Ada kabar mengejutkan yang datang dari Alexis Sanchez, di mana ia tidak bersama skuad Manchester United saat mereka melakukan perjalanan untuk tur pra musim, dan dikabarkan bahwa diperkirakan ia akan absen selama tur pra-musim kali ini.

Persiapan Alexis Sanchez untuk memulai musim baru sepertinya telah jatuh ke dalam ketidakpastian setelah ‘masalah administratif pribadi’ mencegahnya bepergian dengan skuad Manchester United ke Amerika Serikat. Oleh karena itu United akan terbang ke Los Angeles untuk tur pra-musim selama dua setengah minggu tanpa Sanchez. Namanya juga absen dari daftar check-in di Bandara Manchester.

Pria 29 tahun itu telah kembali ke Manchester dengan pengacaranya pada Selasa pekan lalu, dan langsung pergi ke markas pelatihan United di Carrington pada hari Rabunya. Sanchez juga telah berlatih untuk sisa minggu ini, dan meski tidak bisa ikut tur, ia tetap merasa optimis dengan postingan yang ia upload di halaman Instagram-nya pada Senin sore (17/7).

Sumber-sumber yang datang dari klub berjuluk Setan Merah itu mengatakan jika tim turnya masih berharap Sanchez akan berhubungan dan langsung pergi ke Amerika. Hal tersebut sepertinya bukan tanpa alasan. Pasalnya, absennya Sanchez adalah hanya karena masalah visa, dan solusi untuk memecahkan persoalan ini masih bisa dipertimbangkan.

Di sisi lain, masalah visa Sanchez berawal dari ancaman hukuman penjara 16 bulan karena penipuan pajak selama masih sebagai pemain Barcelona. Striker Cile itu dituduh telah menipu keuangan Spanyol sebesar satu juta euro, dan juga dituduh menyembunyikan pendapatan hak pajak dikisaran antara tahun 2012 dan 2013.

Sanchez lalu diberi dua hukuman delapan bulan, tetapi akhirnya ia terhindar dari penjara, dan durasi hukumannya dikurangi menjadi kurang dari dua tahun. United sebelumnya mengalami persoalan yang sama ketika Marcos Rojo tidak dapat masuk ke Amerika Serikat untuk tur pra-musim klub karena masalah admnistrasi pada 2015. Pemain internasional Argentina dicegah saat ingin naik pesawat ke San Jose di California karena ia gagal memperbarui paspor dan visa.

Terlepas dari semua itu, Alexis Sanchez akhirnya bisa menikmati libur musim panas pertama sejak 2013, setelah mewakili Cile di Piala Dunia, dua Copa America, dan Piala Konfederasi dalam beberapa tahun terakhir. United pun berharap bahwa pra-musim kali ini menjadi waktu yang tepat untuk menyegarkan Sanchez, yang belum tampil maksimal setelah kedatangannya ke Old Trafford pada Januari lalu dari Arsenal.

Meskipun begitu, ketidakhadiran Sanchez tidak terlalu berpengaruh banyak untuk tur pra-musim Manchester United, yang akan bermain melawan Club America di Phoenix, Arizona pada hari Kamis nanti (19/7). Pasalnya, ketidakhadiran Sanchez tampak seperti kesempatan berharga bagi sejumlah pemain muda seperti RoShaun Williams, Ethan Hamilton, James Garner, Tahith Chong, Joshua Bohui dan Mason Greenwood, guna menunjukkan tajinya.

 

Sumber: Manchester Evening News, The Guardian