in

28 Fakta Stadium of Light

Stadium of Light merupakan stadion all-seater yang berada di Sunderland, Tyne and Wear, Inggris. Berikut kami sajikan 28 fakta Stadium of Light.

  1. Stadium of Light merupakan kandang Sunderland A.F.C.
  2. Kapasitas maksimal Stadium of Light yaitu 49,000. Stadion ini menjadi stadion terbesar kedelapan di Inggris.
  3. Menurut Sir Bob Murray, nama Stadium of Light dipilih karena dua alasan. Alasan yang pertama yaitu untuk mengenang para pekerja tambang di wilayah ini dan dengan harapan stadion ini akan menuntun menuju masa depan yang cerah. Nama ini sangat berkaitan dengan ribuan penambang yang juga suporter Sunderland yang muncul dari gelapnya tambang menuju terangnya permukaan ketika mereka pulang bekerja.
  4. Sebuah monumen Davy Lamp berada di pintu masuk masing masing tribun yang mencerminkan tambang batu bara.

    Davy Lamp – Fakta Stadium of Light.
  5. Rekor penonton stadion ini mencapai 48,353 yang tercatat pada 13 April 2002, ketika Sunderland bertanding melawan Liverpool.
  6. Selain pertandingan sepakbola, Stadium of Light pernah menyelenggarakan konser Beyonce, Rihanna, Oasis, Take That, Kings of Leon dan Coldplay.

    Coldplay – Fakta Stadium of Light
  7. Stadium of Light juga dikenal sebagai Wembley-nya Inggris Utara.
  8. Stadium of Light berbentuk seperti mangkuk yang kotak, yang terbagi menjadi empat tribun yaitu West Stand, North Stand, East Stand, dan South Stand (Metro FM Stand).
  9. Premier Concourse berada di tingkat paling atas West Stand dan beberapa ruang eksekutif juga berada di West Stand.
  10. The North Stand juga memiliki tiga tingkat. Di tingkat teratas juga disebut Strongbow Upper yang kursinya di desain untuk the Black Cats Bar.
  11. Stadium of Light menggunakan sistem penerangan Stadium Grow Lighting untuk memastikan tumbuhnya rumput di setiap tahunnya. Alat tersebut bisa mengatur berbagai aspek termasuk kecerahan cahaya, temperatur, air dan udara utuk bisa menumbuhkan rumput di berbagai kondisi.

    Stadium Grow Lighting di Santiago Bernabeu – Fakta Stadium of Light.
  12. Stadium of Light pernah menyelenggarakan pertandingan timnas Inggris untuk pertama kalinya pada 1999, dalam laga persahabatan kontra Belgia. Pada 27 Mei 2016, Stadium of Light menjadi tempat berlangsungnya laga persahabatan antara Inggris dengan Australia sebagai bagian dari persiapan Piala Eropa 2016. Di laga tersebut, Marcus Rashford mencetak gol di debut pertamanya untuk timnas Inggris.
  13. Suporter tim yang bertandang ke stadion ini ditempatkan di tribun selatan dari 1997. Namun Ellis Short memutuskan untuk memindahkan suporter tim tamu ke tingkat paling atas di tribun utama.
  14. The East Stand diberi tulisan Sunderland pada kursinya. The North Stand diberi tulisan “Ha’way The Lads”.
  15. Stadium of Light pernah menyelenggarakan konser Oasis bersama Kasabian, The Enemy, dan Reverend and the Makers, pada 10 Juni 2009 dengan jumlah penonton mencapai 60,000.
  16. Stadium of Light menjadi venue pertama Take That sejak 1995.
  17. Stadium of Light menjadi tempat diselenggarakannya wisuda untuk mahasiswa University of Sunderland.
  18. Penonton paling sedikit di Premier League yang datang pada laga Sunderland yaitu ketika Sunderland bertemu Wigan Athletic pada 2 Desember 2003. Penonton yang datang yaitu 22,167.
  19. Rata-rata penonton terbanyak yang datang dalam satu musim yaitu 46,790 di musim 2000/2001.
  20. Rata-rata penonton paling sedikit yang datang dalam satu musim yaitu 27,119 di musim 20003/2004.
  21. Stasiun Sunderland yang terhubung dengan London King’s Cross merupakan stasiun terdekat dari Stadium of Light.
  22. Stadium of Light dibuka pada 30 Juli 1997 oleh Prince Andrew, Duke of York. Untuk merayakan pembukaan stadion ini, Sunderland melakukan laga persahabatan dengan Ajax Amsterdam.  The North Stand di perluas pada tahun 2000 untuk menambah kapasitas maksimum menjadi 48,707.
  23. Total pembangunan stadion ini sekitar 24 juta Euro.
  24. Stadium of Light dibangun oleh PNF Architects.
  25. Stadium of Light didesain untuk bisa melakukan pelebaran kapasitas penontong sampai 84,000. Selama stadion ini di bangun, Wearside Stadium dan New Roker Park merupakan kandidat nama dari stadion ini.
  26. Pada akhir musim 2005/2006 Football League menganugerahi Best Away Ground kepada Stadium of Light.
  27. Sunderland merayakan ulang tahun stadion ke-10 dengan melakukan laga persahabatan dengan Juventus pada 6 Agustus 2007. Hasil akhir dalam laga tersebut yaitu 1-1.
  28. Stadium of Light dikenal juga karena keangkerannya. Sejumlah staf pengelola stadion mengaku kerap melihat makhluk halus.
Facebook Comments
Loading...