OUR NETWORK

Samuel Brolin, Kiper Muda Swedia Calon Bintang United

Tidak hanya memburu para pemain bintang untuk tim utama, Manchester United juga tidak berhenti bakat-bakat muda untuk dipoles di tim akademi dan dicetak hingga jadi calon bintang masa depan. Tim scout atau pencari bakat punya peranan penting dalam menemukan anak-anak muda yang nanti akan dipersiapkan sebagai andalan The Red Devils di masa-masa mendatang. Salah satu hasil scout United baru-baru ini adalah kiper muda asal Swedia bernama Samuel Brolin. Memang nama remaja ini belum banyak dikenal publik. Namun, belakangan dia mulai banyak diberitakan media Inggris.

Pasalnya, kiper yang masih berusia 16 tahun itu mendapat tawaran trial bersama United. Tim Setan Merah sendiri memang tertarik dengan bakat besar yang dimiliki Brolin, sehingga sangat berambisi untuk bisa merekrutnya ke tim akademi pada bursa transfer musim panas 2017 mendatang.

Seperti dilaporkan Metro, United menawarkan trial pada Brolin sebelum diikat secara resmi pada musim panas nanti. Dia ditemukan oleh pencari bakat dari The Red Devils saat memperkuat tim junior klub Swedia, AIK Solna U-17 pada kompetisi junior musim ini, dan langsung menarik perhatian mereka.

“United melihat kiper Swedia ini sebagai kiper nomor satu masa depan di Theatre of Dreams,” tulis Metro dalam laporannya jelang April 2017 lalu.

Brolin sendiri memiliki modal utama sebagai kiper dengan fisik jangkung setinggi 1,96 meter, selain tentunya punya kualitas pula sebagai palang pintu terakhir tim. Buktinya, pemain kelahiran 29 September 2000 itu sudah menembus tim U-19 pada 2015 saat usianya belum genap 15 tahun, seperti dikutip dari laman Transfermarkt. Meski hanya duduk di bench dalam dua laga kompetisi U-19, setidaknya kemampuan Brolin telah diperhitungkan.

Tidak berhenti sampai di situ saja, dalam usia belum sampai 16 tahun pada 2016 lalu, Brolin pun berhasil masuk ke tim U-21. Bahkan, dia menjalani debut sebagai starter pada laga kompetisi U-21, 29 Maret 2016, dan bermain penuh hingga akhir pertandingan.

Kemudian, Brolin kembali diturunkan pada laga 5 Juli 2016, setelah sempat sekali duduk di bench. Meski pun gawangnya kebobolan hingga lima gol dalam dua pertandingan tersebut, namun keberhasilan Brolin menembus tim yang lebih senior jadi catatan prestasi sendiri baginya di usia yang masih sangat belia dibanding rekan setimnya.

Selain itu, Brolin juga sudah menjadi andalan tim nasional Swedia U-16 sejak 2016. Dia menjalani debut pada 30 April 2016 di usia 15 tahun 211 hari, dan sejauh ini telah mencatatkan lima caps.

Pada 11 Februari 2017, Brolin kemudian mendapatkan debut bersama tim nasional Swedia U-17 dalam usia 16 tahun 133 hari. Saat itu, mereka menghadapi tim nasional Polandia U-19 dalam pertandingan persahabatan, dan Brolin berhasil mengamankan gawang timnya dalam kemenangan 2-0 tersebut. Berselang satu bulan kemudian, akhirnya dia mendapat kesempatan bermain di pertandingan resmi.

Brolin tampil di bawah mistar gawang tim nasional Swedia U-17 saat melawan tim nasional Prancis U-17 dalam kualifikasi Kejuaraan Eropa U-17, pada 28 Maret 2017. Sayangnya, gawangnya harus kebobolan dua gol dalam pertandingan itu, dan mereka menelan kekalahan 0-2.

Meski pun begitu, Brolin tentu saja masih akan jadi andalan timnya, bahkan menembus tim nasional usia di atasnya. Apalagi, bakat besarnya sudah jelas mampu menarik perhatian salah satu klub tersukses di Eropa. “Jose Mourinho akan mengadakan pembicaraan dengan Samuel Brolin,” tulis laporan The Sun.

Bahkan, peminat Brolin pun ternyata bukan hanya United saja. Beberapa klub lainnya di Premier League Inggris disebut-sebut juga tertarik untuk mendapatkan calon bintang Swedia ini. Meski begitu, The Sun mengatakan The Red Devils saat ini berada dalam posisi paling terdepan untuk bisa mendapatkan tanda tangan Brolin.

Menariknya, surat kabar asal Inggris itu pun menyebut kiper muda ini bisa saja akan menggantikan posisi kiper utama David De Gea di masa mendatang. Apalagi saat ini penjaga gawang berkebangsaan Spanyol itu sudah tak sabar untuk hijrah ke Real Madrid.

“Samuel Brolin mungkin akan menggantikan David De Gea di tahun-tahun mendatang,” tambah The Sun dalam laporannya tersebut.

Namun, hingga kini belum ada kabar terbaru terkait perkembangan perekrutan Brolin ini. Pastinya, saat ini tentu saja dia sedang menjalani trial bersama tim akademi United, dan kemungkinan besar akan segera menandatangani kontrak profesional pada musim panas 2017 ini. Jika Brolin bisa menjalani masa-masa pembelajarannya di tim akademi Setan Merah dengan baik, bukan tak mungkin dia akan benar-benar jadi kiper nomor satu United di masa depan.

Comments

Loading...