OUR NETWORK

22 April: Poin yang Terpangkas, Gelar Liga Terakhir, dan Akhir dari Sang Pilihan Utama

Dalam tiga musim berturut-turut, yang dimulai pada musim 2011/2012, United selalu memiliki cerita setiap memasuki tanggal 22 pada bulan April. Diawali dari kegagalan menaklukkan Everton pada tahun 2012 yang berdampak kepada pupusnya ambisi mereka menjadi juara liga, United kemudian sukses meraih gelar liga terakhir mereka semusim berselang.

Tidak mau berhenti sampai di sana, United kembali membuat sejarah pada tahun 2014 ketika mereka memutuskan memecat pengganti Sir Alex Ferguson karena dianggap gagal memberikan kejayaan.

22 April 2012: Dari Lima Menjadi Tiga

Kekalahan dari Wigan Athletic 11 hari sebelumnya membuat selisih poin yang memisahkan Manchester United dengan Manchester City menjadi lima angka saja. Hal ini mau tidak mau mewajibkan United untuk tidak boleh kehilangan poin karena mereka masih harus menghadapi tetangga pada pekan ke-36 musim 2011/2012.

Setelah menang melawan Aston Villa 4-0, Setan Merah menjamu Everton sepekan sebelum bertandang ke Etihad Stadium. Mereka berpeluang meraih kemenangan karena sejak pergantian tahun, United belum pernah kehilangan poin di Old Trafford. Tanda-tanda tiga poin bisa diraih nampaknya akan terealisasi setelah mereka unggul 3-1 ketika laga berlangsung satu jam.

Sempat tertinggal melalui sundulan Nikita Jelavic, United membalasnya melalui Rooney, Welbeck, dan Nani. Tujuh menit kemudian, The Toffees memperkecil kedudukan melalui sepakan voli Marouane Fellaini. Namun, United kembali menambah keunggulan melalui sepakan Rooney memanfaatkan asis Welbeck.

Petaka bagi lini belakang United hadir tujuh menit sebelum laga usai. Kombinasi Jelavic dan Fellaini pada menit ke-83 membuat nama pertama memperkecil kedudukan memanfaatkan kelengahan Rafael dalam membaca situasi. Fellaini benar-benar menjadi momok United. Dua menit kemudian, ia menjadi arsitek dari gol Steven Pienaar. Skor 4-4 berakhir dan membuat selisih poin United kembali berkurang menjadi tiga angka. “Saya tidak bisa percaya dengan hasil ini. Pertahanan kami benar-benar sangat buruk,” tutur Ferguson.

22 April 2013: Persembahan Terakhir Sir Alex Ferguson

Musim 2011/2012 berakhir mengenaskan bagi United. Mereka gagal mempertahankan gelar pada menit-menit terakhir pekan ke-38. Mereka kalah selisih gol dari tetangganya. Tidak ingin mengulang kesalahan yang sama, Sir Alex Ferguson bertekad untuk memindahkan titel dari Etihad ke Old Trafford.

Sempat terpeleset pada pekan pertama dan menderita tiga kekalahan dalam 12 pertandingan, United kemudian tidak pernah tersentuh kekalahan hingga awal April 2013. Mereka bahkan tidak pernah tergusur dari posisi puncak sejak November. Keberhasilan ini juga tidak lepas dari penampilan beberapa klub top four lainnya yang tidak konsisten.

Kepastian titel benar-benar diraih pada pekan ke-34 ketika United mengalahkan Aston Villa 3-0 melalui trigol Robin Van Persie. Hasil tersebut membuat United unggul 16 poin yang tidak bisa lagi dikejar tetangganya. Titel ini menjadi persembahan terakhir Sir Alex Ferguson yang mengumumkan pensiun sebulan setelah membawa United meraih gelar ke-20.

22 April 2014: Akhir Dari Sang Pilihan Utama

Pensiunnya Sir Alex Ferguson membuat United harus mencari pengganti. Nama yang kemudian diangkat menjadi penerus adalah orang yang menggagalkan ambisi juara mereka musim sebelumnya, yaitu David Moyes. Kesuksesan membawa Everton beberapa kali masuk enam besar dan ketiadaan pelatih-pelatih top membuat Fergie akhirnya memilih Moyes sebagai pengganti.

Sempat membawa United juara Community Shield, dan menang telak 4-1 di kandang Swansea, perjalanan Moyes bersama Setan Merah ternyata tidak berjalan dengan mulus. Mereka lebih akrab dengan kekalahan dan beberapa kali membuat rekor buruk seperti kalah di kandang melawan West Brom dan Newcastle United.

Rentetan hasil buruk bahkan sempat memecah hubungan antara penggemar United yang pro Moyes dan kontra Moyes. Spanduk The Choosen One yang terbentang di Stretford End bahkan berniat untuk diturunkan setelah kekalahan demi kekalahan didapat United.

Hingga pada 22 April 2014, manajemen United memutuskan untuk memecat Moyes setelah kalah dari Everton, mantan klubnya Moyes. Inilah kekalahan ke-11 sepanjang musim tersebut yang membuat United hanya sanggup finis pada posisi ketujuh. Enam tahun kontrak yang dijanjikan manajemen hanya berlangsung selama 10 bulan saja. Moyes kemudian digantikan oleh Ryan Giggs.

Comments

Loading...