OUR NETWORK

Membaca Peluang MU Dapatkan Gelandang Muda Sergej Milinkovic-Savic

Jelang dibukanya bursa transfer musim dingin 2018, sejumlah rumor transfer pemain makin banyak terdengar, termasuk yang dikaitkan dengan Manchester United. Terbaru, tim Setan Merah kembali disebut-sebut akan berusaha merekrut gelandang muda berkebangsaan Serbia, Sergej Milinkovic-Savic.

Pemain andalan klub Serie A Italia, Lazio itu memang sudah lama menarik perhatian manajer Jose Mourinho. Selain itu, sang pelatih juga ingin melakukan regenerasi di lini tengah, mengingat Michael Carrick yang sudah 36 tahun dan Marouane Fellaini yang dikabarkan sudah tak betah lagi.

Baru-baru ini, media Italia mengklaim bahwa United memiliki peluang besar untuk mendapatkan Milinkovic-Savic. Seperti dilaporkan Corriere dello Sport, The Red Devils bisa memboyong pemain berusia 22 tahun tersebut ke Old Trafford, memanfaatkan hubungan baik Mourinho dengan agen Jorge Mendes.

Sang agen sendiri dikenal sangat dekat dengan manajemen Lazio, karena dia telah membantu klub berjuluk I Biancoceleste tersebut untuk mendapatkan eks winger United, Luis Nani, meski hanya dengan status pinjaman dari klub La Liga Spanyol Valencia pada musim panas 2017 lalu.

Mourinho pun bisa meminta bantuan Mendes untuk membujuk Lazio melepas Milinkovic-Savic, yang sudah diminatinya sejak awal 2017. Seperti dilansir ESPN pada Maret 2017, pelatih asal Portugal itu terpesona dengan kualitas dan keterampilan teknis sang pemain dalam mengawal lini tengah Lazio.

Bahkan, Mourinho disebut telah menonton langsung permainan Milinkovic-Savic dalam beberapa pertandingan musim 2016/2017 lalu. Kemudian, media Italia, Tuttomercato menyebut United juga sudah mengirim utusan untuk menyaksikan penampilannya di Serie A pada September 2017 lalu.

Pemain yang mengenakan jersey bernomor punggung 21 di Lazio ini mampu dimainkan pada banyak posisi di lini tengah. Meski saat ini lebih banyak bermain sebagai gelandang tengah, dia juga punya kemampuan dalam bertahan dan menyerang. Bahkan, Milinkovic-Savic pun pernah dipasang sebagai second striker bersama Lazio.

Pada awal karier profesionalnya bersama klub Serbia, FK Vojvodina, musim 2013/2014, dia bermain sebagai gelandang bertahan, sebelum lebih maju ke depan setelah bermain untuk KRC Genk di Belgia musim 2014/2015, dan sekarang di Lazio sejak musim 2015/2016.

Dalam pertandingan, gaya permainan Milinkovic-Savic sendiri disebut mirip dengan seniornya di tim nasional Serbia, Nemanja Matic yang sejak awal musim 2017/2018 telah bergabung bersama United dari Chelsea. Selain itu, midfielder kelahiran Spanyol, 27 Februari 1995 ini juga punya kelebihan lain pada postur tubuhnya yang jangkung mencapai tinggi 1,92 meter, sehingga tangguh dalam duel di udara, seperti bomber gaek tim Setan Merah, Zlatan Ibrahimovic.

“Saya ingin menjadi Zlatan versi Lazio,” ucap Milinkovic-Savic suatu ketika pada Januari 2017 lalu, seperti dilansir oleh Il Messaggero.

Tidak heran jika dia catatan bagus dalam jumlah rata-rata kesuksesan duel udara per laga di Serie A. Eks akademi Vojvodina ini juga bisa dimaksimalkan untuk mencetak gol dari bola-bola mati melalui sundulan, saat tim mengalami kebuntuan.

Kemudian, Milinkovic-Savic juga piawai dalam melewati pemain lawan, dengan kemampuannya yang sangat tenang dalam melakukan dribel bola. Makanya, wajar saja jika dia selalu menjadi pilihan pertama pelatih Simone Inzaghi, termasuk pada musim ini; sudah membukukan 21 penampilan di semua kompetisi dengan koleksi tujuh gol dan tiga assist.

Namun, United sepertinya harus berusaha keras untuk bisa mendapatkannya. Pasalnya, selain jadi andalan di Lazio, pemain terbaik ketiga saat mengantarkan tim nasional Serbia menjuarai Piala Dunia U-20 2015 setelah memenangkan Piala Eropa U-19 2013 ini juga sudah menegaskan bahwa dirinya bahagia membela klub yang juga dijuluki Gli Aquilotti (The Eagles) itu di Italia.

“Saya bermain untuk Lazio dan saya bahagia di sini,” ungkapnya kepada Mediaset Premium belum lama ini. Kontraknya sendiri baru saja diperpanjang pada April 2017 lalu, dan akan berlaku hingga Juni 2022 mendatang.

Selain itu, manajemen The Red Devils juga harus bersaing dengan sejumlah klub top Eropa lain yang ternyata sudah lama pula mengincar bakat Milinkovic-Savic. Seperti pesaing Premier League Inggris Chelsea, jawara Spanyol Barcelona, dan raksasa Prancis AS Monaco juga sudah mengirim perwakilan untuk menyaksikan penampilan bintang muda ini.

Begitu pula rival sekota United, Manchester City, hingga kampium Bundesliga Jerman, klub kaya Prancis Paris Saint-Germain, dan juara bertahan Serie A Juventus. Soal banderolnya sendiri, Transfermarkt memperkirakan hanya berkisar 30 juta euro.

Comments