OUR NETWORK

Eder Militao, Bek Muda Porto yang Potensial

Pemain muda Porto, Eder Militao, dikabarkan berada di radar transfer Januari Manchester United. Hal ini sedikit mengejutkan, mengingat sang pemain bukanlah pemain yang notabene berlabel bintang. Namun, dengan bantuan WhoScored.com, kami akan mencoba memberitahu apa saja yang bisa ditawarkan pemain asal Brasil itu jika nantinya bergabung dengan United.

FC Porto adalah tim yang kerap mencetak pemain berkelas dalam kisaran satu atau dua dekade terakhir. Maka, wajar saja jika pemain-pemain dari Porto sering diincar klub-klub besar Eropa. Bahkan, di musim panas lalu saja, pemain seperti Moussa Marega dan Yacine Brahimi, keduanya sangat terkait dengan kepindahan ke West Ham United.

Sementara itu, ada juga Chelsea yang sangat berminat merekrut pemain kunci berposisi sebagai bek kiri Porto, Alex Telles, dengan tawaran sebesar 20 juta paun pada musim lalu. Namun sayangnya, tawaran itu ditolak oleh manajemen Porto. Jadi, semua siklus ketertarikan tim besar pada pemain Porto ini akan terus berkelanjutan, dan dalam waktu dekat, mungkin nama Eder Militao akan segera mengisi daftar dari siklus tersebut.

Di sisi lain, Porto sendiri berhasil mengakuisisi pemain berusia 20 tahun itu dari Sao Paulo pada musim panas lalu. Ia bahkan bisa langsung beradaptasi dengan atmosfer sepakbola Portugal. Pada awalnya, ia adalah seorang pemain full-back –tepatnya sebagai bek kanan. Namun pelatih kepala Sao Paulo, Sergio Conceicao, lalu mengubah posisi Militao dengan memplotnya sebagai bek tengah, dan hal inilah yang membuat Porto tertarik untuk merekrutnya.

Menurut statistik yang dilansir dari WhoScored.com, pemain muda itu memiliki rata-rata rating sebesar 7,46. Catatan rating ini adalah catatan yang paling terbaik dari semua bek tengah yang ada di liga Portugal. Militao sendiri diplot sebagai pengganti Ivan Marcano untuk memperkuat jantung lini belakang Porto, dan penempatannya itu ternyata telah melampaui harapan publik Estadio do Dragao.

Penampilannya di barisan pertahanan Porto begitu superior dan sangat apik. Bahkan tak hanya itu, Militao juga berhasil berkontribusi penuh dalam mencatatkan lima cleansheet dari sembilan kemenangan beruntun Porto di liga Portugal. Maka wajar jika hal ini tidak luput dari perhatian United dan Liverpool, yang dikabarkan telah tertarik pada pemain muda berwajah latih itu.

Jika benar Eder Militao akan dijual, FC Porto mungkin akan mendapat keuntungan besar dari hasil penjualannya. Porto sendiri hanya membeli Militao seharga empat juta euro, namun saat ini diyakini ia memiliki klausul pelepasan hingga 42,5 juta euro dalam kontraknya. Jelas sekali bahwa penjualan itu akan menjadi keuntungan besar bagi Porto, dan tampaknya mereka juga bisa kembali mengalami siklus ‘pembelian rendah dan penjualan tinggi’ jika hal ini benar terjadi.

Tipikal permainan Eder Militao

Eder Militao memiliki gaya defensif yang sangat cekatan dan agresif. Ia juga telah memenangkan banyak duel di atas lapangan. Hal inilah yang membuat para suporter FC Porto sangat senang, dan bahkan meraka pun menyamakan permainannya dengan Pepe. Dalam 13 pertandingan liga di musim ini, Militao telah membuat 18 dari 19 tekel, dan hanya sekali dilewati oleh pemain lawan.

Pertahanan yang ia adopsi, bagaimanapun, benar-benar membuat pertahanan Porto sangat superior. Meski memang Militao telah melakukan lebih banyak pelanggaran (21) daripada bek Porto lain di liga musim ini, tetapi di usianya yang masih begitu muda, permaian agresifnya itu adalah sifat yang dapat diperbaiki dari waktu ke waktu.

Selain itu, Militao memiliki kecepatan yang sering membuat pemain lawan kewalahan saat menghadapinya. Buktinya saja, ia terbukti sangat penting dalam berkontribusi menjaga pertahanan Porto, yang hanya kebobolan lima gol dari 13 pertandingan liga. Militao mampu tampil secara mengesankan ketika pemain lawan benar-benar melewati garis tengah lapangan.

Militao juga mampu membaca permainan dengan mencegah ancaman bahaya dari pemain-pemain lawan sebelum masuk ke kotak penalti Porto. Permainannya benar-benar mengesankan, dan meskipun tingginya hanya sebesar 6,1 kaki, tercatat bahwa 67,2 persen ia berhasil menang dalam duel udara.

Ia sering bekerja dengan baik selama 90 menit penuh, namun menurut beberapa pubdit di Sky Sports, performanya itu akan lebih lengkap lagi jika ia bisa bermitra dengan bek tengah kelas dunia yang juga sering mendominasi duel udara. Hal seperti ini akan memungkinkan Militao untuk memaksimalkan aspek kuat dari permainannya yang lain.

Selain itu, Militao juga mempunyai kemampuan yang mirip dengan David Luiz di Chelsea, di mana ia sering merebut dan membawa bola dari belakang untuk melakukan build-up. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor Porto berhasil memiliki catatan perebutan penguasaan bola terbaik kedua di liga Portugal musim ini, dengan persentase sebesar 56,4 persen.

***

Di usianya yang masih 20 tahun, banyak waktu bagi Eder Militao untuk melakukan perbaikan dan pengembangan dari permainannya. Salah satunya bisa dilakukan dengan bermain bersama bek berkelas yang telah memiliki banyak jam terbang. Hal ini dapat membantu Militao untuk membawa permainannya ke level berikutnya.

Kendati, dapat dimengerti bahwa Porto sedang terburu-buru untuk memberinya kontrak baru, yang akan meningkatkan klausul pelepasannya sebesar 42,5 juta euro dalam kontraknya. Akan tetapi, dari sudut pandang keuangan dan gengsi, mereka tidak akan bisa menawari Militao untuk bertahan jika melihat tim-tim besar seperti United dan Liverpool sedang gencar mengincar servisnya.

Maka, hal ini tampaknya akan sulit bagi FC Porto. Apalagi, fleksibilitas seorang Militao yang juga dapat beroperasi sebagai bek sayap, adalah bonus tambahan bagi pihak klub yang tertarik pada servisnya. Jadi, mungkin Porto harus terus memainkan Militao secara reguler di semua kompetisi, agar bisa menjadikannya pemain penting di dalam tim. Siapa yang tahu, bisa saja hal ini akan membuat eks pemain Sao Paulo itu dapat menolak semua tawaran dari klub-klub besar Eropa yang berminat padanya.

 

Sumber: Sky Sports, WhoScored.com

Comments