OUR NETWORK

Jadon Sancho, Bisa ke United Asal Pemain Lain Pergi

Sejumlah nama digadang-gadang tengah mendapat perhatian serius dari Manchester United. Salah seorang di antaranya yang dalam beberapa bulan belakangan terus dikaitkan dengan The Red Devils adalah winger muda usia 19 tahun, bernama Jadon Sancho.

Sepanjang musim lalu namanya bersinar seiring dengan performa apik yang ditampilkannya bersama Borussia Dortmund di ajang Bundesliga Jerman, meski hanya mampu mengantarkan finish di posisi runner-up dan mencapai babak 16 besar Liga Champions. Namun, penampilan yang mengilap membuatnya dilirik oleh banyak klub raksasa.

United sendiri sudah mulai mengincar Sancho sejak paruh kedua musim lalu, di mana sang pemuda dijadikan target transfer pada musim panas ini, seperti yang dilansir Daily Mail. Pemain kelahiran Camberwell, Inggris, 25 Maret 2000, serta pernah menimba ilmu bersama tim akademi Watford dan Manchester City dinilai sebagai salah satu bibit muda terbaik Inggris saat ini. Meski pernah gagal menembus tim utama klub musuh sekota United di periode 2015-2017 lalu, namun Sancho akhirnya bisa juga membuktikan kualitas besar yang dimilikinya ketika diberi kesempatan oleh Dortmund.

Klub berjuluk Die Borussen itu merekrutnya pada 2017, ketika usianya masih 17 tahun. Hebatnya, Sancho langsung masuk ke tim senior, meski sempat bermain dulu untuk skuat cadangan. Namun, tanpa harus menunggu lama, pemain bernomor punggung ‘7’ itu akhirnya bisa mendapatkan debut bersama tim utama saat turun sebagai pemain pengganti dalam laga kontra Eintracht Frankfurt pada 21 Oktober 2017, dan kemudian tercatat sebagai pemain Inggris pertama yang membela Dortmund di Bundesliga. Hingga akhir musim 2017/2018 itu, 12 penampilan dengan satu gol dicatatkannya.

Selanjutnya, peran Sancho tak tergantikan lagi di sisi terluar serangan tim yang juga dijuluki Der BVB itu. Dia sendiri bisa bermain di kedua sisi, meski lebih banyak mendapat tugas beroperasi di sisi kiri pada musim lalu. Total 43 pertandingan dimainkannya dengan torehan 13 gol dan 19 assist di semua kompetisi.

Hebatnya lagi, Sancho tak pernah melewatkan satu pun pertandingan di Bundesliga, di mana dia selalu jadi starter dalam 26 laga. Sejauh ini, sejumlah rekor pun telah dibuatnya. Mulai dari pemain pertama kelahiran 2000-an yang mencetak dua gol dalam satu laga di Bundesliga dan termuda yang dimiliki Dortmund, serta pemain termuda yang bisa mengoleksi 10 gol dalam satu musim liga.

Tak hanya di level klub, pencapaian Sancho bersama tim nasional Inggris berbagai level usia sejauh ini cukup mentereng. Dia merupakan salah seorang pemain penting dalam skuat tim nasional Inggris U-17 saat menembus final Kejuaraan Eropa U-17 2017.

Meski gagal di final, namun pemain setinggi 1,8 meter itu berhasil keluar sebagai pemain terbaik turnamen. Pada Piala Dunia U-17 2017, Sancho juga menjadi bagian tim. Sayangnya, dia dipanggil pulang oleh Dortmund karena ketika Inggris mulai menjalani fase gugur, di mana pada akhirnya mereka ternyata sukses menjuarai turnamen tersebut.

Penampilan impresifnya di awal musim lalu juga membuat Sancho mendapat panggilan ke tim senior Inggris, dan ikut membantu mencapai semifinal UEFA Nations League belum lama ini. Semua catatan itulah yang membuat United kepincut setengah mati pada pemain terbaik Budesliga edisi Oktober 2018 itu.

Tim Setan Merah dikabarkan sudah melakukan pendekatan dan mengajukan penawaran. Pertengahan Mei 2019 lalu, ESPN FC melaporkan bahwa manajemen United berencana menawarkan sekitar 71,5 juta paun untuk Sancho. Namun sayang, Dortmund menolak menjual pemain tersebut.

Klub yang juga berjuluk Die Schwarzgelben itu menganggap Sancho merupakan aset yang berharga, sehingga mereka tidak ingin kehilangan untuk beberapa tahun ke depan. Untuk itu, Dortmund pun dikabarkan mematok harga di atas 100 juta paun jika ada klub yang berminat meminangnya, seperti dikutip dari Daily Mail.

United disebut sempat mencoba menawar harga itu, namun pihak Dortmund bergeming. Mereka hanya mau mempertimbangkan tawaran dengan nilai setidaknya 80-90 juta paun. Alhasil, The Red Devils pun mengibarkan bendera putih, dan mulai mundur dengan teratur.

Namun belakangan ini, United dikabarkan kembali akan siap untuk mewujudkan transfer 100 juta paun demi memuluskan kepindahan Sancho ke Old Trafford, seperti diklaim Forbes. Keinginan Paul Pogba untuk pergi tentu bisa saja membuat kedatangan Sancho akan terwujud. Jika tim Setan Merah akhirnya benar-benar melepaskan gelandang internasional Prancis itu, maka mereka akan mendapat dana segar yang lebih dari cukup untuk memboyong winger muda tersebut. Namun, klaim tersebut belum tentu bisa benar-benar terjadi, karena faktanya United masih ingin mempertahankan Pogba.

Comments

Loading...