OUR NETWORK

Empat Pemain Manchester United Masuk Nominasi FIFPro World XI 2018

Selasa (11/9) kemarin, Asosiasi Sepakbola Profesional atau FIFPro telah merilis 55 nama yang masuk dalam nominasi FIFA FIFPro World XI 2018. Kemudian, dari daftar tersebut akan dipilih 11 pemain terbaik yang akan mengisi formasi 4-3-3. Pemilihan akan dilakukan oleh hampir 25 ribu pesepakbola profesional yang berasal dari 65 negara dan akan diumumkan pada acara The Best FIFA Football Awards 2018 yang akan berlangsung 24 September 2018.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, Manchester United kali ini hanya mengirimkan empat nama saja ke dalam daftar nominasi tersebut. Catatan tersebut lebih sedikit dua nama dibanding pemilihan serupa 2017 lalu.

Meski begitu, United (dan Liverpool) menjadi kesebelasan Inggris yang paling banyak mengirimkan wakilnya pada pemilihan kali ini. Kedua kesebelasan tersebut bahkan mengalahkan juara Premier League, Manchester City yang hanya mengirimkan tiga pemain saja. Berikut adalah empat pemain United yang masuk nominasi pemilihan FIFPro World XI.

David de Gea (Spanyol)

Untuk keempat kalinya secara beruntun, nama David de Gea masuk dalam daftar nominasi. Bisa dikatakan De Gea adalah satu-satunya pemain Setan Merah yang selalu bermain baik setiap musimnya. Musim lalu, beberapa penyelamatan yang ia buat membantu United mengumpulkan poin demi poin.

Di akhir musim, dia dianugerahi gelar sebagai penjaga gawang terbaik. Tidak hanya itu, ia kembali terpilih menjadi pemain terbaik klub untuk keempat kalinya. Sayangnya De Gea tidak bermain baik sepanjang Piala Dunia 2018 dan sudah kebobolan tujuh gol dari empat laga Premier League musim ini.

Nemanja Matic (Serbia)

Nominasi kali ini adalah yang kedua secara beruntun bagi penggawa berusia 30 tahun tersebut. Pada tahun 2017, Matic terpilih karena keberhasilannya membawa Chelsea menjuarai Premier League kelima mereka sepanjang sejarah. Selepas membawa The Blues memenangi liga primer, Matic secara mengejutkan justru hijrah ke Manchester United untuk bermain bersama Jose Mourinho.

Sama seperti di Chelsea, Matic juga menjelma sebagai sosok sentral di kubu Setan Merah. Terbukti, lini tengah United kerap gampang diserang apabila tidak ada nama Matic di lapangan. Tidak hanya itu, Matic juga berhasil membawa Serbia kembali ke Piala Dunia setelah delapan tahun absen.

Paul Pogba (Prancis)

Sejak pindah dari Manchester United ke Juventus pada 2013, Pogba selalu masuk nominasi untuk sektor gelandang. Tren positif tersebut kembali diteruskan ketika ia memutuskan kembali ke Manchester United pada 2016. Meski United gagal meraih satupun gelar dibanding musim 2016/2017, namun Pogba berhasil menunjukkan sinarnya pada Piala Dunia 2018.

Bermain di lini tengah, ia menjadi salah satu penampil terbaik di Rusia. Dengan satu golnya di laga final, Pogba berhasil membantu masyarakat Prancis kembali merasakan gelar Piala Dunia setelah 20 tahun menunggu.

Romelu Lukaku (Belgia)

Munculnya nama Romelu Lukaku dalam daftar nominasi terbilang mengejutkan. Penampilannya sepanjang 2018 tidak sebaik musim 2017 saat dia menjadi runner up top skor Premier League. Selama musim 2017/18, Lukaku hanya mencetak 16 gol saja di liga. Jumlah ini terbilang sedikit jika membandingkan dengan gol yang dibuat Raheem Sterling dan Sergio Aguero yang justru tidak masuk nominasi.

Bahkan nama Lukaku dianggap lebih baik dibanding Gareth Bale yang menjadi pahlawan Real Madrid di final Liga Champions. Salah satu faktor yang membuat munculnya nama Lukaku dalam daftar adalah keberhasilannya membawa Belgia meraih tempat ketiga di Piala Dunia 2018. Ia hanya kalah dari Harry Kane dalam perburuan top skor Piala Dunia.

Bisakah Pemain United Masuk Starting XI?

Jika melihat daftar nominasi, maka empat pemain ini terbilang sulit untuk masuk dalam 11 terbaik. David de Gea misalnya, ia harus bersaing dengan nama-nama hebat lainnya seperti Gianluigi Buffon dan Keylor Navas. Nemanja Matic pun akan sulit untuk mengisi sektor gelandang mengingat ada nama-nama lain seperti Andres Iniesta, Toni Kroos, dan Ngolo Kante. Begitu juga dengan Romelu Lukaku yang harus bersaing dengan Cristiano Ronaldo, Mohamed Salah, dan Lionel Messi.

Satu-satunya harapan para penggemar United ada di sosok Paul Pogba. Keberhasilannya membawa Prancis menjuarai Piala Dunia menjadi nilai tambah yang membuka peluang pemain berusia 25 tahun ini untuk menjadi pemain pertama United sejak Angel Di Maria yang mengisi skuad FIFPro World XI tahun 2015.

Pemain Manchester United yang Pernah Masuk Skuad FIFPro World XI:

Cristiano Ronaldo (2007, 2008, 2009), Rio Ferdinand (2008), Nemanja Vidic (2009, 2011), Patrice Evra (2009), Wayne Rooney (2011), Angel Di Maria (2015)

Comments