in

22 Fakta London Stadium

Nama lengkap stadion ini yaitu The Stadium at Queen Elizabeth Olypic Park. Stadion ini menjadi markas untuk West Ham United. Berikut kami sajikan fakta London Stadium.

  1. Stadion ini berada di Queen Elizabeth Olympic Park Stratford, London, United Kingdom.
  2. Pemilik dari London Stadium yaitu E20 Stadium, LLP.
  3. London Stadium dibangun untuk menjadi venue berlangsungnya 2012 Summer Olympics dan Paralympics. Stadion ini juga menjadi tempat upacara pembukaan dan penutupan di acara tersebut.
  4. London Stadium Stadion ini telah mengalami renovasi sebagai stadion multi-fungsi, West Ham United Football Club dan British Athletics menjadi penghuni di London Stadium.
  5. Persiapan pembangunan stadion ini dimulai sejak pertengahan 2007 dan dibangun secara resmi pada 22 Mei 2008.
  6. Dalam acara 2012 Summer Olympics dan Paralympics, London Stadium bisa menampung 80.000 penonton, namun setelah acara tersebut stadion ini kembali dibangun dan di resmikan kembali pada Juli 2016. Keputusan untuk membuat West Ham United sebagai penyewa utama London Stadium menjadi kontroversial, dengan proses sewa awal harus diulang kembali.
  7. London Stadium menyelenggarakan beberapa pertandingan 2015 Rugby World Cup.
  8. London Stadium bisa menjadi tempat diselenggarakannya konser dengan kapasitas penonton mencapai 80,000.
  9. London Stadium selesai dibangun pada Oktober 2011. Penyelesaian dari pembangunan tersebut sesuai dengan rencana dan tidak melebihi budget.
  10. Pada 11 Februari 2011, Olympic Park Legacy Company memilih West Ham United untuk mengambil alih London Stadium. Namun, Leyton Orient mengeluh karena stadion tersbut telalu dekat dengan homebase dari klub tersebut. Pihak manajemen dari Leyton Orient mengklaim bahwa rencana dari West Ham United dapat membuat Leyton Orient menuju kebangkrutan. Namun, Pemerintah Inggris menyetujui kepindahan West Ham United ke London Stadium.
  11. Tottenham Hotspur dan Leyton Orient sempat mengajukan banding kepada Olympic Park Legacy Company (OPLC) untuk mengubah keputusan kepindahan West Ham United ke London Stadium. Namun pengajuan tersebut di tolak. OPLC mengumumkan bahwa West Ham United mendapatkan hak untuk menempati London Stadium pada 5 Juli 2011.
  12. Pada 24 Januari 2013, London Stadium resmi menyelenggarakan London Athletics Grand Prix dan Diamond League .
  13. West Ham United resmi pindah dari Boleyn Ground ke London Stadium pada Agustus 2016.
  14. West Ham United mengumukan tribun di belakang gawang diberi nama Bobby Moore dan Trevor Brooking.
  15. Laga Europa League menjadi pertandingan pembuka bagi West Ham, dengan seluruh tiket habis terjual.
  16. West Ham United melakoni laga pertama Premier League di London Stadium terjadi ketika West Ham bertemu Bournemouth. Dengan jumlah penonton mencapai 56,977. Watford menjadi tim pertama yang mengalahkan West Ham United di London Stadium.
  17. Pada awal musim 2016/2017, laga West Ham dengan Bournemouth pada 21 Agustus tercoreng dengan kehadiran penonton tanpa tiket. Perkelahian antarsuporter juga terjadi di luar stadion. Pada Desember 2016, seorang kameramen yang bekerja di Arsenal TV terkena pukulan telak di wajah pada laga West Ham kontra Arsenal. Laga tersebut berakhir dengan skor 1-5.
  18. Pada Oktober 2016, ahli desainer stadion bola Paul Fletcher mengatakan bahwa London Stadium harus dibangun kembali karena desain dari stadion tersebut tidak cocok untuk pertandingan sepakbola dengan tribun yang telalu jauh dari lapangan.
  19. London Stadium akan menyelenggarakan 2019 Cricket World Cup, Major League Baseball dan NFL 2017.
  20. Pertandingan Inggris dan New Zealand pada 7 November 2015 menjadi pertandingan pertama Rugby League di London Stadium dengan penonton mencapai 44,000. London Stadium juga akan menjadi venue untuk 2021 Rugby League World Cup.
  21. Hard Rock Calling, Wireless Festival dan Electric Daisy Carnival menjadi acara pertama yang diselenggarakan di London Stadium. Acara tersebut diselenggarakan pada Juli 2013. Namun acara tersebut berlangsung di luar stadion. Konser pertama yang di adakan di dalam stadion yaitu konser AC/DC feat. Axl Rose pada 4 Juni 2016.
  22. London Stadium berlokasi di selatan dari Queen Elizabeth Olympic Park. Stasiun Stratford dan Stratford Internatonal menjadi stasiun terdekat dari Olympic Park, waktu yang tempuh ke stadion kurang lebih 20 menit.
Facebook Comments
Loading...