OUR NETWORK

Hirving Lozano, Winger Enerjik Calon Suksesor Chicharito di Old Trafford

Perburuan Manchester United di bursa transfer musim panas 2018 sepertinya belum akan berhenti, meskipun sudah merekrut tiga pemain anyar. Manajer Jose Mourinho memang belum mendapatkan semua pemain yang dibutuhkannya untuk menambah kekuatan tim di kampanye musim 2018/2019 nanti. Setidaknya, dari gambaran pemain yang kini dikabarkan tengah diincar The Red Devils, serta melihat kelemahan dan komposisi lini per lini dalam skuat United, pelatih berkebangsaan Portugal itu masih akan memburu tanda tangan pemain-pemain yang berposisi sebagai fullback dan winger.

Salah seorang pemain yang belakangan juga dikait-kaitkan dengan tim Setan Merah adalah Hirving Lozano, winger enerjik milik klub raksasa Belanda PSV Eindhoven, dilansir Tuttomercatoweb. Pemain 22 tahun itu diklaim akan dipinang United sejak tampil impresif di Piala Dunia 2018 Rusia bersama tim nasional Meksiko.

Dalam turnamen akbar empat tahunan itu, Lozano yang selalu tampil sebagai starter menjadi perhatian banyak klub setelah menampilkan tusukan-tusukan mautnya di sektor sayap dalam empat laga yang dijalani timnya, sebelum takluk di tangan Brasil pada babak 16 besar.

Lozano bahkan sempat membuat kejutan dengan mencetak gol tunggal kemenangan Meksiko saat membungkam juara bertahan Jerman di laga pembuka Grup F. Pada pertandingan kedua fase grup, pemain kelahiran Meksiko City, 30 Juli 1995 itu juga menyumbangkan satu assist bagi gol sang senior penyerang Javier ‘Chicharito’ Hernandez, hingga timnya pun menang 2-1 atas Korea Selatan.

Pada kedua laga tersebut, Lozano dimainkan sebagai winger kiri, meskipun dia juga piawai bermain di sisi kanan, seperti yang diperankannya dalam pertandingan kontra Brasil. Sayangnya, mereka kalah 0-2.

Lozano sendiri dinilai cocok untuk formasi tiga penyerang yang musim lalu dimainkan oleh Mourinho untuk United. Meski sektor kiri sudah diisi oleh penyerang sayap asal Chile Alexis Sanchez yang baru direkrut dari Arsenal pada musim dingin 2018, namun Lozano bisa diproyeksikan untuk mengisi sisi kanan, melengkapi Romelu Lukaku sebagai striker tunggal. Lozano dengan kaki kanannya memiliki semua atribut pemain sayap klasik. Memiliki kekuatan besar dalam kaki kanannya, dia berbahaya ketika melakukan tembakan setelah memotong dari sisi kiri.

Selain itu, Lozano juga digambarkan sebagai pemain yang cepat, baik dengan bola atau tanpa bola, dengan tembakan yang kuat dan akurat. Bahkan, saat masih berusia 20 tahun pada 2015 silam, Don Balon pun sudah menobatkannya sebagai pemain terbaik dunia kelahiran di atas 1994.

Ketika itu, dia masih bermain untuk klub lokal Meksiko, Pachucha, setelah mendapatkan promosi dari tim akademi setahun sebelumnya. Lozano sendiri berhasil menjuarai Olimpiade CONCACAF 2015 bersama tim Meksiko U-23 pada tahun itu, setelah memenangkan Kejuaraan U-20 CONCACAF 2015 di awal tahun.

Pada musim panas 2017 lalu, pemain yang mengidolakan bek gaek sekaligus kapten Meksiko, Rafael Marquez, ini pun memulai petualangannya di Eropa, setelah direkrut PSV dengan biaya 7,2 juta paun dalam kontrak berdurasi enam tahun. Ketika itu, FIFA menyebut Lozano berada dalam daftar bintang muda pada 2017.

Dia pun membuktikannya. Tanpa membutuhkan adaptasi yang lama, Lozano pun langsung membuat kejutan di Eredivisie Belanda. Selalu jadi pilihan utama pelatih dalam 29 laga liga; hanya absen karena cedera dan hukuman kartu, Lozano berhasil membukukan 17 gol dan 11 assist.

Pemain bertinggi badang 1,76 meter itu juga sukses membawa PSV menjuarai liga, di mana dia pun dinobatkan sebagai pemain muda top Eridivisie 2017/2018 dan masuk dalam Team of the Year. Sejak itu, klub-klub raksasa Eropa pun mulai memantaunya, termasuk juga Arsenal dan Barcelona yang diketahui berminat pula untuk mendapatkan tanda tangannya.

Nilai Lozano juga terus meningkat seiring dengan performanya tersebut, di mana saat ini dia tercatat sebagai pemain Meksiko dengan nilai tertinggi, 27 juta paun menurut Transfermarkt; dua kali lipat dari nilai sang senior Chicharito.

Jika benar-benar menginginkan Lozano, tentu saja United harus bersaing keras dengan para peminat sang bintang ini, sekaligus bersiap-siap merogoh kocek dalam; karena jelas PSV tak akan juga mudah melepasnya. Namun, The Red Devils sedikit beruntung, karena pemain bernomor punggung ‘11’ ini pernah mengaku berambisi berseragam Manchester merah di masa depan.

“Saya tahu banyak liga-liga di Eropa yang indah. Saya menyukai Premier League Inggris dan La Liga Spanyol. Kita lihat saja bagaimana perkembangannya, tapi ada klub yang ingin saya bela, yaitu Manchester United. Saya suka United dan klub ini sangat bergengsi,” ungkap Lozano dilansir Mirror pada April 2017 silam.

Comments