OUR NETWORK

Dani Olmo, Alumni La Masia yang Juarai Euro U-21

Satu per satu bakat-bakat muda diangkut oleh manajer Manchester United Ole Gunnar Solskjaer ke Old Trafford. Sejak akhir musim lalu, pelatih berkebangsaan Norwegia itu memang telah bertekad untuk melakukan regenerasi dalam skuat tim Setan Merah untuk membangun kembali kekuatan yang lebih besar mulai kampanye musim depan. Sebagai permulaan, dua pemain yang sama-sama masih berusia 21 tahun telah didatangkan; winger Daniel James dan bek kanan Aaron Wan-Bissaka. Sejumlah target transfer berikutnya pun juga banyak yang masih belia, termasuk winger, Dani Olmo.

Namanya ini memang belum banyak dikenal, karena dia bermain di luar lima kompetisi besar sepak bola Eropa. Olmo merupakan penggawa klub raksasa Kroasia, Dinamo Zagreb sejak 2015 silam. Namun jangan salah, usianya kini masih 21 tahun, alias dia sudah menjalani karier profesional di tim utama klubnya sejak usia belasan tahun. Bahkan, Olmo melakukan debut di tim senior pada 7 Februari 2015, tiga bulan menjelang ulang tahunnya yang ke-17; setelah sempat setahun bermain di tim akademi. Bakatnya memang luar biasa, bahkan mampu bermain dalam banyak posisi di lini tengah.

Sejak usia sembilan tahun, setelah sempat bergabung ke akademi Espanyol, bakat Olmo pun mulai ditempa di akademi Barcelona, La Masia yang memang terkenal melahirkan banyak pesepak bola bintang dunia. Dia sendiri memang lahir di Katalunya, Spanyol, pada 7 Mei 1998. Namun, karena tak kunjung mendapat promosi ke tim senior, secara mengejutkan Olmo pun memilih merantau ke Kroasia dan bergabung ke Dinamo. Namun, keputusannya itu tak salah, karena terbukti dia tak menunggu lama untuk bisa mendapatkan kesempatan bermain reguler dalam kompetisi yang sesungguhnya.

Jadi, Olmo bukanlah bukan warga Kroasia, melain calon bintang masa depan tim Matador. Penggawa tim nasional Spanyol sejak level U-16 ini pun menjadi salah satu pilar penting ketika tim negaranya menjuarai Euro U-21 pada Juni 2019 lalu. Olmo hanya melewatkan laga perdana di kompetisi itu, dan kemudian selalu bermain full time hingga final, dengan torehan tiga dan satu assist dalam empat penampilan. Trofi itu melengkapi perjalanan terbaik kariernya sepanjang musim lalu. Dia juga baru dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Kroasia 2018 dan Pemain Terbaik Liga Kroasia 2018/2019.

Sebelumnya dia juga masuk dalam nominasi penghargaan pemain muda terbaik dunia, Golden Boy 2018. Sedang di level klub, Olmo membantu Dinamo memenangkan empat trofi liga dan tiga trofi Piala Kroasia. Tidak heran jika beberapa waktu lalu sejumlah media sempat melaporkan bahwa pelatih tim nasional Kroasia Zlatko Dalic meminta pada Kolinda Grabar-Kitarovic untuk memberikan kewarganegaraan Kroasia bagi Olmo; meski ternyata itu hanya lelucon April Mop oleh media Kroasia. Meski begitu, pada akhir 2017 lalu Direktur Dinamo Tomislav Svetina memang pernah mengatakan bahwa klub akan melakukan apa saja demi bisa mendapatkan kewarganegaraan Kroasia bagi Olmo.

Bakat luar biasa Olmo memang telah memikat banyak pihak, termasuk United yang juga ikut ‘jatuh hati’. Pemain beromor punggung ‘7’ itu sempat mengomentari ketertarikan The Red Devils.

“Jujur, saya tidak benar-benar tak tahu apapun mengenai hal tersebut (rumor ketertarikan United). Itu urusan manajer saja, Andyja Baru, dan ayah saya. Meski begitu, saya tidak terganggu dengannya. Sangat sederhana, (saya ingin) klub tempat saya akan bermain (reguler), karena saya masih muda dan bagi saya, sangatlah penting memiliki menit bermain (yang cukup),” ungkapnya dilansir Goal.

Sang agen pun turut angkat suara terkait rumor tersebut. “Saat ini, saya tak bisa mengomentarinya (rumor tentang United). Pembicaraan serius dimulai hari ini, tentu saja akan diputuskan oleh Dinamo dan Olmo. Saya memberikan seluruh proposal klub yang tertarik kepada Dinamo dan ketika klub-klub itu setuju dengan biaya transfernya, saya akan menyetujuinya untuk Dani. Dani bisa bermain di klub mana pun karena telah menunjukkan kemampuannya di Euro U-21. Jika kita bicara tentang United, mereka tak punya pemain seperti Olmo,” kata Baru pula saat diwawancarai oleh Sportske Novosti.

Namun, upaya United untuk memboyong Olmo ke Old Trafford tentu saja tak mudah. Biaya transfer sang pemain memang belum terlalu mahal, diyakini hanya sekitar 35 juta paun. Namun, peminatnya tak kalah banyak. Sportsmole menyebut musuh sekota tim Setan Merah, Manchester City juga telah tertarik pada bakat sang pemain, ketika United tengah mengamati aksinya selama ajang Euro U-21 dan melakukan pembicaraan dengan Dinamo. Mengingat City yang punya dana besar dalam bursa transfer, jelas persaingan ini akan jadi berat. Menariknya lagi, Munchodeporte bahkan mengklaim bahwa Tottenham Hotspur telah mencapai kesepakatan 35 juta paun dengan Dinamo, dan saat ini tengah melakukan negosiasi kontrak bersama Olmo. Sebaiknya, kita tunggu saja kabar selanjutnya!

Comments

Loading...