OUR NETWORK

25 Momen Menarik Premier League (Bagian III)

Ini merupakan bagian ketiga dari 25 momen menarik yang pernah tejadi di kompetisi Premier League. Kali ini penulis memberikan pembaca beberapa momen yang berada di urutan ke-13 hingga posisi ketujuh. Ada yang berkaitan tentang sikutan, perayaan gol kontroversial, hingga Si Bengal yang tiba-tiba bisa menjadi baik.

  1. Insiden Gigitan Luis Suarez pada Ivanovic (2013)

Sedang tertinggal 1-2, Liverpool mencoba terus menyerang untuk memaksakan hasil imbang. Akan tetapi, Branislav Ivanovic yang berada di kotak penalti tiba-tiba terjatuh sambil memegangi lengannya pasca menjaga Luis Suarez.

Wasit tidak mengetahui hal tersebut sampai akhirnya pada tayangan ulang, terlihat Suarez menancapkan giginya ke lengan pemain Serbia tersebut. Entah ada hubungannya atau tidak yang jelas beberapa menit setelah menggigit Ivanovic, Suarez mencetak gol penyama kedudukan. Striker asal Uruguay tersebut kemudian mendapatkan sanksi berupa larangan bermain dalam 10 laga.

  1. Perayaan Gol Nakal Robbie Fowler (1999)

Dalam Derby Merseyside musim 1998/1999, para pendukung Everton ketika itu mengejek salah satu striker Liverpool, Robbie Fowler. Ejekan tersebut diberikan karena striker Inggris tersebut dikabarkan terlibat dalam skandal penjualan obat-obatan terlarang.

Fowler kemudian membalasnnya dengan cara yang sedikit nyeleneh. Sesaat setelah mencetak gol penyeimbang, Fowler tiba-tiba berlari ke tepi garis gawang dan membungkuk sembari mengarahkan hidungnya seolah-olah sedang menghirup kokain.

Sontak selebrasi ini membuat fans Si Biru terprovokasi. Melihat kejadian itu, FA kemudian menghukum Fowler dengan larangan tampil di empat pertandingan dan denda 32 ribu pounds.

  1. Ben Thatcher si Tukang Jagal (2006)

Gambar Ilustrasi. Bukan saat Ben menyikut Pedro Mendes.

Sikutan Marouane Fellaini belum ada apa-apanya jika dibandingkan dengan Ben Thatcher. Dalam laga Manchester City melawan Portsmouth, Thatcher ketika itu mengejar bola ke sisi kiri lapangan hasil sepakan pojok pemain City. Akan tetapi Thatcher tidak sendirian karena ia juga diikuti oleh pemain Portsmouth, Pedro Mendes.

Saling melakukan sprint, Mendes memenangi bola tersebut dan membuangnya. Akan tetapi sesaat setelah menendang bola, Mendes mendapat sikutan telak di wajahnya. Sikutan tersebut membuat Mendes sempat tidak sadarkan diri dan harus dibawa ke rumah sakit sementara Thatcher hanya mendapat kartu kuning.

Atas aksinya ini, Thatcher pun mendapat hukuman yang terbilang berat. Selama enam minggu ia tidak menerima gaji dari City sekaligus mendapat larangan enam pertandingan. Sementara FA menghukum Thatcher dengan skorsing 15 pertandingan.

  1. 40 Detik Steven Gerrard (2015)

Di musim terakhirnya bersama Liverpool, Stevie G bersiap untuk menjalani laga klasik terakhirnya menghadapi Manchester United di Stadion Anfield. Sayangnya Gerrard menutupnya dengan cara yang menyakitkan.

Masuk menggantikan Adam Lallana di awal babak kedua, Gerrard hanya bertahan selama 40 detik sebelum ia mendapatkan kartu merah karena menginjak Ander Herrera. Ia keluar lapangan setelah hanya membuat enam sentuhan dan lima kali melakukan passing sebelum Martin Atkinson mengusirnya. Gerrard harus bertanggung jawab mengingat di akhir laga timnya kalah 1-2.

  1. Arena Tinju Lee Bowyer dan Kieron Dyer (2005)

Laga Newcastle United melawan Aston Villa menyuguhkan momen yang mungkin jarang sekali terjadi. Tertinggal tiga gol dari Villa dan bermain dengan 10 orang membuat dua pemain Newcastle, Lee Bowyer dan Kieron Dyer terlibat baku hantam.

Bowyer kala itu tidak terima karena Dyer tidak pernah mengumpan bola kepadanya, Dyer yang tidak terima kemudian menantang Bowyer hingga keduanya saling melayangkan pukulan. Wasit pun mengkartu merah dua pemain ini. Keduanya juga mendapat sanksi dari FA berupa larangan bermain tiga laga bagi Dyer dan empat laga serta denda 200.000 pounds untuk Bowyer.

  1. Dua Sisi Paolo Di Canio (1998 dan 2001)

Paolo Di Canio lebih dikenal sebagai pemain yang bertemperamen tinggi. Dalam laga Sheffield Wednesday melawan Arsenal pada 1998, Paolo Di Canio mendorong wasit Paul Adcock karena merasa tidak terima dirinya dikartu merah.

Denda 10.000 pounds dan hukuman 11 pertandingan harus diterima pemain Italia tersebut. Akan tetapi tiga musim berselang, Di Canio yang memperkuat West Ham tiba-tiba melakukan sesuatu yang terbilang langka.

Dalam laga melawan Everton pada 2001, Di Canio yang menerima bola di depan kotak penalti tiba-tiba menangkap bola tersebut karena melihat sang penjaga gawang cedera. Kejadian itu sontak membuat FA mengganjarnya dengan gelar FIFA Fair Play Award pada 2002.

  1. Perseteruan Wayne Bridge dan John Terry (2010)

Skandal terbesar dalam dunia sepakbola. Karir legenda Chelsea, John Terry, tercoreng ketika ketahuan berselingkuh dengan mantan kekasih rekan setimnya di Chelsea, Wayne Bridge.

Kasus ini membuat nama skipper Chelsea ini tercoreng. Ia kehilangan jabatan kapten timnas Inggris dan beberapa kali sempat mendapat ejekan dari para penonton ketika bermain. Yang paling menyesakkan adalah ketika uluran tangan Terry tidak digubris oleh Bridge ketika mereka bertemu di Premier League tujuh tahun lalu.

Comments

Loading...