OUR NETWORK

Lima Catatan Menarik dari Pekan Terakhir Premier League 2017/2018

Selesai sudah kompetisi Premier League musim 2017/2018. Sejak peluit pertama dibunyikan dalam laga Arsenal melawan Leicester City, total musim ini menghasilkan 1.018 gol dari 380 pertandingan atau 2,68 gol per laga. Kompetisi pun diakhiri dengan keluarnya Manchester City sebagai juara dengan raihan 100 poin.

Tiga klub lain yaitu Manchester United, Tottenham Hotspur, dan Liverpool, memastikan diri finis di posisi empat besar. Sementara juara bertahan musim lalu, Chelsea, harus puas bermain di Europa League musim depan. Tidak lupa kita ucapkan selamat tinggal bagi para kesebelasan yang turun divisi yaitu Swansea City, Stoke City, dan West Bromwich Albion.

Tidak hanya itu, Premier League musim ini juga menghasilkan beberapa catatan penting. Selain banyaknya rekor bermunculan, musim ini juga menjadi musim terakhir bagi beberapa para pemainnya. Lantas, apa saja catatan menarik dari Premier League musim ini?

Banyaknya Rekor yang Bermunculan

Tidak bisa dibantah bahwa Manchester City benar-benar superior musim ini. Mereka berhasil menjadi juara kompetisi dengan membawa segudang rekor yang berhasil dipecahkan. Rekor tersebuat diantaranya adalah jumlah poin terbanyak semusim (100), jumlah kemenangan (32), jumlah kemenangan tandang (16), kemenangan beruntun (18), gol terbanyak semusim (106), selisih gol (+79), serta selisih antara peringkat pertama dengan peringkat kedua (19 poin).

Tidak hanya City, rekor juga berhasil dibuat oleh striker Liverpool, Mohamed Salah. Satu gol nya ke gawang Brighton membuat ia memecahkan rekor top skor terbanyak dalam satu musim (format 20 kesebelasan) dengan 32 gol. Catatan ini mengalahkan gol Alan Shearer, Cristiano Ronaldo, dan Luis Suarez yang sanggup membuat 31 gol. Mantan striker United yaitu Andy Cole sebenarnya punya jumlah gol yang lebih banyak daripada Salah yaitu 34 gol pada musim 1993/1994. Akan tetapi, saat itu format liga masih menggunakan 22 tim.

Perpisahan Lima Insan Premier League

Premier League musim 2017/2018 juga menjadi musim terakhir bagi lima pemain yaitu Robert Huth, Per Mertesacker, Michael Carrick, serta duo Swansea Angel Rangel dan Leon Britton. Dari kelima nama tersebut, tiga di antaranya memutuskan pensiun kecuali Angel Rangel dan Robeth Huth.

Sementara itu, musim ini menjadi akhir dari 21 tahun karier Arsene Wenger. Kemenangan atas Huddersfield menjadi raihan ke 476 dari 828 pertandingan yang sudah dijalani. Tiga gelar Premier League, tujuh Piala FA, dan tujuh Community Shield adalah gelar yang bisa diraih Wenger semasa menangani Meriam London.

Dua Pemain Mencetak 30 Gol

Selain Mohamed Salah yang menjadi top skor, catatan 30 gol juga berhasil dibuat striker Tottenham Hotspur, Harry Kane. Kane menambah dua gol dalam kemenangan dramatis Spurs atas Leicester yang berakhir 5-4. Inilah kali pertama dalam satu musim terdapat dua pemain yang bisa mencetak 30 gol atau lebih sejak duo Alan Shearer dan Andy Cole melakukannya pada musim 1993/1994.

Bertahannya Tiga Klub Promosi

Catatan spesial juga ditorehkan oleh tiga klub promosi yaitu Brighton, Newcastle United, dan Huddersfield Town. Mereka semua berhasil bertahan sekaligus menyingkirkan tiga klub yang sebenarnya telah bertahan di Premier League untuk waktu yang lama. Tercatat hanya tiga musim saja dimana tiga tim promosi berhasil lolos dari degradasi pada musim pertama. Sebelumnya, kejadian tersebut pernah terjadi pada musim 2001/2002 (Fulham, Blackburn Rovers, dan Bolton Wanderers) dan 2011/2012 (Swansea City, QPR, dan Norwich City).

Enam Klub, 1000 pertandingan

Pekan terakhir musim 2017/2018 menjadi pekan yang spesial bagi enam klub yaitu Manchester United, Arsenal, Chelsea, Liverpool, Tottenham Hotspur, dan Everton. Pekan lalu, mereka semua menjalani pertandingan ke 1000 di Premier League. Sejak 1992/1993 hanya enam klub ini saja yang tidak pernah turun divisi.

Sayangnya, hanya Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Tottenham saja yang berhasil mengakhiri partai ke-1000 nya dengan kemenangan. Sebaliknya, Chelsea dan Everton harus tumbang oleh lawan-lawannya dengan skor telak. Chelsea takluk dari Newcastle United 0-3, sementara Everton dikalahkan West Ham United dengan skor 3-1.

Comments