OUR NETWORK

Yerry Mina, Bek Muda Kolombia yang Jadi Target Alternatif Mourinho

Lini belakang memang jadi salah satu perhatian manajer Manchester United Jose Mourinho untuk dibenahi jelang kampanye musim 2018/2019. Makanya, sejumlah bek papan atas pun masuk dalam daftar target buruannya di bursa transfer musim panas 2018.

Bek andalan Leicester City yang baru saja membawa tim nasional Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018, Harry Maguire menjadi pemain favorit yang diinginkan oleh pelatih berkebangsaan Portugal tersebut. Pemain itu pun belakangan ini semakin gencar dilaporkan akan segera berlabuh ke Old Trafford, sebelum bursa transfer ditutup.

Namun, hingga saat ini Leicester masih bersikukuh tidak rela melepas pemain bintangnya tersebut. Mereka pun memasang banderol selangit untuk memagari Maguire dari barisan klub peminatnya, termasuk The Red Devils.

Menyadari bahwa transfer tersebut akan berjalan sulit, United pun kini dilaporkan akan beralih membidik bek lainnya. Seperti diklaim oleh Daily Star, manajemen tim Setan Merah akan menjajaki negosiasi dengan klub raksasa La Liga Spanyol Barcelona untuk mendapatkan tanda tangan bek muda Kolombia, Yerry Mina, sebagai alternatif jika transfer Maguire tak terwujud.

Surat kabar Inggris itu pun menyebut bahwa United sudah menanyakan tentang ketersediaan Mina di bursa transfer musim panas ini kepada klub pemiliknya. Seperti Maguire, bek berusia 23 tahun ini pun tampil gemilang bersama tim nasional Kolombia di ajang Piala Dunia 2018.

Meski sempat hanya duduk di bangku cadangan pada laga perdana Grup H, Mina pun akhirnya diberi kepercayaan tampil sebagai starter pada pertandingan kedua menghadapi Polandia. Bahkan, dia pun sukses mencetak satu gol dalam kemenangan timnya dengan skor telak 3-0, hingga bermain penuh hingga akhir laga.

Pertandingan berikutnya, Mina kembali diturunkan sejak menit pertama, dan berhasil jadi pahlawan kemenangan bagi Kolombia dengan menyarangkan gol tunggal ke gawang Senegal; yang sekaligus mengantarkan timnya ke babak 16 besar. Sayang, mereka akhirnya tumbang di tangan Inggris lewat adu penalti.

Padahal ketika itu, Mina sudah berhasil menyelamatkan Kolombia dari kekalahan dalam waktu normal, dengan mencetak gol saat injury time untuk menyamakan kedudukan. Dia pun main penuh dalam pertandingan itu hingga perpanjangan waktu, meski tak dipercaya jadi algojo penalti.

Total tiga gol dikoleksi Mina dalam tiga pertandingan pada debutnya di Piala Dunia 2018 tersebut. Menariknya, semua gol itu pun diciptakan melalui sundulan kepalanya. Pemain kelahiran Guachene, Kolombia, 23 September 1994 ini memang cukup jangkung, dengan tinggi 1,94 meter.

Kelebihan itu yang membuat bisa unggul dalam duel udara, baik ketika mengawal lini pertahanan, maupun saat menyambut bola-bola mati untuk memberikan keunggulan bagi tim. Selain permainan impresifnya di Piala Dunia 2018, sepertinya kelebihan inilah yang membuat Mina masuk daftar belanja Mourinho.

United sendiri berpeluang mendapatkan Mina, mengingat minimnya kesempatan bermain bersama Barcelona musim lalu. Baru direkrut dari klub Brasil Palmeiras pada Januari 2018 lalu, dia memang masih kesulitan mendapatkan tempat utama di klub berjuluk Lau Blaugrana tersebut.

Mina hanya diturunkan dalam enam pertandingan pada musim lalu, di mana lima laga di antaranya di La Liga. Kondisi inilah yang bisa membuatnya berpikir untuk pergi, meski sebelumnya sempat menyatakan ingin terus bertahan dan berusaha memperjuangkan tempatnya di Camp Nou, markas Barcelona.

“Ketika melihat saya bahkan tidak ada di bench, bahwa saya tidak diperhitungkan, saya mulai latihan sendiri di rumah. Berat menyaksikan rekan setim Anda dan melihat pertandingan di TV, itu momen sulit yang tidak saya harapkan pada pemain mana pun,” ungkap pemain bernomor punggung ‘24’ itu usai Piala Dunia 2018, dilansir Goal Internasional.

Dia pun berharap bisa bergabung dengan tim yang dapat memberinya kesempatan lebih banyak untuk masa depannya. “Saya ingin bermain untuk tim di mana tekanan lebih sedikit dan di mana saya dapat memiliki menit bermain,” pungkas Mina lagi.

Namun, jikalau pun Mina benar-benar akan segera hengkang di musim panas ini, United juga belum tentu bisa dengan mudah mendapatkannya. Pasalnya, seperti diklaim oleh RMC Sport, ada pula klub-klub lainnya yang tertarik padanya, di antaranya Everton dan Olympique Lyon.

Nilai Mina sendiri saat ini diprediksi mencapai 18 juta paun, dikutip dari laman Transfermarkt; naik dari 10,6 juta paun yang dibayarkan Barcelona pada Palmeiras enam bulan lalu. Namun, harga tersebut jelas masih jauh lebih rendah dibandingkan 80 juta paun yang diminta Leicester bagi klub yang ingin menebus Maguire.

Comments