OUR NETWORK

Eks Manchester United di India (2)

Kompetisi Liga Super India, atau lebih dikenal Indian Super League (ISL), mulai dihelat pada Oktober 2014 sebagai musim perdana. Sebelumnya, negeri ini lebih dikenal dunia dengan olahraga kriket, di mana sudah ada Indian Premier League (IPL) sebagai kompetisinya.

Sebenarnya, Negeri Hindustan juga memiliki I-League (Indian League), yang sudah cukup lama menjadi kompetisi utama sepakbola mereka; tepatnya sejak musim 2008, dan sebelumnya National Football League sejak musim 1996.

Namun, Liga Super India jauh lebih mendunia, karena diserbu oleh banyak pemain-pemain bintang dari Eropa. Meskipun, lebih pantas disebut sebagai retirement home karena memang mereka datang di masa memasuki usia pensiun, dan satu musim kompetisi hanya berlangsung tiga bulan, tapi tetap saja kompetisi ini menarik dan mendapat banyak perhatian. Pemain jebolan Premier League Inggris pun cukup banyak yang menutup karir sepakbola profesionalnya di kompetisi tersebut, hingga kini.

Menariknya, selain datang sebagai pemain, ternyata tidak sedikit pula mantan bintang-bintang dunia itu yang hijrah untuk mencoba profesi lain. Mereka direkrut membesut tim-tim yang berkompetisi, alias jadi pelatih.

Selain Gianluca Zambrotta, bintang tim nasional Italia saat menjuarai Piala Dunia 2006 yang sempat melatih Delhi Dynamos pada musim 2016, seperti dibahas di artikel sebelumnya, juga ada beberapa eks Manchester United yang jadi pelatih di Liga Super India, seperti berikut ini.

  1. Ashley Westwood (Atletico de Kolkata)

Dia sempat membela belasan klub Britania Raya usai lulus dari akademi tim Setan Merah dan masuk tim senior pada 1994/1995 walau tak pernah dimainkan. Pada Juli 2013, Ashley Westwood dipinang klun I-League, Bengaluru FC, dan sukses jadi juara 2013/2014 dan 2015/2016, serta juara Federation Cup 2014/2015. Setelah mundur pada Mei 2016, mantan bek 41 tahun ini direkrut juara bertahan Liga Super India, Atletico de Kolkata sebagai direktur sepakbola pada Juli 2017, dilansir Sportskeeda.

  1. Rene Meulensteen (Kerala Blasters)

Pria asal Belanda berusia 53 tahun ini punya sejarah panjang bersama The Red Devils, meski hanya di jajaran staf pelatih. Pada 2001, setelah berkarir di Qatar, Rene Meulensteen ditunjuk menjadi pelatih akademi United, hingga dipromosikan jadi pelatih tim reserves pada 2005. Pada 2007-2013, dia juga sempat jadi asisten Sir Alex Ferguson. Kini, sejak Juli 2017, dia mencoba karir sebagai pelatih Kerala Blasters, bergabung dengan tiga eks penggawa United yang turut direkrut untuk memperkuat tim.

  1. Teddy Sheringham (Atletico de Kolkata)

Hampir bersamaan dengan kedatangan Meulensteen, mantan bomber tim Setan Merah 1997-2001 Teddy Sheringham pun ikut hijrah ke India sebagai pelatih Kolkata. Penunjukannya sepaket dengan Westwood, sebagai rekan dalam menangani klub yang kini juga akan diperkuat Robbie Keane, eks duet Sheringham di musim terakhirnya bersama Tottenham Hotspur pada 2002/2003 silam. Pria 51 tahun ini diharapkan bisa menambah dua dari tiga gelar Liga Super India yang sudah dikoleksi klub.

*

Nah, selain orang-orang yang sudah dibahas, baik pada artikel ini maupun di artikel sebelumnya, ternyata juga ada dua mantan bintang United lainnya yang sempat berkarir di negeri Bollywood. Mereka adalah Ryan Giggs dan Paul Scholes, dua dari enam bintang The Red Devils yang dikenal sebagai Class of ’92. Namun menariknya, keduanya bukan berkarir di sepakbola, baik sebagai pemain maupun pelatih. Rupanya, Giggs dan Scholes menjajal ajang Premier Futsal, turnamen futsal di India.

Dilansir Daily Mail, Juli 2016, kedua bintang legendaris United ini ikut ambil bagian dalam turnamen yang mulai digelar pada 15 Juli 2016 lalu, dan berlangsung selama beberapa hari di Stadion Jawaharlal Nehru, Chennai, India itu.

Tak hanya Giggs dan Scholes, beberapa bintang lain juga ikut meramaikan. Ada bintang Brasil Ronaldinho dan Falcao, Luis Figo (Portugal), Michel Salgado (Spanyol), dan Hernan Crespo (Argentina); nama-nama yang pasti sudah akrab dengan penggemar sepakbola era 2000-an.

Comments

Loading...