in

20 Fakta Manchester United di Pekan Pertama Premier League

Manchester United akan memulai langkahnya di kompetisi Premier League musim 2017/2018 dengan menghadapi West Ham United. Sepanjang sejarahnya, klub berjuluk The Red Devils ini memiliki catatan yang cukup baik ketika bertanding di pekan pertama Premier League. Berikut penulis tampilkan beberapa fakta menarik Manchester United di pekan perdana kompetisi yang sudah enam kali berganti nama tersebut.

  1. Dalam 25 pertandingan di pekan perdana (sejak 1992/1993), Manchester United mencatatkan 16 kali kemenangan, 4 seri, dan 5 kali kalah. Selain itu, United mencetak 47 gol di pekan perdana dan hanya 19 kali kebobolan.

 

  1. United sangat tangguh ketika menjadi tuan rumah di pekan perdana. Dari 13 laga yang sudah dijalani di Teater Impian, mereka sembilan kali meraih kemenangan, tiga kali seri, dan hanya sekali kalah.

 

  1. Musim 2017/2018 akan menjadi musim yang pertama bagi Manchester United menghadapi West Ham di pekan pertama Premier League.

 

  1. Selain itu, The Hammers (julukan West Ham) menjadi tim London keenam yang pernah dihadapi United di pekan perdana kompetisi sekaligus menjadikan London sebagai kota terbanyak yang klubnya pernah dihadapi United di pekan perdana liga Inggris. Sebelum West Ham ada Tottenham Hotspurs, Fulham, Chelsea, Wimbledon, dan Queens Park Rangers yang pernah dilawan United di pekan pertama.

 

  1. Dari keenam tim asal London tersebut, United hanya menderita satu kali kekalahan yaitu ketika melawan Chelsea di pekan pertama musim 2004/2005.

 

  1. Everton dan Newcastle United menjadi tim yang paling sering dihadapi Manchester United di pekan perdana Premier League yaitu tiga kali.

 

  1. Mark Hughes menjadi pemain pertama yang mencetak gol bagi United di pekan perdana Premier League ketika United takluk dari Sheffield United pada musim 1992/1993.

 

  1. Wayne Rooney menjadi pemain Manchester United yang paling sering mencetak gol di pekan perdana Premier League dengan catatan tujuh gol.

 

  1. Ryan Giggs dan David Beckham adalah pencetak gol terbanyak Setan Merah di pekan perdana Liga Inggris yang berasal dari akademi dengan jumlah empat gol.

 

  1. Sementara Danny Welbeck menjadi lulusan akademi terakhir yang bisa mencetak gol di pekan perdana liga ketika menghadapi Swansea pada 2013 lalu.

 

  1. Ada dua pemain yang langsung mencetak gol ketika melakukan debut di pekan pertama liga yaitu Ruud Van Nistelrooy (vs Fulham 2001) dan Zlatan Ibrahimovic (vs Bournemouth 2016).

 

  1. Dengan golnya ke gawang Bournemouth tersebut, Ibrahimovic sejauh ini menjadi satu-satunya pencetak gol United di pekan perdana liga yang direkrut secara gratis.

 

  1. Ramon Vega, Ian Pearce, Winston Reid, dan Kyle Walker, menjadi pemain yang mencetak gol bunuh diri ketika timnya bertanding menghadapi iblis merah di pekan pembuka Premier League.

 

  1. Sedangkan Rio Ferdinand dan Jaap Stam merupakan pemain United yang pernah mencetak gol bunuh diri ketika bermain di pekan perdana.

 

  1. Dwight Yorke (Trinidad Tobago) menjadi satu-satunya pemain United dari luar Eropa yang dapat mencetak gol di pekan pertama Premier League.

 

  1. Louis Saha (Fulham) dan Brian Deane (Sheffield United) adalah pemain yang paling banyak mencetak gol ke gawang United ketika bertanding di pekan pertama Premier League dengan jumlah dua gol.

 

  1. Ada tiga pemain yang dapat membobol gawang United di pekan pertama Premier League yang juga pernah atau masih berseragam United yaitu Louis Saha, Dwight Yorke, dan Marouane Fellaini.

 

  1. Tercatat empat pemain non Eropa yang pernah mencetak gol ke gawang United di pekan pertama liga yaitu Dwight Yorke, Obafemi Martins, Wilfried Bony, dan Ki Sung Yueng.

 

  1. Dengan golnya ke gawang United pada pekan pertama musim 2014/2015, Ki menjadi satu-satunya pemain Asia yang pernah mencetak gol ketika menghadapi Setan Merah.

 

  1. West Bromwich Albion (2002), Birmingham City (2009), dan Newcastle United (2010) merupakan lawan yang pernah dihadapi United di pekan pertama kompetisi dengan status sebagai tim promosi.
Facebook Comments
Loading...

Written by Ajie Rahmansyah

Ajie Rahmansyah

Penulis yang seumur hidupnya mencintai Manchester United dan Sepakbola