OUR NETWORK

Mengintip Peluang Emre Can ke Manchester United

Rumor terbaru menyebut bahwa Manchester United menjadikan gelandang Liverpool, Emre Can, sebagai target berikutnya untuk diboyong ke Old Trafford. Sebelumnya, rumor ketertarikan United pada pemain internasional Jerman ini tak pernah terdengar selama bursa transfer musim panas lalu.

Rumor ini dihembuskan oleh suratkabar olahraga asal Italia, Tuttosport, pada awal September 2017. Media tersebut mengklaim bahwa manajemen The Red Devils berencana akan mengajukan proposal penawaran untuk Emre Can, sebelum sang pemain tergoda bujukan dari klubnya untuk bertahan.

Seperti diketahui, kontrak gelandang 23 tahun itu dengan Liverpool sejak Juni 2014 lalu akan segera berakhir pada Juni 2018 mendatang. Dalam kata lain, kontraknya hanya tersisa satu tahun, dan klub berjuluk The Reds itu akan merugi karena Emre Can bisa hengkang dengan bebas pada musim panas mendatang.

Namun, menurut laporan Tuttosport, United bukanlah satu-satunya klub yang berminat pada talenta Can. Selain tim Setan Merah, pesaing sekaligus juara bertahan Premier League Inggris musim lalu, Chelsea, juga diklaim akan turut serta menyodorkan penawaran menarik demi mendapatkan pemain kelahiran Frankfurt, Jerman, 12 Januari 1994 berdarah Turki itu.

Sebenarnya, baik United maupun Chelsea sudah memiliki stok pemain yang cukup di lini tengah tim. Namun, sepertinya bakat Can cukup memikat, karena kemampuannya bermain pada posisi starting line-up apa pun di dalam tim.

Selain itu, jawara Serie A Italia, Juventus juga sempat berusaha mendatangkan Can di musim panas kemarin. Sayang, rencana tersebut tidak terealisasi, karena Liverpool tak bersedia menjual pemain ini.

Meski begitu, Juventus mengaku tidak akan menyerah untuk memburu tanda tangan Can, dan akan mencoba lagi pada bursa transfer musim dingin 2018 nanti, atau menunggu hingga kontraknya berakhir, seperti dilansir Premium Sport. Apalagi, Can sendiri diyakini juga memiliki keinginan untuk berseragam klub berjuluk La Vecchia Signora tersebut, seperti diklaim pula oleh Sunday Express.

Hingga saat ini, Can memang menolak untuk memperpanjang kontraknya meskipun pihak Liverpool sudah mengajukan penawaran. Sejumlah pembicaraan yang dilakukan terus menemui jalan buntu.

“Sejauh ini tidak ada penandatanganan dan itulah situasinya. Kami masih membahasnya. Apakah saya pikir ini terlalu bagus kami tidak menuntaskannya hingga sekarang? Sejujurnya tidak. Tapi semuanya baik saat ini dan kami harus menjalaninya seperti ini. Pikirannya tidak di tempat lain. Ini kontrak penting untuknya saat ini,” ucap pelatih Liverpool Jurgen Klopp dilansir Goal Internasional.

Can sendiri juga masih masuk dalam rencana Klopp musim ini. Bahkan, tak lama setelah manajer asal Jerman itu mengungkapkan kondisi masa depan pemainnya tersebut dalam konferensi pers sebelum laga leg kedua play-off Liga Champions kontra Hoffenheim, Kamis (24/8/2017) dini hari WIB lalu, Can langsung menjadi bintang dalam pertandingan itu dengan mencetak sepasang gol dan mengantarkan Liverpool lolos ke fase grup. Pemain bernomor punggung ‘23’ itu juga menjadi andalan timnya saat mencukur Arsenal dengan skor telak 4-0 di pekan ketiga Premier League, beberapa hari kemudian.

Sebenarnya, Can sudah jadi tulang punggung lini tengah Liverpool sejak direkrut dari klub Jerman, Bayer Leverkusen pada musim panas 2014.Saat itu, dia sendiri masih berusia 20 tahun, dan dipinang dengan biaya 9,75 juta paun; di mana kini nilainya ditaksir mencapai 13,5 juta paun menurut laman Transfermarkt, dan kemungkinan bisa lebih besar jika semakin banyak klub yang berminat padanya. Sebelumnya, Can membela Leverkusen selama satu musim, dan juga jadi andalan, setelah promosi dari akademi Bayern Muenchen mendapat debut profesional bersama tim itu di musim 2012/2013.

Selama tiga musim memperkuat Liverpool, Can sudah mencatatkan 129 penampilan di semua  ajang dengan koleksi 10 gol. Meski belum pernah mempersembahkan trofi untuk timnya saat ini, namun dia telah pernah meraih gelar juara Liga Champions, Bundesliga Jerman, serta Piala Jerman dan Piala Super Jerman saat masih membela Muenchen.

Selain itu, pemain setinggi 1,84 meter itu juga sudah berseragam tim nasional Jerman sejak 2015, dan turut memenangkan Piala Konfederasi 2017 lalu. Dengan semua statistik membanggakan itu, tak heran jika banyak klub elit yang terpikat pada Can. Namun, hingga kini belum ada pernyataan resmi dari United terkait rumor yang berkembang ini.

Comments

Loading...