in

Federico Bernardeschi, Pewaris “Nomor 10” Italia yang Diintai Mourinho

Jose Mourinho memang tak berhenti memantau para pemain berbakat dari seluruh penjuru negeri untuk menambah kekuatan timnya pada musim depan. Meski bursa transfer musim panas 2017/2018 baru resmi dibuka pada 9 Juni 2017, namun pelatih berjuluk The Special One itu sudah mulai bergerilya menarik pemain-pemain berkualitas tersebut ke Old Trafford. Mourinho pun, bahkan sudah menyerahkan daftar pemain incarannya pada bursa transfer musim panas ini kepada wakil pimpinan klub Ed Woodward sejak akhir Mei 2017 lalu, dilansir BeIN Sport.

Salah seorang pemain muda calon bintang masa depan yang sempat diintai oleh Mourinho adalah Federico Bernardeschi, andalan klub papan tengah Serie A Italia, Fiorentina. Pemain yang masih berusia 23 tahun ini berposisi sebagai gelandang serang, posisi yang pemainnya memang dibutuhkan pelatih berkebangsaan Portugal tersebut untuk menambah kekuatan lini serang timnya di musim depan. Makanya, Mourinho pun dikabarkan sudah mengirim utusannya untuk memantau langsung penampilan Bernardeschi saat timnya menghadapi Napoli di Serie A jelang akhir Mei 2017 lalu.

Transfermarkt mengklaim bahwa scout dari United berada di tribun stadion pada laga itu, untuk menyaksikan pergerakan sang pemain dalam pertandingan tersebut. Bernardeschi memang menjadi komoditi panas dalam satu musim terakhir. Musim lalu, dia mencatatkan 42 penampilan di semua kompetisi bersama Fiorentina, dengan 14 gol, lima assist, dan lima kali man of the match, seperti dikutip dari WhoScored. Sebenarnya, Bernardeschi sudah menjadi andalan klubnya sejak musim 2015/2016, dengan torehan 41 penampilan di semua ajang, meski hanya mencetak 6 gol.

Tak pelak, publik Fiorentina pun dilanda demam Bernardeschi berkat prospek menjanjikan sebagai calon bintang masa depan di level klub, dan juga tim nasional Italia. Penampilan impresifnya sebagai kreator penyokong lini depan yang menyita perhatian publik sejak musim 2015/2016, memang telah membuatnya mendapat kesempatan promosi dari tim nasional Italia U-21 ke tim senior, dan lalu mencatatkan debut pada 24 Maret 2016 saat menghadapi Spanyol dalam laga uji coba. Saat Piala Eropa 2016 digelar, dia pun dibawa ke Prancis, meski pun hanya sekali dimainkan saat melawan Irlandia.

Atas penampilannya tersebut, Bernardeschi pun dikaitkan dengan tiga pemain legendaris pemakai nomor punggung di Fiorentina pada masa lalu, yakni Giancarlo Antognoni (1972-1987), Roberto Baggio (1985-1990), dan Rui Costa (1994-2001). Bukan tidak mungkin dia bisa menyamai mereka.

“Apakah saya terinspirasi Baggio dan Rui Costa? Setiap pemain akan menjalani caranya sendiri. Mereka adalah legenda dan akan tetap menjadi juara selamanya. Tentu saja disandingkan dengan mereka adalah sebuah kehormatan,” ungkap Bernardeschi menanggapinya, dilansir oleh Mediagol.

Pemain kelahiran Tuscany, Italia, 16 Februari 1994 itu sendiri dikenal memiliki kemampuan pada kecepatan dan dribling, serta membaca permainan. Pemain kidal yang mengidolakan legenda AS Roma, Francesto Totti ini juga merupakan pekerja keras saat di lapangan, dengan bermodalkan stamina dan fisik yang unggul.

“Federico tampil baik di semua area lapangan. Sulit menjaga pemain bertalenta seperti dia, bukan hanya untuk Fiorentina. Dia punya semua kualitas yang dimiliki pemain hebat,” sebut pelatih Paulo Sousa yang baru saja mengundurkan diri dari klub berjuluk La Viola itu.

Kelebihannya itu pula yang membuat Bernardeschi tak terhindarkan menjadi incaran klub-klub besar Italia, bahkan Eropa. Tuttosport menyebut, duo raksasa Serie A, Juventus dan Inter Milan tertarik untuk mendapatkan tenaganya. Dari luar Italia, selain United, ada pula Chelsea yang menunjukkan minat. Kemudian, Dailystar melaporkan pula bahwa Barcelona juga sudah ikut mengincar bakat jebolan akademi Fiorentina ini.  Bahkan, dua klub terakhir dilaporkan sudah siap untuk mengajukan tawaran mencapai hampir 40 juta paun, sekitar 5 juta paun lebih banyak dari nilai jualnya saat ini.

Namun, beberapa waktu lalu Presiden Fiorentina, Andrea Della Valle sudah menegaskan bahwa Bernardeschi adalah aset masa depan klub. “Federico bukan untuk dijual. Kami ingin menjaganya untuk waktu lama sebagai bagian masa depan tim,” sebutnya ketika itu.

Meski begitu, pemain yang dijuluki ‘Brunelleschi’ mengacu pada desainer dan arsitek Italia masa Renaissance tersebut menolak tawaran perpanjangan kontrak dari pihak klub. Makanya, Fiorentina pun sepertinya akan terpaksa merelakan bintangnya itu, namun dengan biaya sekitar 44 juta paun, dilansir Mediaset Premium.

Sedang sang pemain sendiri dilaporkan Sportitalia ingin bergabung dengan Juventus, meski sangat sulit terwujud karena perseteruan masa lalu kedua klub. Meski begitu, bukan tidak mungkin pula Bernardeschi akan memilih United, karena dulu sempat nyaris bergabung ke Old Trafford di awal karir profesionalnya saat berusia 16 tahun. Asalkan United mau memenuhi permintaan sang pemilik.

Facebook Comments
Loading...

Written by Ade Marza

Ade Marza

Penikmat kopi dan sepakbola.