OUR NETWORK

Ada Teknologi Baru Jelang Laga Manchester United vs Liverpool

Pertandingan antara Manchester United vs Liverpool, Minggu (15/1) malam ini dipastikan tak boleh terlewatkan. Lantaran, selain menyajikan dua tim besar Liga Primer beradu kebolehan, terdapat pula teknologi kamera baru yang diperkenalkan.

Nama teknologi tersebut adalah Spidercam. Dilansir dari dailymail, kamera tersebut akan dipakai usai mendapat izin dari dewan Liga Primer setelah menimbang-nimbang struktur Stadion Old Trafford.

Spidercam adalah sebuah sistem yang membuat kamera bisa bergerak secara vertikal dan horizontal ke daerah yang diinginkan. Biasanya di lapangan yang menggelar pertandingan olahraga, seperti kriket, sepakbola, atau tenis.

Lebih lanjut lagi, dikatakan bahwa bagi direktur pertandingan, adanya Spidercam bagai mimpi yang terwujud. Karena kamera tersebut memperbolehkan mereka untuk mengekspos momen-momen close-up di tengah pertandingan. Di mana sebelumnya, gambar-gambar close up yang digunakan adalah misal gambar pelatih sedang memberikan instruksi.

Dengan segala kemampuannya kamera ini ternyata memiliki beban yang ringan, yaitu 25 kg. Selain ringan Spidercam mampu bergerak dengan kecepatan maksimum 36 km/jam.

Kamera yang akan memberikan gambaran seperti mata burung ini sebenarnya bukan yang pertama kali digunakan dalam sepakbola. Kompetisi Champions League dan World Cup sudah lebih dulu menggunakannya.

Pada laga nanti, Spidercam akan menggantung di tengah-tengah Stadion Old Trafford menggunakan empat kabel sebagai penyangga. Empat kabel tersebut dipasang ke setiap sudut stadion dan kamera akan digerakkan oleh operator sesuai dengan pergerakan permainan di lapangan. Kamera yang mempunyai nama lain skycam ini akan menggantung 10-40 meter di atas lapangan.

Setelah mendapat izin dari dewan pada Senin lalu, teknologi ini akan menjadi komponen penting siaran Liga Primer di Sky Sport (salah satu pemegang hak siar Liga Primer di Inggris). Dengan hadirnya teknologi ini, diharapkan akan memperkaya analisis para komentator di Sky Sport pada laga Minggu nanti, yaitu Jamie Carragher, Thierry Henry, Graeme Souness, Gary Neville, dan Jamie Redknapp.

Terkait hadirnya Spidercam pada laga Minggu nanti, Direktur Bagian Sepakbola Sky Sports, Gary Hughes mengatakan bahwa Manchester United vs Liverpool adalah laga yang paling tepat untuk perkenalan.

“Laga tersebut adalah salah satu laga terbesar dalam dunia sepakbola. Oleh karena itu kami bertujuan untuk membawa penonton lebih dekat ke dalam pertandingan, yang mana kemampuan tersebut dimiliki spidercam,” kata Hughes pada Dailymail Rabu kemarin.

Sehingga penonton bisa melihat dengan lebih dekat momen-momen seperti pengambilan tendangan sudut, tendangan bebas, hingga penalti.

Teknologi ini selain digunakan dalam pertandingan sepakbola, sudah juga digunakan olahraga kriket dan American Football. Meski dalam pertandingan kriket pernah terjadi sejumlah kecelakaan. Salah satunya, kamera Spidercam yang kena bola hasil pukulan pemain kriket India, Virat Kohli tahun lalu.

Namun, pihak Sky sebagai penanggung jawab yakin bahwa adanya Spidercam pada laga Minggu nanti tidak akan mengganggu jalannya pertandingan. Karena kamera akan ditarik ke daerah tertinggi stadion ketika goal kick berlangsung.

Laga antara Manchester United vs Liverpool akan berlangsung pada hari Minggu (15/1) pukul 11 malam WIB. Dengan adanya teknologi kamera yang baru, semoga jalannya pertandingan akan semakin seru dan tentunya membantu kemenangan United. Kita tunggu!

Sumber : dailymail.co.uk dan cricbuzz.com

Comments

Loading...