OUR NETWORK

Eks Manchester United di India (1)

Liga Super China belakangan ini menarik perhatian banyak pesepakbola Eropa, terutama sejak 2016 lalu, di mana sejumlah bintang dunia memilih untuk melanjutkan karir di kompetisi sepakbola Negeri Tirai Bambu tersebut. Meskipun, China hanya negara berkembang dalam sepakbola dunia, namun mereka tak peduli karena ada tawaran segepok uang yang lebih menjanjikan. Mantan kapten Manchester United Wayne Rooney pun juga pernah mendapat tawaran besar pada awal 2017 lalu.

Namun, jika ada pemain-pemain kelas dunia yang memilih India sebagai pelabuhan berikut karirnya, apa pula alasannya?

Pada kenyataannya, memang tak sedikit bintang Eropa yang merapat ke klub-klub Liga Super India, bahkan jauh sebelum ekspansi klub China ke benua biru, terutama sejak 2014. Bayangkan, sepakbola India tak pernah dibicarakan selama ini, namun sekarang ada banyak bintang dunia yang berkarir di sana, termasuk juga beberapa eks penggawa United. Berikut ini di antaranya.

  1. Dimitar Berbatov (Kerala Blasters)

Mantan bomber tim Setan Merah berkebangsaan Bulgaria berusia 36 tahun ini bisa kembali bermain setelah sempat semusim jadi pengangguran usai dilepas klub Yunani, PAOK FC. Dimitar Berbatov jadi bintang Kerala Blasters di Liga Super India mulai Agustus 2017.

Dia menerima 900 ribu paun untuk kontrak semusim; bukan setahun, karena satu musim kompetisi hanya tiga bulan saja. Sebelumnya, Berbatov juga pernah berseragam Bayer Leverkusen, Tottenham Hotspur, Fulham, dan AS Monaco.

  1. Wes Brown (Kerala Blasters)

Hampir bersamaan dengan Berbatov, Kerala juga merekrut bek jebolan akademi The Red Devils, Wes Brown. Keduanya pernah setim di United; Berbatov periode 2008-2012, sedang Brown 1996-2011.

Musim lalu, mantan penggawa tim nasional Inggris berusia 37 tahun ini berlaga di kompetisi level kedua Negeri Ratu Elizabeth, Championship League bersama Blackburn Rovers. Namun, dia hanya tampil dalam lima laga, hingga memilih hijrah ke India karena kontraknya tidak diperpanjang lagi.

  1. Paul Rachubka (Kerala Blasters)

Tak cukup dua orang, Kerala yang merupakan finalis kompetisi musim lalu ini pun merekrut seorang kiper mantan penghuni Old Trafford. Kiper kelahiran Amerika Serikat 36 tahun lalu ini juga jebolan akademi United, dan bermain di tim senior periode 2000-2002. Namun, Paul Rachubka tak pernah mendunia, meski dia malang melintang di kompetisi Britania Raya, di antaranya bersama Charlton Athletic, Leeds United, dan Bolton Wanderers, serta pernah membela tim nasional Inggris junior.

  1. Diego Forlan (Mumbai City)

Penyerang The Red Devils era 2002-2004 ini lebih dulu berlabuh di India bersama Mumbai City, sejak 2016. Dia memutuskan hijrah setelah membela Penarol di kompetisi negara kelahirannya, Uruguay, semusim sebelumnya.

Catatan Diego Forlan sendiri di Negeri Hindustan berupa lima gol dalam 11 laga. Menariknya, pada 2014 pemain 38 tahun yang pernah jadi pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2010 ini juga sempat main di Liga Jepang bersama Cerezo Osaka dengan hasil 19 gol dalam 45 laga.

  1. Eric Djemba-Djemba (Chennaiyin FC)

Ketika Liga Super India mulai menggeliat pada 2014, eks gelandang United berkebangsaan Kamerun ini hijrah ke negeri Bollywood itu, tepatnya pada Oktober 2014. Eric Djemba-Djemba yang membela tim Setan Merah pada 2003-2005; seangkatan Cristiano Ronaldo ini bergabung ke Chennaiyin FC. Dia bertahan hingga 2015, namun hanya tampil dalam sembilan laga. Setelah itu, pemain 36 tahun ini sempat berlabuh di Indonesia, namun nasibnya tidak jelas karena kompetisi lokal dihentikan FIFA.

  1. Bojan Djordjic (Chennaiyin FC)

Dua bulan sebelum kedatangan Djemba-Djemba, seorang eks penggawa United periode 1999-2005 lebih dulu mendarat di klub milik aktor India, Abhishek Bachchan, anak dari sang aktor legendaris Amitabh Bachchan itu. Dia adalah Bojan Djordjic, pemain asal Swedia yang kini berusia 35 tahun, sempat dijuluki ‘The Next Ryan Giggs’ dan jadi pemain muda terbaik United pada 2000. Sayang, dia hanya main dalam satu laga bersama The Red Devils, dan 11 laga di India hingga berhenti pada 2015.

***

Selain itu, Zlatan Ibrahimovic pun rupanya sempat hampir berkarir di Liga Super India. Mantan rekan setimnya saat membela Juventus dan AC Milan di Italia, Gianluca Zambrotta pernah mengaku ingin merekrut bomber yang kontraknya baru saja diperpanjang manajemen tim Setan Merah tersebut.

“Saya akan mencoba meyakinkan dia bermain untuk Delhi Dynamos,” ucap Zambrotta yang saat itu baru ditunjuk melatih klub tersebut, sedang Zlatan baru bergabung ke United, seperti dilansir Indian Express, pada Oktober 2016. Sayang, rencana itu tak terwujud, karena kontraknya tidak berlanjut.

Comments

Loading...