OUR NETWORK

5 Kiper yang Pernah Mencetak Gol di Premier League

Penjaga gawang memiliki tugas utama untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan oleh pemain lawan. Tapi, bukan berarti para kiper tersebut tak bisa pula ikut membobol gawang lawan.

Buktinya, sepanjang sejarah sepakbola dunia, ada beberapa penjaga gawang yang tercatat pernah mencetak gol fenomenal. Bahkan, di kompetisi seketat Premier League Inggris pun juga ada kiper yang pernah menggetarkan jala gawang lawannya. Berikut lima kiper yang pernah mencetak gol di Premier League.

  1. Peter Schmeichel (Aston Villa, 2001/2002)

Kiper legendaris Manchester United periode 1991-1999 ini punya koleksi 11 gol di ajang kompetitif, termasuk satu gol bersama tim nasional Denmark; meski tidak pernah mencetak gol untuk The Red Devils. Gol terakhirnyalah yang terjadi di Premier League, saat bermain bersama Aston Villa musim 2001/2002. Ketika itu, Peter Schmeichel tampil di laga tandang ke markas Everton, 20 Oktober 2001.

Pada menit terakhir babak kedua, dia pun maju ke depan ketika klubnya mendapat sepak pojok. Lalu terjadilah kemelut, dan bola sampai pada Schmeichel yang berdiri di tiang jauh. Tanpa perlu kontrol, sang kiper langsung menyambarnya dengan sepakan voli, dan terciptalah gol pertama yang dicetak seorang kiper di Premier League. Sayang, gol itu hanya mampu memperkecil ketertinggalan jadi 2-3.

  1. Brad Friedel (Blackburn Rovers, 2003/2004)

21 Februari 2004 jadi hari paling bersejarah bagi Brad Friedel. Pasalnya, di hari itu kiper legendaris Amerika Serikat tersebut sukses menciptakan satu-satunya gol dalam karier profesionalnya selama 21 tahun. Gol itu tercatat saat dia membela Blackburn Rovers menghadapi tim tuan rumah Charlton Athletic di The Valley Stadium, musim 2003/2004. Ketika itu, timnya tertinggal 1-2 dari sang lawan.

Rovers mendapat sepak pojok, dan Friedel maju membantu lini depan. Bola memang tak mengarah padanya, melainkan ke tiang jauh. Namun, rekan yang mendapat bola mengirimnya ke tengah kotak penalti, dan mendarat di kaki Friedel. Tanpa menunggu lama, sang kiper langsung memasukkan bola ke gawang Charlton. Sayang, meski menyamakan kedudukan, Rovers tetap kalah 2-3 di akhir laga.

  1. Paul Robinson (Tottenham Hotspur, 2006/2007)

Penjaga gawang tim nasional Inggris pun turut berpartisipasi mencetak gol di kompetisi negaranya sendiri. Adalah Paul Robinson, yang melakukannya ketika membela Tottenham Hotspur dalam laga menjamu Watford FC di musim 2006/2007. Meski lebih dikenal sebagai kiper yang sering melakukan blunder, namun dia pun juga bisa mencetak gol, dan hebatnya gol itu tercipta dari jarak 87 meter.

Pada laga di White Hart Lane, 17 Maret 2007 itu, Tottenham mendapat pelanggaran di sisi kiri area pertahanan mereka. Robinson maju untuk mengeksekusi bola mati tersebut. Dia menendang bola sekuat tenaga ke depan hingga sampai di kotak penalti lawan. Menariknya, bola sempat memantul ke tanah, dan malah mengelabui kiper Watford, Ben Foster. Di akhir laga, mereka pun menang 3-1.

  1. Tim Howard (Everton, 2011/2012)

Junior Friedel di tim nasional Amerika Serikat, Tim Howard melanjutkan sejarah sang senior dengan mencetak gol di Premier League musim 2011/2012. Kiper yang pernah membela tim Setan Merah periode 2003-2007 dan kini masih aktif di kompetisi Major League Soccer (MLS) meskipun sudah 38 tahun tersebut ketika itu bermain untuk Everton yang menjamu Bolton Wanderers, 4 Januari 2012.

Howard mendapat back-pass dari rekannya, dan menendangnya dengan keras ke depan untuk para striker. Namun, bola hasil tendangannya itu malah meluncur ke gawang Bolton, setelah memantul dua kali dan mengelabui kiper Adam Bogdan. Meskipun tetap kalah 1-2, tapi gol itu jadi satu-satunya bagi Howard, dan yang kedua kalinya tercipta oleh kiper di Goodison Park setelah gol Schemeichel.

  1. Asmir Begovic (Stoke City, 2013/2014)

Asmir Begovic yang kini berusia 30 tahun masih aktif di Premier League membela AFC Bournemouth sejak direkrut dari Chelsea awal musim 2017/2018. Sebelumnya, saat bersama Stoke City era 2010-2015 setelah memulai karier di Potrsmouth dari 2005, rupanya kiper tim nasional Bosnia itu pernah mencatat sejarah dengan mencetak gol. Saat itu, 2 November 2013, mereka menjamu Southampton.

Laga baru berjalan 13 detik, Begovic yang menerima bola di kotak penalti langsung menendangnya ke depan. Ternyata, bola sampai di gawang lawan, sempat memantul hingga mengelabui kiper Artur Boruc. Meski laga berakhir 1-1, namun Begovic mencatat gol tercepat yang pernah diciptakan kiper di ajang Premier League, dan gol terjauh sepanjang sejarah sepakbola; yakni dari jarak 91,9 meter.

Comments