OUR NETWORK

Lucien Agoume, ‘Titisan Paul Pogba’ yang Diincar Manchester United

Selain memburu pemain-pemain bintang papan atas kelas dunia di sepanjang bursa transfer musim panas 2018 ini, Manchester United ternyata juga tak pernah lupa mengintai bakat-bakat muda untuk menambah penghuni tim akademi. Setiap mendengar kabar bahwa ada wonderkid berkualitas yang baru ditemukan, manajemen tim Setan Merah pun langsung mengirim scout untuk merintis jalan demi mengamankan langkah sang pemain menuju Old Trafford. Kabar terbaru, United pun juga turut memanaskan persaingan mengejar seorang remaja yang disebut-sebut sebagai ‘titisan Paul Pogba.’

Dia bernama Lucien Agoume, seorang bocah yang digadang-gadang sebagai salah satu pemain muda terbaik di tanah Prancis saat ini. Meski laman Transfermarkt mencatat posisi bermainnya sebagai gelandang serang, namun banyak orang yang menyebut gaya bermainnya mirip dengan bintang The Red Devils yang juga berasal dari Prancis, gelandang Paul Pogba. Dia memiliki bakat besar dengan modal teknik mumpuni dan kekuatan fisik, serta keterampilan yang mengingat pada sang senior. Hal itulah yang kabarnya membuat manajer United Jose Mourinho kepincut padanya, dilansir Talk Sport.

Agoume sendiri saat ini tergabung bersama akademi tim asal Prancis, FC Sochaux-Montbeliard yang berlaga di Ligue 2, kompetisi divisi dua di Negeri Menara Eiffel tersebut. Meskipun masih berusia 16 tahun, namun dia sudah diberi kepercayaan untuk memperkuat tim U-19 bersama rekan-rekan yang sebagian besar lebih tua darinya. Selain itu, Agoume pun telah pula mendapat kesempatan bermain untuk tim nasional Prancis U-16, walaupun dia memiliki keturunan Kamerun dari kedua orang tuanya dan juga lahir di Yaounde, ibu kota salah satu negara di Afrika tersebut pada 9 Februari 2002 silam.

Sejauh ini, Agoume sudah membukukan empat caps dengan tim muda negara berjuluk Les Bleus itu. Di antara penampilannya adalah ketika menghadapi Belgia dan Jerman dalam pertandingan uji coba pada bulan Mei 2018 lalu. Agoume bermain sebagai starter dalam kedua laga tersebut, dan sempat menyarangkan dua gol dalam pertandingan terakhir, meski gol-gol tersebut gagal menyelamatkan timnya dari kekalahan 2-3. Dalam laga melawan Jerman itu, dia bermain sebagai gelandang murni dengan nomor punggung ‘6’ seperti sang senior, Pogba, seperti dikutip dari laman Transfermarkt.

Dengan tinggi badan 1,85 meter, Agoume selama ini memang mengembangkan bakat bermainnya sebagai gelandang serang bersama tim akademi Sochaux. Akademi klub yang bermarkas di Stade Auguste Bonal, Montbeliard, wilayah timur Prancis itu dikenal pernah melahirkan sejumlah pemain bintang dunia.

Di antaranya adalah penyerang Senegal El Hadji Diouf yang sempat pula berkarier di Premier League Inggris bersama Liverpool, Bolton Wanderers, Sunderland, dan Blackburn Rovers. Kemudian, ada pula dua eks tim nasional Prancis, winger Jeremy Menez dan bek Jeremy Mathieu.

Selanjutnya, bukan tidak mungkin Agoume akan menjadi lulusan berikutnya dari akademi Sochaux yang sukses di kompetisi sepakbola Eropa. Apalagi, dalam usianya yang masih belasan tahun, bakat besarnya sudah mampu menarik perhatian banyak klub-klub raksasa di benua biru.

United memang bukan satu-satunya tim raksasa Eropa yang tertarik pada bakat pemain yang banyak mengandalkan kaki kanannya tersebut. Selain itu, tim Setan Merah, klub besar asal Serie A Italia Inter Milan rupanya juga tengah mengincar tanda tangan Agoume, dilaporkan surat kabar Italia Gazzetta dello Sport.

Ketika kedua klub tesrebut tengah mencoba melakukan kontak dengan manajemen Sochaux untuk membicarakan niat mengamankan bakat Agoume, diam-diam raksasa La Liga Spanyol Barcelona pun rupanya juga turut memanaskan persaingan.

Mantan bek klub tersebut dan tim nasional Prancis era 2000-an, Eric Abidal, yang kini menjadi Direktur Olahraga Barcelona yang baru, diketahui ternyata merupakan orang yang sangat mengagumi kemampuan Agoume. Makanya, dia pun tertarik untuk membawa juniornya tersebut ke La Masia, akademi Barcelona, untuk dididik jadi lebih hebat lagi.

Bahkan, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu pun kini dilaporkan juga sudah mulai membuka pembicaraan dengan manajemen Sochaux soal kemungkinan transfer Agoume, pada pekan lalu. Tapi hingga saat ini, memang belum ada keputusan apakah sang wonderkid ini benar-benar akan segera pindah, atau masih akan bertahan di Prancis.

Namun, terlepas klub manapun akan dipilihnya nanti, Agoume tentunya masih akan melalui periode bersama tim akademi di klub pilihannya nanti. Begitu pula jika dia sepakat untuk bergabung dengan United, di mana manajemen The Red Devils saat ini tengah fokus untuk membenahi tim akademi di bawah pimpinan eks pemain legendaris Nicky Butt.

Comments