OUR NETWORK

Harvey Neville, Penerus Klan Neville dengan Bakat Beckham di Old Traffod

Manchester United kembali mendapatkan satu lagi bakat muda. Remaja yang masih berusia 16 tahun itu bernama Harvey Neville. Melihat nama belakangnya, tentu saja mengingatkan fans tim Setan Merah kepada Neville bersaudara, Gary Neville dan Phil Neville. Keduanya merupakan pemain legendaris United jebolan akademi Class of ’92 bersama David Beckham, Ryan Giggs, Paul Scholes dan Nicky Butt, yang kemudian jadi bagian penting dari kesuksesan besar klub ini pada era 1990-an hingga 2000-an. Bahkan, meskipun sudah lama pensiun, nama mereka masih harum di Old Trafford.

Lalu, siapakah Harvey Neville? Ternyata dia adalah putra dari Phil, sekaligus keponakan Gary. Seperti sang ayah dan paman yang lahir di kota Manchester, Harvey pun merupakan seorang Mancunian, lahir pada 26 Juni 2002, ketika Phil masih membela United sebelum pindah ke Everton pada musim panas 2005.

Sekarang, remaja itu pun semakin menegaskan statusnya sebagai seorang Mancunian dengan bermain bersama salah satu klub asal kota Manchester. Harvey memang baru saja kembali ke akademi The Red Devils, setelah sempat ‘merantau’ ke Spanyol selama kurang lebih tiga tahun.

“Saya sangat bangga dan antusias menandatangani kontrak dengan tim yang saya dukung sepanjang hidup,” ungkap Harvey ketika dikabarkan bergabung ke akademi United, seperti dilansir oleh ESPN.

Tak hanya dirinya yang senang, sang ayah yang kini melatih tim nasional sepakbola wanita Inggris juga ikut mengungkapkan rasa bangga ketika Harvey bergabung ke klub masa kecilnya itu.

“Bangga denganmu @harvey.neville. Ayo terus lanjutkan mimpimu!” tulis Phil saat mengunggah foto Harvey dengan jersey United bernama Neville nomor punggung ‘7’ di akun Instagramnya, @philipneville18.

Sebenarnya, sejak kecil Harvey sudah masuk akademi United. Bahkan, dia sempat pula bergabung ke akademi klub rival sekota, Manchester City. Bersama tim U-13 City, Harvey pun berhasil menjuarai trofi Premier League International Tournament pada April 2015 lalu.

Namun, saat sang ayah terbang ke Spanyol setelah ditunjuk sebagai asisten pelatih Valencia, bersama pamannya Gary yang menjadi pelatih kepala pada awal Desember 2015, dia pun ikut dibawa ke Negeri Matador. Harvey bergabung ke akademi salah satu klub besar La Liga Spanyol tersebut, dan bertahan selama hampir tiga tahun.

Di tim junior Valencia itu, bakatnya semakin berkembang, hingga terus dipertahankan manajemen klub tersebut, meski Phil dan Gary sudah tidak lagi bekerja untuk Valencia sejak awal April 2016 lalu. Bahkan, Harvey sempat menandatangani kontrak baru bersama klub berjuluk Los Che itu pada Juli 2016.

Performanya bersama tim muda Valencia memang terbilang cemerlang dan menyedot banyak perhatian, sehingga tak luput dari pantauan scout tim Setan Merah. Sejumlah kalangan di Spanyol pun menyejajarkan Harvey dengan legenda United, yang juga sahabat Phil dan Gary, David Beckham.

Harvey memang memiliki bakat yang menyerupai skill mantan kapten tim nasional Inggris era 2000-an tersebut. Apalagi, berbeda dengan sang ayah yang bermain di pos bek kanan, atau sang paman sebagai bek kiri, dia memang beroperasi di sektor sayap sama seperti Beckham.

Dengan kemampuan bermain di sisi lapangan dan melepaskan crossing tajam untuk para striker, tidak heran jika banyak yang menyebut Harvey memiliki prospek sebagai calon terkuat penerus kesuksesan Beckham di Old Trafford. Ini pun diakui oleh pelatih akademi Valencia yang pernah membesutnya, Emerson Esteve.

“Perlu diketahui bahwa dia masih sangat muda, dan tentu masih bisa terus berkembang. Dia punya karakteristik yang sama seperti Beckham,” ucap Esteve seperti dikutip dari laman Goal Internasional.

Tak hanya itu, Harvey punya bakat selain kepiawaian dalam mengayun bola dari sektor sayap, yakni kecepatan. Pergerakan menusuknya dari pinggir lapangan itu sering mendapat pujian dari pelatihnya di tim akademi Valencia.

“Dia pemain yang cepat, punya kapasitas yang hebat dalam melayangkan crossing dari sisi lapangan. Dua kemampuan yang sulit [dimiliki pemain lain],” tambah Esteve lagi.

Kini, United sudah berhasil mendapatkan bakat besar Harvey, dan tinggal mengasahnya agar bisa mampu bersaing di level yang lebih tinggi. Di akademi The Red Devils, sang youngster pun sudah diberi kehormatan untuk mengenakan nomor keramat ‘7’ di belakang jersey bernama Neville yang akan dipakainya selama membela tim muda United. Seperti diketahui, nomor punggung tersebut sangat identik dengan sosok Beckham semasa sang legenda berkarier di Theatre of Dreams pada periode 1992-2003. Semoga Harvey benar-benar bisa menyamai pencapaian Beckham di United.

Comments