OUR NETWORK

Fokus Solskjaer pada Pemain Muda

Terdapat penekanan yang cukup kuat kepada para pemain, termasuk pemain muda Manchester United, dalam tur pra musim sejauh ini. Di antaranya adalah dengan tuntutan bermain bagus kepada Mason Greenwood, Tahith Chong dan Andre Gomes, yang masing-masing dari mereka dipaksa harus menunjukkan bentuk terbaiknya dalam dua pertandingan terakhir United di musim panas ini.

Melihat hal itu, salah satu penyerang Setan Merah, Marcus Rashford, percaya bahwa semuanya adalah buah dari pendekatan Ole Gunnar Solskjaer yang memang sebelumnya sudah berencana akan memainkan pemain-pemain muda Manchester United. Terbkuti, hasilnya pun bisa dikatakan cukup baik, dan bahkan membuahkan hasil positif.

Banyak yang menilai, selain memang saat ini fokus Solskjaer adalah mengembangkan aset pemain muda di klub, tapi kedepannya, fokus tersebut bisa berubah menjadi peluang besar bagi para pemain muda dalam mendapatkan tempat mereka di musim depan.

Di sisi lain, enam gol yang berhasil diraih United dalam dua pertandingan persahabatan pra musim melawan Perth Glory dan Leeds United, di antaranya dicetak dan didistribusikan oleh lulusan akademi pasukan The Red Devils. Solskjaer pun telah dikreditkan sebagai pengambil keputusan terbaik setelah memberi bintang-bintang muda seperti Mason Greenwood, Angel Gomes dan Tahith Chong, peluang bermain di dua pertandingan tersebut

Selain itu, salah satu dari ketiga pemain muda United, Mason Greenwood, berhasil menarik banyak pujian berkat gol pembuka yang dicetaknya ketika United melawan Leeds tengah pekan lalu (17/7). Menanggapi hal ini, sesama lulusan akademi, Rashford lalu mengatakan bahwa dirinya percaya jika etos kerja pemain-pemain muda itu datang berkat kontribusi besar Solskjaer.

“Anda tahu, secara mental, bagi para pemain muda satu pertandingan bersama skuad senior merupakan ujian berat bagi mereka. Oleh karena itu, dengan mencetak gol, itu dapat banyak membantu kualitas mental mereka. Mereka tahu jika mereka bermain bagus dan mereka tampil konsisten, mereka akan mendapat peluang bermain lebih banyak lagi,” tuutr Marcus Rashford dilansir dari MEN Sports.

“Tidak ada hubungannya dengan berapa usia mereka. Anda harus tahu bahwa mereka pasti akan mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak jika mereka bermain bagus. Jadi, itu bukan faktor usia. Untuk para pemain muda, juga penting untuk mengetahui hal semacam ini. Sejarah United adalah membawa para pemain muda masuk ke dalam tim utama. Catatan ini baik sekali untuk memotivasi mereka.”

Selain itu, Marcus Rashford juga sedikit membocorkan metode pelatihan Solskjaer saat pria asal Norwegia itu ingin menerapkan gaya sepakbola yang tinggi energy, cepat dan menekan. Rashford mengakui, bahwa para pemain masih belajar tentang skema itu setelah kemerosotan performa menjelang akhir musim lalu. Oleh karena itu, Solskjaer meminta kepada semua pemain, termasuk pemain muda, untuk menjaga kebugaran mereka selama tur pra musim kali ini.

“Pola permainan Solskjaer sangat besar bagi saya. Anda haru tahu, bahwa kami bisa membuat segalanya lebih sederhana dengan skema ini, dan kami mengusahakannya untuk semakin baik kedepannya. Bagi saya, ini semua merupakan tentang kesabaran dan memahami proses pengembangan. Sebagai sebuah tim, kami harus terus meningkat jauh lebih baik dari sebelumnya,” ungkap Rashford.

“Setiap hari, kami dituntut bekerja keras. Kadang saya merasa sangat kelelahan, tapi ini lebih baik daripada saya harus mengalami hal yang sama di musim depan. Bagi saya, hal yang akan tim ini dapatkan adalah pola permainan yang jauh lebih kreatif seperti dalam gaya bermain, penguasaan bola dan pertahanan. Kami juga diajari bagaimana cara menekan lawan dan mempertahankan pola permainan.”

“Hal-hal seperti itu mulai menjadi lebih jelas bagi kami sebagai sebuah tim. Kami masih harus menempuh jalan panjang, dan kami masih akan terus bekerja keras untuk itu. Tapi setidaknya, kami senang ketika melihat skema itu bekerja di atas lapangan. Jadi, Anda harus tahu bahwa sekarang kami sudah kembali melatih segalanya, dan kami harus bekerja keras lebih banyak lagi.”

 

Sumber: Manchester Evening News

Comments

Loading...