OUR NETWORK

Siapa yang Akan Terdegradasi dari Premier League?

Sekilas, persaingan di papan Premier League sudah mendekati kata akhir. City sudah ditetapkan menjadi juara sejak pertengahan April lalu. Selain itu, kesebelasan yang finis di posisi empat besar pun tampak akan diisi Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Liverpool. Jatah lolos ke Europa League pun tampak akan dipegang Chelsea, Arsenal, dan Burnley.

Persaingan di Zona Degradasi

Meski papan atas sudah tidak menunjukkan persaingan yang menarik, lain halnya dengan perebutan untuk menghindari zona degradasi. Jelang Gameweek (GW) ke-37 akhir pekan nanti, belum ada satupun kesebelasan yang dipastikan turun divisi. Bahkan, masih ada tujuh tim yang berpeluang untuk menempati tiga terbawah di akhir musim nanti.

Peluang West Bromwich Albion untuk lolos dari degradasi terbilang sangat kecil. Selain berada di posisi terbawah, mereka juga hanya menyisakan dua pertandingan. Meski begitu, Baggies masih bisa lolos apabila secara ajaib mereka menang di sisa dua gim tersebut melawan Spurs (H) dan Crystal Palace (A) dengan syarat Swansea (posisi 17) takluk di tiga laga sisa.

Situasi serupa juga dirasakan Stoke City (peringkat ke-19). Dengan 30 poin yang dimiliki, mereka juga hanya menyisakan dua pertandingan. Akan tetapi, pertandingan mereka di pekan terakhir melawan Swansea berpeluang menjadi laga yang sangat menarik. Jika Stoke berhasil mengalahkan Crystal Palace sementara di tempat lain Swansea gagal menang dalam dua pertandingan, maka laga keduanya pada pekan pamungkas akan terasa seperti laga perebutan gelar juara.

Akan tetapi, situasi tersebut baru akan terjadi tergantung dari hasil yang didapat Southampton (posisi ke-18). Sama seperti Swansea, Soton juga masih mengantungi tiga laga sisa. Menariknya, baik Soton maupun Swansea akan saling bertemu pada tengah Minggu nanti. The Saints arahan Mark Hughes tentu akan berusaha mati-matian bertahan di Liga Primer meski di dua laga lain mereka menghadapi kesebelasan kuat macam Everton dan Manchester City.

Jadwal yang tidak menguntungkan juga mendera tiga kesebelasan yang secara posisi terbilang aman dari relegasi yaitu Brighton (posisi 14), West Ham United (peringkat 15), dan Huddersfield (peringkat 16). Selisih poin yang masih bisa terkejar membuat mereka harus waspada untuk terus mengumpulkan kemenangan.

Brighton misalnya, mereka secara matematis hanya butuh tiga poin lagi untuk mencapai angka minimal selamat dari degradasi yaitu 40 poin. Akan tetapi, jadwal mereka terbilang sangat merugikan. Dalam tiga laga sisa, mereka harus bertemu Manchester United, Manchester City, dan Liverpool. Dua laga terakhir bahkan harus dimainkan di kandang lawan. Si Burung Camar berpotensi akan mati-matian ketika bertemu United Sabtu dini hari nanti.

Situasi serupa juga diterima Huddersfield Town. Mereka hanya berselisih tiga angka saja dari Southampton yang berada di batas akhir zona degradasi. Akan tetapi, jadwal mereka juga tidak kalah mengerikan. Skuat asuhan David Wagner akan bertemu Manchester City, Chelsea, dan Arsenal. Hanya laga terakhir yang dimainkan di kandang sendiri.

David Moyes tentu tidak ingin kembali terdegradasi untuk kedua kalinya secara beruntun. Maka dari itu, mereka harus meraih dua kemenangan dari tiga laga sisa mereka. Akan tetapi, lawan-lawan yang dihadapi pun tergolong lawan yang di atas kertas berada setingkat lebih baik dibanding mereka yaitu Leicester City, Manchester United, dan Everton.

Posisi Klub Poin Selisih Gol

Laga Sisa

14 Brighton 37 -15 Man United (H), Man City (A), Liverpool (A)
15 West Ham United 35 -24 Leicester (A), Man United (H), Everton (H)
16 Huddersfield 35 -29 Man City (A), Chelsea (A), Arsenal (H)
17 Swansea City 33 -25 Bournemouth (A), Southampton (H), Stoke (H)
18 Southampton 32 -19 Everton (A), Swansea (A), Man City (H)
19 Stoke City 30 -33 Crystal Palace (H), Swansea (A)
20 West Brom 28 -24 Tottenham Hotspur (H), Crystal Palace (A)

 

Comments

Loading...