (17/05), Southgate mencatat bahwa, meski ia sebenarnya mengagumi Smalling, namun tidak ada alasan baginya untuk membuat perubahan apa pun di dalam skuad pilihannya.

“Dia (Smalling) bermain bagus untuk Manchester United. Tapi itu tidak berarti apa-apa, karena saya sudah membuat keputusan resmi pada bulan November tahun lalu, dan tim pun sudah memiliki hasil baik dengan cleansheet saat melawan Jerman dan Brasil,” pungkas Gareth Southgate.

“Kami kemudian bermain melawan Italia dan Belanda. Dan di empat pertandingan itu kami hanya kebobolan satu gol, jadi saya tidak melihat alasan untuk mengubah taktik dan meracik kembali komposisi pemain bertahan yang sudah saya pilih. Saya dan tim sudah menemukan skema yang cocok untuk Piala Dunia nanti.”

“Walaupun begitu, Chris adalah pria yang sangat saya hormati, tapi saya pikir saya sudah membuat keputusan itu sejak bulan November tahn lalu, dan sekali lagi saya tidak melihat alasan untuk mengubah pemikiran tentang itu.”

Chris Smalling sendiri adalah satu-satunya bek sentral yang kurang lebih terus bermain di lini belakang United di bawah Jose Mourinho musim ini. Pria asal Inggris itu bisa dibilang telah menjadi bek yang mencatatkan rekor pertahanan terbaik di Premier League, dan bahkan disebut pula sebagai salah satu bek terbaik Eropa di musim 2017/2018.

Dan jika melihat fakta tersebut, Smalling sebenarnya memiliki hak untuk merasa kecewa dengan absennya ia di Piala Dunia, terutama setelah serangkaian penampilan bagus yang dimulai setelah babak pertama yang menyedihkan kala melawan Manchester City pada April lalu. Namun apa daya, di saat yang sama, Gareth Southgate memiliki pandangan yang berbeda dari fakta yang ada. Karena Southgate lebih melihat seorang bek yang memiliki tingkat kendali dan kecerdasan dalam mengolah bola, yang mungkin itu semua tidak dimiliki oleh Smalling.

 

Sumber: The Peoples Person

Comments