OUR NETWORK

Theo Bongonda, Isyaratkan Siap Bergabung dengan Manchester United

Banyak bintang muda yang memimpikan bisa bermain di Manchester United. Pasalnya, tim Setan Merah bukanlah klub sembarangan. Dengan deretan prestasi yang pernah diraih, sehingga membuatnya dikenal sebagai salah satu klub tersukses di seluruh dunia. Makanya, tidak heran jika bintang muda asal Belgia ini pun berharap bisa dilirik oleh United. Bahkan, jika manajemen The Red Devils menghubungi dan memintanya untuk segera bergabung, maka dia tidak akan berpikir panjang untuk segera menerima tawaran terbaik tersebut. Pemain tersebut adalah Theo Bongonda.

Theo Bongonda masih berusia 21 tahun. Posisi naturalnya adalah sayap kiri. Kini, ia sedang bersinar bersama klubnya, Celta Vigo, di La Liga Spanyol musim 2016/2017. Dia jadi salah seorang andalan pelatih Eduardo Berizzo di sisi kiri lini serang timnya.

Sepanjang musim ini, Bongonda telah dipercaya bermain dalam 24 laga di liga, di mana 21 penampilan di antaranya sebagai starter. Dia pun turut menyumbangkan satu gol dan tiga assist. Bahkan, Bongonda juga mendapat kepercayaan dari pelatih untuk mengenakan nomor punggung ‘7’ yang selama ini identik dengan pemain bintang.

Melihat catatannya itu, tak salah jika Bongonda punya impian tinggi untuk direkrut oleh salah satu klub terbaik dunia sekelas United. “Saya bisa nyaman bertahan dua atau tiga tahun lagi dengan Celta Vigo. Tetapi bukan ambisi saya untuk menghabiskan sisa karir saya dengan mereka. Jika Chelsea, United, atau Atletico Madrid, menelepon saya dalam waktu dekat, saya harus siap untuk membuat keputusan bergabung dengan mereka. Setiap pemain sepakbola ingin bermain di level tertinggi,” ungkap pemain kelahiran Charleroi, Belgia, 20 November 1995 itu belum lama ini, dilansir Daily Mail.

Tim Setan Merah memang bukan satu-satunya pilihan, karena dia juga menyebut nama Chelsea, dan klub Spanyol lain, Atletico. Meski begitu, Manchester Evening News melaporkan bahwa sebelumnya manajemen United memang sudah tertarik untuk membawa Bongonda ke Old Trafford, setelah tim scout alias pencari bakat The Red Devils memantau pemain yang dilahirkan dari pasangan asal Kongo itu, dengan menonton langsung penampilannya di lapangan. Namun, hingga saat ini belum diketahui perkembangan terkait rumor tersebut, dan langkah apa yang akan diambil oleh manajemen United.

Selain ketiga klub tersebut, ternyata masih ada dua klub lainnya yang diharapkan Bongonda sebagai pelabuhan berikut dalam karir sepakbolanya; juga berkompetisi di tingkat tertinggi Liga Spanyol.

“Jika saya bisa memilih klub berikutnya, saya akan mengatakan Sevilla. Saya selalu merasa tertarik kepada mereka, meskipun saya tidak tahu mengapa. Mereka akan menjadi langkah berikutnya yang hebat dalam karir saya. Mereka selalu dalam lima besar di La Liga, selalu main di Eropa, dan Sevilla adalah kota yang menarik,” lanjut Bongonda bercerita tentang impian dalam karirnya sebagai pesepakbola.

“Tetapi jika Real Madrid datang kepada saya, saya tidak akan mengatakan tidak. Serius, saya ingin mengembangkan sebuah langkah pada sebuah waktu. Tiga tahun yang lalu saya masih duduk di bangku cadangan dalam pertandingan Zulte Waregem menghadapi Beveren. Sejak itu saya telah bermain melawan Madrid di Santiago Bernabeu,” tambah Bongonda lagi.

Ternyata kedua klub yang menjadi rival klubnya saat ini di La Liga juga menarik perhatian bertinggi badan 1,77 meter tersebut. Sehingga, dia pun berharap suatu saat nanti bisa melanjutkan karirnya bersama salah satu klub itu.

Bongonda sendiri mengawali karir profesionalnya bersama klub Belgia, Zulte Waregem yang sempat diceritakannya. Dia bergabung dengan klub tersebut pada Januari 2013, setelah sempat mengasah bakatnya di klub lokal, JMG Academy sejak usia 13 tahun.

Namun, ketika itu, Bongonda masih diplot sebagai pemain junior di akademi klub Pro League Belgia tersebut. Meski begitu, tak sampai setahun dia sudah mendapatkan debutnya bersama tim senior, bahkan langsung sebagai starter, tepatnya 25 September 2013 dalam laga Piala Belgia. Pada 15 Desember 2013, dia pun melakukan debut di liga.

Sejak itu, Bongonda pun langsung menjadi bintang muda dan andalan klubnya. Alhasil, pada Januari 2015, dia dipinang oleh Celta Vigo. Musim 2015/2016 lalu, dia turut mengantarkannya timnya finish di posisi enam dan lolos ke Liga Europa. Kini, klub berjuluk Celticos itu sudah lolos ke perempat final, dan punya peluang untuk jadi lawan United di babak selanjutnya.

Tim Setan Merah sendiri bukan tak mungkin bisa mengamankan servis calon bintang dunia ini musim panas nanti, jika bergerak cepat, meski kontrak Bongonda bersama Celta Vigo masih berlaku hingga pertengahan 2019 mendatang.

Comments

Loading...